Kota dalam Gedung Moskow, Rusia

Konsep dibangunnya kota dalam Gedung ini di design oleh arsitek Foster dan Partners. Gedung ini diberi nama Cristal Tower, dan berkonsep Ramah Lingkungan. Betul-betul keren. Melihat foto-fotonya membuat saya ingin tahu bagaimana suasana di dalam gedung itu. Bayangkan saja, ada sebuah Kota di dalam gedung, dengan keramaian masyarakat di dalamnya.

Sebelumnya terdengar rencana pembangunan Ultima Tower, yang dirancang begitu hebatnya oleh Eugene Tsui, gedung yang super besar. Ultima Tower akan memiliki beberapa tingkat “langit” di dalamnya. Di setiap langitnya akan ada kota -kota kecil, sungai, danau, serta sawah dan perkebunan. Taxi, dan angkutan lain juga akan tersedia di setiap langitnya sebagai sarana transportasi horizontal. Ekosistem di dalamnya pun direncanakan lengkap, seperti di alam luar. Ultima Tower memang masih hanya berupa rancangan saja, sejauh ini belum ada pihak yang mau mendanai pembangunannya.

Perusahaan Design arsitek Foster & Partners sudah mendapatkan izin untuk membuat gedung tersebut. Russia juga berniat membangun bangunan yang memiliki konsep serupa dengan Ultima Tower, yaitu kota di dalam gedung.Bangunan yang diberi nama Crystal Island ini akan berbentuk pulau seluas 2.500.000 meter persegi dan tinggi 1500 kaki. Bangunan ini akan menjadi tempat tinggal bagi 30.000 manusia dengan 3000 kamar hotel, dan 900 apartemen. Di dalamnya juga akan terdapat beberapa museum, teater, bioskop, perkantoran, dan pertokoan. Selain itu, kota mini ini juga akan memiliki sekolah internasional yang dapat menampung hingga 500 murid. Biaya pembangunannya diperkirakan mencapai US$ 4 miliar dengan waktu penyelesaian lima tahun.

Bagian dalamnya dibangun lebih dari 1 juta m2 untuk menjadikannya seolah-olah sebuah bangunan yang melayang dengan dilapisi oleh mega baja berbentuk segitiga. Bentuk terasering ini menciptakan serangkaian taman musim dingin, yang membentuk suatu lapisan kedua untuk bernapas dan penyangga bangunan utama, melindungi ruang interior dari cuaca ekstrem. Gedung juga dilengkapi sebuah fasad internal dengan gaya museum untuk privasi penghuninya.

Kelebihan lainnya, proyek kota mandiri ini akan memiliki manajemen energi hijau sebagai basisnya. Crystal Island akan menghasilkan energi karbon rendah, karena energi disupai dari listrik tenaga matahari (panel surya) dan turbin angin. Sedangkan bagian tengahnya dibuat atrium yang luas untuk mengatur suhu udara di dalamnya agar tetap nyaman selama cuaca ekstrim, seperti saat musim panas dan musim dingin di Rusia.

Perbandingan Crystal Island dengan Beberapa Gedung Tinggi Dunia

Kemiripan lainnya dengan Ultima Tower adalah kemampuannya untuk menghasilkan energi dari sumber-sumber yang ramah lingkungan. Crystal Tower akan mampu menyerap energi matahari melalui dindind-dinding bagian luarnya. Selain itu listrik juga dapat diproduksi dengan cara menangkap angin yang melewati bangunan besar ini. Crystal Tower juga tidak memiliki masalah sama sekali dengan sistem pencahayaan dan ventilasi. Cahaya matahari dapat masuk dengan bebas hingga ke pusat gedung. Udara segar juga akan selalu mengalir ke seluruh ruangan yang ada dalam bangunan besar ini.

Panel surya pada geometri yang dinamis di bingkai struktur bagian luar bangunan memungkinkan cahaya matahari menembus jauh ke dalam untuk memodifikasi panas lingkungan internal.  Panel surya akan tertutup di musim dingin untuk kehangatan ekstra dan dibuka di musim panas untuk memungkinkan ventilasi alami masuk. Pengelolaan energi adalah inti dari desain Crystal Island, dengan tambahan lahan terbarukan dan generasi energi karbon beremisi rendah.

Menurut Foster + Partners, bangunan tersebut akan dilengkapi berbagai fasilitas untuk seni dan budaya, pameran dan pertunjukkan yang dirancang dengan dinamis dan fasilitas publik bisa digunakan nyaman sepanjang hari. Lebih 3 ribu  kamar hotel dan 900 apartemen dengan layanan lengkap, kantor, dan toko juga disediakan.

Penghuninya dapat bekerja dan tinggal di dalam kawasan tersebut, serta memiliki akses ke berbagai sudut bangunan sangat mudah dengan berjalan kaki, termasuk sekolah internasional untuk 500 siswa. “Bangunan mixed use ini memberikan sebuah contoh bangunan dengan keseimbangan energi, sementara luasnya memperkuat aspek ekonomi dan kegiatan sosial penghuninya,” ungkap Foster + Partners.

Bangunan anggun berbentuk spiral tersebut juga memberikan pemandangan langsung ke sebuah taman yang indah. Skema bangunan tampak berintegrasi dengan landscape taman bermain, yang menyediakan berbagai aktivitas sepanjang tahun, termasuk cross country dan ice skating ski di musim dingin.

Wow… menakjubkan! Crystal Island benar-benar menjadikan sebuah kota dalam gedung. Jika memang demikian, kita tentu enggan bepergian keluar gedung. Mau apalagi? Segala sesuatunya di gedung tersebut sudah seperti alam di alam bebas lainnya. Bisa anda bayangkan, berapa pajak yang harus dibayar untuk tinggal disana? Dan bagaimana dengan harga-harga penjualan di dalam kota Gedung tersebut? Pasti mahal-mahal. ^_^

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: