Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Jun 29, 2013 in Dunia, Tips n Trick | 0 comments

Kiat Peluang Besar Mendapatkan Pekerjaan di Perusahaan Teknologi 2013

Banyak pekerja sebagai ahli teknologi handal dibutuhkan untuk industri komputer di tahun 2013. Tidak hanya keahlian teknis, kemampuan serta keahlian dalam pemrograman merupakan point lebih yang memberikan ruang lebih besar untuk dapat peluang mendapatkan pekerjaan di perusahaan-perusahaan besar di bidang komputer atau IT.

Begitu besar persaingan pasar di jaman serba teknologi saat ini, membuat  banyak perusahaan besar mengharuskan memiliki sumber daya yang mampu membuat inovasi dan keunikan lebih dari perusahaan-perusahan pesaingnya.

Perusahaan-perusahan besar di bidang komputer dan IT juga membutuhkan sumber daya ahli teknologi yang produktif. Kemampuan calon pekerja atau karyawan di bidang tersebut cukup bersaing, mengingat semakin banyaknya terlahir sarjana-sarjana baru yang bertitel sarjana komputer dan sarjana IT setiap tahunnya, dan semakin banyak pula surat lamaran pekerjaan yang diterima berbagai perusahaan. Maka dari itu, bukan hanya kemampuan yang diperhitungkan, namun kualitas diri dalam pekerjaan serta keahlian pendukung lainnya akan memberikan nilai tambah yang menguntungkan.

10 Keahlian Penting Mendapatkan Pekerjaan di Bidang IT

Image Courtesy by Stuart Miles | freedigitalphotos.net

Seperti yang dikemukakan oleh Rich Milgram, CEO jaringan karier Beyond, “Keahlian yang paling banyak dicari para perekrut lebih pada keahlian dalam pemrosesan dan bahasa kode. Mempelajari sebuah teknologi adalah hal yang mudah. Memiliki pola pikir untuk menerapkannya, memprosesnya, dan mewujudkannya, serta berorientasi pada detail sambil melakukannya, itulah keahlian yang penting.”

Di tahun 2013 ini, Career Builder menyebutkan adanya pekerjaan yang paling banyak masuk di O*Net (pusat informasi pekerjaan AS sejak 2010) membutuhkan calon karyawan yang paling banyak dicari adalah mereka yang memiliki 10 keahlian dan berbagai bentuk terapannya.

Peluang Mendapatkan Pekerjaan Akan Lebih Besar Jika Memiliki 10 Keahlian berikut:

1. Mampu Berpikir Kritis

Sumber daya yang dibutuhkan perusahaan teknologi besar dituntut untuk dapat berpikir kritis dan menggunakan pola pikir logis serta beralasan. Sehingga ia akan mampu  mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari berbagai sudut pandang untuk dapat menemukan bermacam-macam bentuk solusi dengan melakukan pendekatan yang baik dalam menyelesaikan banyak persoalan atau masalah.

2. Mampu Memecahkan Berbagai Masalah yang Kompleks

Artinya, perusahaan akan membutuhkan karyawan untuk diterima kerja di perusahaannya bagi mereka yang mampu mengidentifikasi dan mengulas berbagai permasalahan kompleks atau rumit. Sehingga ia akan mampu mengurai permasalah rumit yang dihadapi untuk kemudian dapat dikembangkan dan menemukan solusi serta bagaimana menerapkan solusi tersebut.

3. Berani Mengambil Keputusan

Didasari oleh latar belakang serta alasan logis, maka seorang calon pekerja dapat memperhitungkan keuntungan dan kerugian dari keputusan yang  akan diambilnya untuk ditindak lanjuti. Sikap ini akan membuat karyawan akan berani mengambil keputusan untuk kemajuan bersama.

4. Pendengar yang Baik dan Aktif

Untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan besar maka seseorang akan dituntut untuk dapat menghargai apapun pendapat orang lain tanpa melakukan interupsi di awal. Ia dapat memperhatikan dan mau menelaah berbagai pendapat yang diterimanya untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam membuat sebuah keputusan.

5. Komputer, Elektronik dan Pemrograman

Ahli teknologi yang dibutuhkan perusahaan besar diharapkan mampu memiliki pengetahuan yang diatas rata-rata tentang papan sirkuit, prosesor, perlengkapan berbagai alat elektronik, perangkat keras komputer. Dan ia juga juga mampu memahami bahkan dapat membuat aplikasi dan pemrograman dan penerapannya.

6. Menguasai Matematika

Ahli teknologi yang memiliki pengetahuan aritmatika, aljabar, geometri, kalkulus, statistik, serta terapannya yang baik, akan memiliki nilai tambah.

7. Operasional dan Sistem Analisa

Ahli teknologi yang paling dicari adalah ahli yang mampu menjalankan sebuah sistem untuk melakukan pekerjaan secara operasional, memperhatikan dan menjabarkan perubahan kondisi, dan berbagai hal yang mempengaruhi hasil produksi. Ia mampu melakukan observasi sehingga mampu mengidentifikasi dan memahami kebutuhkan dan persyaratan produk dari desain yang akan diluncurkan.

8. Mampu Mengawasi

Untuk mendapatkan pekerjaan dengan peluang lebih besar diterima, kemajuan perusahaan menjadi visi dan misi utama, sehingga ia akan akan mampu mengawasai serta membaca kemampuan orang lain, perusahaan atau dirinya sendiri untuk melakukan berbagai introspeksi dan koreksi untuk visi dan misi tersebut.

9. Penjualan dan Pemasaran

Bukan hanya keahlian teknologinya saja, kemampuan seorang pekerja yang memiliki pengetahuan dasar dan berbagai metodenya untuk mempromosikan serta menjual berbagai macam produk tidak akan dipandang sebelah mata oleh perusahaan besar. Apalagi jika ia mampu memiliki ide cemerlang yang inovatif, mengetahui strategi pemasaran dan tak tiknya, dapat memberikan presentasi produk secara jelas, teknik penjualan serta bagaimana sistem kontrol penjualannya, akan sangat mempengerahi nilai lebih bagi calon pegawai yang diterima kerja oleh perusahaan besar di bidang teknologi elektronik dan komputer.

10. Kemampuan Bahasa

Teknologi yang inovatif dapat diterima di skala lokal maupun internasional. Ia mampu berdiskusi dengan melakukan berbagai pendekatan dengan klien maupun rekan bisnis dari mancanegara. Maka seorang karyawan  yang memiliki penguasaan terhadap bahasa Internasional, Bahasa Inggris umumnya, dan bahasa negara lain khususnya, dapat lebih dilirik oleh perusahaan-perusahaan yang di bidang teknologi. Kemampuan bahasa juga akan mampu membuat seorang karyawan mendapatkan berbagai sumber informasi penting lainnya yang bukan hanya berasal dari lokal saja.

Referensi: http://id.she.yahoo.com/10-keahlian-yang-diperlukan-untuk-melamar-ke-perusahaan-teknologi-111103185.html

Dapatkan Artikel-artikel Menarik Infodari.com ke Inbox-mu!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 + eight =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>