Kiat Memulai Usaha Sukses

Jangan takut untuk memulai usaha modal kecil, atau bahkan tidak punya modal sama sekali. Lalu bagaimana cara untuk memulai usaha? Bisnis yang sukses harus dimulai dari motivasi anda sendiri. Infodari akan berbagi kiat memulai usaha sukses, untuk memotivasi anda agar segera memulai bisnis anda. Saya telah menuliskan tulisan saya tentang tips memulai usaha sebelumnya dalam versi bahasa Inggris di artikel saya yang berjudul The-Basic-Secrets-of-Success.

Untuk memulai sesuatu, atau untuk memulai suatu usaha, biasanya orang mulai sering membatasi diri sendiri dengan apa yang ada di pikirannya. Seperti misalnya, “Saya ingin usaha tapi tidak punya modal”. Pemikiran seperti itulah akhirnya yang membuat seseorang menunda untuk memulai suatu usaha. Disinilah saya ingin anda berfikir untuk Jangan takut untuk memulai usaha modal kecil, atau bahkan tidak punya modal sama sekali. Ada beberapa tips memulai usaha sukses untuk mencapai bisnis yang sukses.

Ada fase-fase penting yang menurut saya harus dilalui saat seseorang ingin memulai usaha. Mungkin disini saya akan membuat suatu penjelasan semudah mungkin untuk dimengerti.

Fase fase memulai usaha sukses :

1. Fase Memulai/action
2. Fase berkembang dan bertahan.
3. Fase keberhasilan

Salah satu syarat untuk seseorang bisa mencapai fase ketiga, atau fase keberhasilan, berarti fase ke 1 dan k 2 harus dilalui.

1. Fase Memulai/action
Memang benar, ada 5 item yang dianggap harus dimiliki untuk memulai sebuah usaha.
1. Modal
2. Tempat Usaha
3. Kemampuan
4. Sumber daya
5. Market
Kemudian timbul pertanyaan baru, bisakah kita memulai usaha jika kita hanya memiliki satu atau beberapa saja dari item diatas. Jawabannya ternyata “Ya, Bisa”. Manfaatkan yang anda miliki dari satu atau beberapa yang anda miliki dari 5 item di atas.

Contoh mudah:

Anda ingin membuat blog, tapi tidak punya modal (item 1) untuk membeli sebuah domain. Tapi anda sudah memiliki komputer dan saluran internet di rumah (item 2). Tapi anda tak punya kemampuan untuk membuat blog (item 3). Anda punya banyak teman yang bisa membuat blog (item 4). Anda belum punya market untuk memperkenalkan blog anda (item 5).
Berarti anda harus bisa memulai usaha anda dengan hanya memiliki item 2 dan item 4 yaitu tempat usaha. Bagaimana anda bisa memulai usaha anda?

Mulailah dari sekarang! Anda bisa memulai untuk mencari informasi baik dari saluran internet yang anda miliki di rumah ataupun menggali informasi dari teman-teman anda. Beranilah untuk memulai membuat blog dengan gratis, tanpa harus membeli domain terlebih dahulu. Bukan hal mudah untuk memulai dari nol, tapi dengan keberanian anda, tentu anda akan termotivasi untuk menggali lebih jauh apa yang harus anda lakukan berikutnya. Anda pun akan mulai mendapatkan hambatan atau kesulitan. Gunakanlah 2 hal yang anda miliki tadi untuk menghadapi tantangan tersebut. Sedikit demi sedikit anda pun akan belajar dengan sendirinya dan mulai terbiasa bagaimana menghadapi tantangan selama proses pembuatan blog. Mulailah lagi untuk menjalin pertemanan seluas-luasnya dengan siapapun yang bisa mendukung usaha anda, baik di online maupun teman-teman sekitar anda.

Lama kelamaan anda pun akan memiliki market, dimana anda bisa memperkenalkan hasil blog anda kepada mereka. Dan disanalah anda kemudian akan mencoba menggali lagi mendapatkan keuntungan lebih dari membangun blog, misalnya dengan memiliki blog, ternyata anda bisa mendapatkan penghasilan online dari google adsense, dari program PTW, PTS, PTR dan program-program lainnya seperti join dengan RedGAge, Triond, ExpertsColumn, yang bisa menghasilkan uang dari kegiatan anda di dunia blogging. Jadi, tak harus memiliki semua dari 5 item diatas bukan, untuk memulai gerak dan usaha anda?

Hampir banyak orang mengganggap bahwa 5 item diatas harus dimiliki, sehingga pada saat seseorang menyadari bahwa ia tidak memiliki salah satunya atau banyak, dia pun akan mengurungkan niatnya, atau menunda niatnya untuk memulai usaha.

(Bersambung ke Bagian 2)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: