Layanan Google Body Browser, 3 Dimensi

Lagi-lagi google membuat gebrakan baru dalam teknologinya. Sebuah layanan baru dari Google yang bernama Google Body Browser. Jika sebelumnya telah diliris Google Street View untuk mengetahui denah rumah tetangga, maka kini Google membuat layanan baru untuk mengetahui bentuk tubuh manusia dalam versi tiga dimensi.

Cara penggunaannya pun cukup mudah layaknya menggunakan layanan Google Earth. Browser ini mampu menampilkan bentuk tubuh dalam versi tiga dimensi dan bisa jadi menjadi terobosan baru dalam studi anatomi serta membantu berbagai penelitian medis.

Peranti web bernama Google Body Browser itu juga punya fitur pencarian. Pengguna bisa memasukkan nama bagian tubuh dan tanpa harus menyelesaikan kata atau memasukkan kata yang benar, Google menampilkan anjuran kata kunci.

Di dalam video, browser digunakan untuk membedah tubuh manusia per layer, mulai dari kulit, peredaran darah, jalur pencernaan makanan, dan sebagainya. Anda akan dibawa berwisata di dalam tubuh manusia dan mengidentifikasi organ, tulang, dan otot. Tubuh dapat diubah, dimanipulasi, dan dibuat telanjang untuk mengetahui organ apa berfungsi untuk apa, cara kerja masing-masing organ, dan hubungan satu organ dengan organ lainnya.

Perangkat yang bisa menjalankan browser ini memang belum diluncurkan, namun dari cuplikan video yang tersedia di internet mengenai cara kerja Google Body Browser menunjukkan jalannya fitur ini kurang lebih sama seperti ketika seseorang mengakses layanan Google Earth dan menjalankan fungsi navigasi ke seluruh bagian tubuh yang ingin dipindai. Browser akan menampilkan lapisan yang melekat pada tubuh, mulai dari pakaian, kulit, otot sampai organ tubuh bagian dalam.

“Tahun lalu, saya mendapat kesempatan untuk mengerjakan aplikasi medis 3D untuk belajar tulang manusia. Setelah menyaksikan sendiri bagaimana aplikasi tersebut benar-benar membantu siswa saat belajar tulang, akhirnya saya menjual aplikasi Web3D itu untuk pendidikan kedokteran,” ucapnya seorang blogger yang menyaksikan demostrasi Google Body Browser secara langsung.

Google menggunakan WebGL, browser yang memungkinkan gambar grafis 3D dapat digunakan pada halaman web biasa tanpa harus memasang plug-in layaknya ketika menggunakan Flash atau Java. WebGL nantinya bakal menjadi standar dalam versi baru browser internet, termasuk Firefox, yang akan dirilis tahun depan.

Pengamat juga menyatakan WebGL mampu mendorong terciptanya berbagai aplikasi web 3D. Sehingga diharapkan memunculkan suasana yang lebih produktif dan intuitif bagi pengakses dunia maya.

Penasaran dengan Google Body Browser? Anda dapat mengunduhnya dari situs Google Body Browser di http://bodybrowser.googlelabs.com. Anda bisa coba sendiri untuk lebih mengetahui ada apa saja di Google Body Browser. Tetapi perlu diingat, bahwa untuk mencobanya Anda harus mempunyai browser Firefox atau Chrome yang telah mendukung WebGL. Nanti anda akan bisa mempelajari tubuh manusia lebih jauh.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: