Kehabisan Ide Memilih Topik dalam Membuat Post di Blog

Saya sering sekali kehabisan ide dalam menulis di blog. Maklum saja, saya akui bahwa saya adalah blogger pemula yang masih bejalar dalam menulis. Bahkan saya sengaja membuat blog saya dengan bermacam-macam kategori, agar saya dapat membuat atau mengisi post dengan pokok bahasan yang tidak terbatas dan lebih luas. Disini saya akan berbagi pengalaman sebagai tips menulis artikel. Saya pernah kehabisan ide memilih topik dalam membuat post di blog.

Ini adalah pengalaman yang saya alami sendiri. Pada saat saya kehabisan ide, mencari topik atau tulisan apa yang akan saya post dalam blog, saya mendapatkan ide membuat tulisan yang sangat simple. “Kenapa saya tidak menulis tentang bagaimana cara membuat email?”. Meski saya sadari tema ini mungkin tema yang sepele. Saya pun tidak berharap banyak dari tulisan yang akan saya buat ini. Karena yang pasti, sudah banyak orang yang bisa membuat email ini dan tidak memerlukan tulisan saya. Atau, pasti sudah banyak artikel bagus lainnya yang memuat tulisan ini dari para blogger atau penulis senior lainnya.

Namun saya mencoba untuk tidak perdulikan hal itu. Saya tetap memutuskan untuk segera menulis tulisan tentang panduan bagaimana cara membuat email. Kemudian saya mulai menulis dan mengumpulkan gambar-gambar yang diperlukan.

Saya sengaja membuat email baru, dengan tujuan agar saya bisa menulis langkah-langkah demi langkah yang harus dilakukan secara konkret. Saya juga lakukan printscreen pada proses pendaftaran email baru yang saya buat. Tujuannya agar saya bisa menampilkan gambar untuk melengkapi setiap langkah-langkah pembuatan email baru.

Saya sengaja ingin membuat tulisan asli dan gambar asli dari apa yang saya dapatkan sendiri. Saya tidak melakukan copy paste dari site atau blog lain yang sudah terlebih dahulu menulis tentang topik bahasan ini. Tujuannya hanya agar saya bisa membuat post asli dari tulisan dan gambar saya yang saya buat sendiri. Kemudian saya mengumpulkan riset keyword terbaik yang saya gunakan dalam post saya dengan menggunakan google adwords. Dan akhirnya, saya pun dapat menyelesaika tulisan tentang “Panduan Membuat atau Mendaftar Email Baru” pun selesai. Disana saya membaginya lagi ke dalam 2 posting lainnya yaitu membuat email di google, dan membuat email di yahoo.

Seperti yang saya katakan tadi, saya tidak berharap banyak mendapatkan respon yang banyak dari tulisan saya tadi, karena tema tulisan yang saya buat tadi sifatnya memang tampak sepele, dan terlalu dasar.

Namun tanpa diduga, seminggu setelahnya, ternyata tulisan yang saya anggap sepele tadi justru malah menduduki peringkat pertama, tulisan yang paling banyak di baca di blog saya. Saya benar-benar tidak menyangka, ide ini malah justru membuat visitor blog saya pun semakin meningkat.

Jadi saya pun mendapatkan pelajaran baru atas kejadian ini,

1. Membuat tulisan asli dan unik, tanpa mencontek atau copy paste dari orang lain, justru akan lebih bagus hasilnya dalam SEO. Percaya diri itu kuncinya. Tulis apapun yang ingin anda tulis, akan lebih baik jika tulisan anda bisa bermanfaat untuk orang lain nantinya.
2. Membuat tulisan tidak harus selalu bertema yang berat. Tema simple pun bisa menjadi tulisan yang banyak dicari orang lain.
3. Mencari keyword yang sesuai dalam post atau artikel yang akan dibuat, dan banyak dicari orang harus dilakukan dengan peneletian. Salah satunya dengan menggunakan google adword.
4. Mencari tema yang sedang menjadi trend saat ini juga baik. Seperti halnya topik yang saya angkat “Panduan bagaimana cara membuat email”. Saat ini memang banyak jejaring sosial yang mengharuskan memiliki akun email bisa bergabung. Misalnya twitter, facebook, myspace dan situs jejaring sosial lainnya. Sementara itu, jejaring sosial merupakan trend masa kini yang benar-benar sedang disukai oleh masyarakat. Tak jarang dari masyarakat yang belum mengetahui dunia internet ingin mencoba dan bergabung dengan jejaring sosial yang memang sedang marak saat ini. Maka dari itu, tak heran jika banyak orang yang belum bisa membuat email pun akan mencari informasi panduan bagaimana cara membuat email.

Nah, itulah pengalaman pribadi saya tentang membuat post di blog saya. Siapa tau tulisan saya ini bisa menginspirasi anda para blogger. Happy Blogging!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: