Kebenaran Foto Supermoon Terbesar yang Tampak di Ambon

Sempat ramai diberitakan di dunia maya, sebuah foto supermoon terbesar yang katanya tampak di Ambon. Foto dibawah ini merupakan sebuah foto unik yang berhasil ditangkap oleh sebuah kamera Ponsel. Foto tersebut dikatakan sebagai Supermoon Terbesar yang Tampak di Ambon. Lalu bagaimana kebenaran foto Supermoon Terbesar yang tampak di Ambon tersebut?

Seorang warga Ambon bernama Tiara Maharani berhasil mengambil penampakan supermoon Sabtu (19/3/2011) dari pantai Natsepa, Ambon, Maluku.

Supermoon seperti menggelinding di sisi lautan dan warna keperakannya menyebar di permukaan laut. Foto ini beredar luas di Twitter.

Di Plixi, foto ini sudah di-tweets sebanyak 6.234 kali. Foto ini diambil menggunakan kamera dari BlackBerry.

Seorang pengguna Twitter mem-posting foto supermoon dan mengatakan foto tersebut diambilnya menggunakan kamera BlackBerry di Pantai Natsepa, Ambon, Sabtu (19/3/2011). Usut punya usut ternyata foto tersebut hoax dan diambil dari situs lain.

Seorang pembaca Tribunnews.com, memberikan konfirmasi jika Tiara, yang juga berprofesi sebagai jurnalis itu, cuma mengunduh foto itu dari sebuah situs dan memposting serta mengakui jika itu adalah hasil foto yang diambilnya. “Tiara Maharani cuma mau terkenal saja dengan cara plagiat,” demikian tulis seorang pengguna Twitter.

Sebelumnya, akun Twitter Tiara Maharani atau @tiaraul masih bisa diakses oleh publik. Namun, selang beberapa menit kemudian, akun tersebut sudah diubah setting kerahasiaanya dan hanya bisa diakses dengan mengirimkan request. “Wah, saya tidak percaya. Dia bikin malu saja,” ujar seorang Facebooker bernama Nizar Wogan, dengan nada kesal. Foto asli ada di http://latinamericana.tumblr.com/post/1205825270

Tindakan ini tentu saja dianggap cukup memalukan. Pasalnya, foto tersebut di retweets hingga ribuan kali dan beberapa media luar juga mengambil referensi mengenai foto supermoon tersebut.

Pertanyaan mengenai kebenaran foto Supermoon terbesar yang tampak di Ambon tesebut kini terjawab sudah. Bahkan berbagai komentar kecewa pun berdatangan atas berita bohong tersebut. Foto supermoon terbesar yang tampak di Ambon tersebut ternyata hanyalah hoax yang diambil dari situs lain. :(

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: