fikathiana April 12, 2017 @ 11:28AM

Mengatasi-masalah-lupa-password-gmailLupa password gmail di android saat akan login? Kejadian ini sering dialami saat anda ganti hp atau android, atau pada saat ingin login ke akun sosmed (misal: Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest). Lupa password juga bisa terjadi saat anda ingin menambahkan akun gmail lain dalam android atau hp anda. Karena terbiasa dengan android  yang cukup sekali setting dan dapat selalu otomatis login, seringkali membuat anda lupa kata sandinya saat anda ingin mengaksesnya kembali. Artikel ini akan memberikan panduan yang disertai dengan gambar, tentang bagaimana caranya melakukan pemulihan password atau reset password akun gmail anda.

“Sebenarnya ada nggak sih caranya, supaya kita bisa melihat kata sandi gmail yang lupa?”

Mungkin ini pertanyaan yang bisa saja muncul. Jawabannya “tidak bisa”, google tidak menyediakan fasilitas ini. Yang dapat anda lakukan adalah dengan mereset ulang password dan membuat password baru saja, baik dengan menggunakan android atau komputer.

Tapi jika di komputer atau d android anda pernah menyimpan (save) data login dan password gmail dalam browser anda sebelum-sebelumnya, maka anda bisa melihat data-data tersebut dalam penyimpanan data password dalam browser anda. dalam.

Kemudian ada pertanyaan selanjutnya,


Lalu langkah-langkah apa yang harus saya lakukan untuk dapat mengganti sandi akun gmail saya?

Proses pemulihan password akun gmail sebenarnya bisa dilakukan menggunakan android maupun di komputer dengan bantuan browser.

Alternatif cara mengatasi lupa password gmail yang dapat digunakan:

BERIKUT INI ADALAH CARA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GMAIL DI ANDROID (BUKAN MENGGUNAKAN BROWSER DI ANDROID)

Sebenarnya metode cara mereset password akun gmail anda di browser hampir sama dengan mereset password melalui aplikasi, hanya berbeda pada tampilannya saja.

Cara dibawah ini dapat anda gunakan saat anda lupa password ketika akan menambahkan akun gmail lain di android (ketika android sudah tampil seperti biasanya). Bisa juga digunakan untuk mereset password saat proses pertama kali akan mengaktifkan android baru (proses awalan mengaktifkan android baru) dengan menggunakan akun gmail lama .

Jika saat ini pertama kalinya anda membuka android baru, maka anda bisa men-SKIP langkah pendaftaran akun gmail di awal, kemudian melakukan reset password pada saat android anda sudah dapat menyala normal. Atau anda bisa melakukan reset password terlebih dahulu menggunakan browser pada pc atau laptop (jika ada) untuk membuat password baru.

ALTERNATIF CARA MENYELESAIKAN MASALAH LUPA PASSWORD GMAIL DI ANDROID ATAU SMARTPHONE:

CARA A. Reset password menggunakan nomer HP

Jika nomer telepon anda masih aktif, anda dapat menggunakan nomer telepon anda yang dulu didaftarkan, untuk menerima sms kode verifikasi  dari facebook, maka gunakan CARA A.

CARA B. Reset password menggunakan email

Jika ternyata nomer HP anda sudah tidak digunakan lagi atau sudah tidak aktif lagi, artinya anda nantinya tidak dapat menerima kode verifikasi yang dikirim oleh google, maka gunakan CARA B, yaitu reset password gmail anda dengan menggunakan email lain milik anda (bisa gmail, yahoo, hotmail, dsb.) yang sudah terdaftar sebagai referensi email recovery atau email pemulihan dalam akun gmail anda yang terlupakan kata sandinya.

Anda bisa melakukan reset password terlebih dahulu menggunakan pc atau laptop (jika ada) untuk membuat password baru.

C. Reset password dengan menjawab pertanyaan keamanan.

Ini adalah cara terakhir mereset password akun gmail anda jika anda tidak ada nomer telepon aktif dan anda tidak memiliki akun email recovery maka langsung ikuti panduan cara reset kata sandi gmail dengan CARA C.

PANDUAN CARA GANTI KATA SANDI AKUN GMAIL PADA ANDROID

CARA A: RESET PASSWORD MENGGUNAKAN NOMER HP ATAU PONSEL

Persyaratan:  nomor telepon anda masih ada dan aktif dan nomer ini identik dengan nomer telepon yg digunakan sebagai data pribadi akun gmail anda.(sudah terdaftar)
 

1. Temukan tulisan “Forgot Password” (lupa password). Klik tulisan tersebut.

2. Dalam layar, akan tampil box yang memberitahukan bahwa Google akan mengirimkan 1x text message (pesan tulisan) untuk mengkonfirmasi bahwa nomer HP pemulihan ini adalah benar  nomer milik anda. Kemudian klik tulisan “VERIFY”. Tunggu sms masuk dari google. Buka sms tersebut.

A1-nomer-hp-aktif

CARA A.2. Verikasi via sms

3. Masukkan kode yang terkirim seperti gambar dibawah ini, Kemudian klik tulisan “NEXT”. Atau jika sudah otomatis tertulis sendiri, maka lanjutnya ke langkah berikutnya.

A3-memasukkan-kode-verifikasi-google

CARA A.3. Memasukkan kode verifikasi

4. Anda akan dihadapkan pada layar tampilan RESET YOUR PASSWORD. Ini saatnya anda membuat password baru. Buat password baru, kemudian tulis password baru anda (minimal 8 karakter) di kolom NEW PASSWORD. Tuliskan sekali lagi password yang tadi baru anda buat di kolom kedua. kemudian klik tombol “NEXT”.

A4-membuat-password-baru-akun-gmail

CARA A.4. Membuat password baru

5. Di tampilan berikutnya tentang persetujuan syarat dan ketentuan yang berlaku klik tombol “ACCEPT”.

A5-menerima-aturan-ketentuan-google

CARA A.5. Menerima syarat dan ketentuan

Sampai disini jika anda sudah mengikuti langkah-langkahnya, akun gmail anda sudah berhasil bisa diakses kembali dengan password baru.

CARA B: RESET PASSWORD MENGGUNAKAN MENGGUNAKAN EMAIL LAIN MILIK ANDA

Persyaratannya, anda sudah memiliki akun email lain sebagai referensi email pemulihan yang sudah didaftarkan pada akun gmail anda sebelumnya.

1. Setelah anda mengklik “Forgot password” seperti langkah di awal tadi (gambar CARA A.1.). Kemudian akan tampil di layar pemberitahuan dalam box bertuliskan VERIFY YOUR EMAIL ADDRESS. Google akan melakukan reset password anda dengan mengirimkan link konfirmasi dan kode verifikasi melalui email pemulihan. Kemudian klik “SEND”.

B2 reset password email dengan email

CARA 1.B. Verifikasi via email lain

2. Sekarang buka email pemulihan tersebut untuk mendapatkan kode verifikasi yang dikirim oleh google.

Untuk cara cepatnya anda bisa langsung copy kode tersebut dengan menekan layar agak lama, kemudian klik tombol copy.

3. TAHAP MEMASUKKAN KODE VERIVIKASI

Memasukkan 6 kode tersebut ke kolom kode sama persis dengan yang tertera dalam email. Lihat kembali gambar CARA A.3.

Atau cara cepatnya setelah tadi anda copy, pastekan kode tersebut dengan cara menekan agak lama di bagian kolom penulisan kode verifikasi. Kemudian klik tombol paste. Kemudian klik “NEXT”.

4. Buat pasword baru yang belum pernah digunakan sebelum-sebelumnya dalam akun gmail ini. Lihat kembali gambar CARA A.4. diatas.

6. Terima persyaratan dan ketentuan dengan menekan tombol “Accept”. Lihat kembali gambar CARA A.5. diatas.

Selamat… masalah lupa password Gmail anda sudah terselesaikan. Kini anda sudah bisa mengakses kembali akun gmail anda dengan password yang baru. Kemudian klik tombol “NEXT”.

CARA C: RESET PASSWORD DENGAN MENJAWAB PERTANYAAN KEAMANAN (SECURITY QUESTIONS).

Cara ketiga ini adalah cara memulihkan password gmail menggunakan pertanyaan keamanan yang pernah anda setting sebelumnya dulu pada saat membuat akun gmail tersebut.

Setelah mengklik “Forgot password” seperti di awal tadi, Pada layar tampilan box pemulihan password melalui email, pilih dan klik tulisan “TRY ANOTHER WAY TO SIGN IN”.

A1-nmr-dan-email-tidak-bisa-digunakan

A.1. Nomer hp dan email lain tidak ada

Berikutnya akan tampil halaman seperti gambar di bawah ini. Perhatikan alamat url seperti ini:

C alamat url pemulihan email googleBuka https://g.co.recover (atau klik langsung link tersebut jika anda sedang membuka artikel ini di browser).

1. Tuliskan alamat url tersebut pada browser anda, baik di android atau di pc juga bisa.

2. Masukkan email atau nomer HP anda kemudian klik tombol “NEXT”.

C2-kotak-penulisan-alamat-email-di-gmail

3. Pada tampilan berikutnya, terdapat kolom isian password terakhir yang anda gunakan. Jika anda benar-benar tidak ingat, abaikan saja kolom ini. Langsung saja klik tulisan “TRY A DIFFERENT QUESTION” (Coba pertanyaan lain).

C3-mengingat-password-terakhir-gmail

4. Karena cara A dan cara B tadi gagal, maka langsung saja klik lagi tulisan “TRY A DIFFERENT QUESTION”, sampai kamu menemukan tampilan seperti dibawah ini.

5. Pada tampilan kotak Recovery Email, langsung saja klik kembali tulisan “TRY A DIFFERENT QUESTION”.

C5-mencari-opsi-pertanyaan-lainnya-2

6. Sampailah anda pada tampilan menjawab pertanyaan keamanan.
Jawablah pertanyaan keamanan di tampilan berikutnya sesuai dengan jawaban yang anda buat terdahulu saat membuat email tersebut.

C6-menulis-jawaban-pertanyaan-keamanan

C.6. Menjawab pertanyaan rahasia

Contohnya dulu saya membuat pertanyaan keamanan dengan pertanyaan “Siapakah nama sahabat dari masa kecil Anda”. Tuliskan jawaban yang benar sesuai dengan settingan anda terdahulu. Jika sudah, klik “NEXT”.

7. Berikutnya akan tampil halaman pertanyaan kedua, kapankah anda membuat akun google anda tersebut. Kemudian klik tombol “NEXT”.

C7-mengingat-tanggal-dan-bulan-pembuatan-gmail

C.7 Memasukkan data waktu pembuatan gmail

8. Jika dua pertanyaan tadi dapat kamu jawab dengan benar, maka halaman baru yang tampil akan seperti dibawah ini. Silakan isi dengan password baru anda, ketikkan kembali password anda dikolom kedua. Kemudian klik tombol “CHANGE PASSWORD”.

C8-membuat-password-baru-akun-gmail

C.8. Membuat password baru

 

i. Namun jika masih salah, maka tampilannya akan seperti dibawah ini.

C8-masih-gagal-menjawab-pertanyaan-keamanan

C.8. Coba lagi memasukkan email lainnya.

Coba lagi gunakan akun gmail lain milik anda lainnya yang pernah terdaftar dalam setting akun gmail anda).

Buka isi email tersebut recovery tersebut, dan dapatkan kode yang terkirim oleh google untuk mereset password akun gmail yang terlupakan passwordnya. (Lihat CARA B.2. dan B.3.)

9. Tampilan berikutnya akan sama dengan jika anda berhasil menjawab pertanyaan keamanan sebelumnya tadi (Langkah C.8.). Silakan isi dengan password baru anda, ketikkan kembali password anda dikolom kedua. Kemudian klik tombol “CHANGE PASSWORD”

10. Berikutnya akan keluar layar dengan tampilan seperti di bawah ini. Scroll ke bawah hingga anda menemukan tombol DONE.

C9-keberhasilan-pembuatan-password-baru-gmail

Berhasil membuat password gmail baru

 

Klik tombol tersebut “DONE”, “DONE”, “SKIP”, “CONTINUE”.

Jika anda ingin melewati langkah-langkah ini silahkan klik tulisan “DO THIS LATER”.

11. Tampilan keberhasilan reset password akun gmail anda telah BERHASIL!

C11-tampilan-keberhasil-memulihkan-akun-gmail-password-baru

Berhasil membuka akun gmail setelah proses reset password

Selamat! Kini akun email anda sudah bisa diakses kembali dengan password yang baru.

Demikianlah panduan cara mengatasi masalah saat lupa password gmail anda dengan tiga alternatif cara penyelesaiannya. Pilih satu cara yang paling sesuai dengan kondisi anda.

Jika ketiga cara tersebut masih gagal maka anda bisa coba baca halaman bantuan google menemukan akun gmail anda. Temukan jawaban cara menyelesaikan bermacam-macam masalah dalam mengakses gmail dalam halaman tersebut.

 



%d bloggers like this: