Jenis Jenis Kopi Indonesia

Sebenarnya, hanya ada dua jenis kopi yang terkenal, yaitu kopi arabica dan robusta. Kita akan mengupas sedikit tentang jenis-jenis kopi Indonesia yang memiliki cita rasa dan aroma yang lezat. Aroma kopi yang dirasakan dapat beraneka ragam, jika ditanam di tanah dan daerah dengan ketinggian yang berbeda. Maka dari itu, cita rasa kopi disetiap daerah memiliki kekhasannya masing-masing.

jenis jenis kopi indonesia yang terkenal
Image courtesy by by foto76 | freedigitalphotos.net

Jenis Jenis Kopi Indonesia yang terkenal

Kopi Manggar

Manggar merupakan daerah di Pulau Belitung. Dahulu, masyarakat asli disana adalah pekerja tambang timah yang memiliki kebiasaan untuk menikmati kopi sebelum mereka memulai bekerja di tambang. Tak heran jika di daerah Manggar terdapat puluhan warung kopi. Masyarakat Manggar memiliki resep turun temurun atau resep nenek moyang. Rata-rata, kopi yang mereka seduh berasal dari jenis kopi robusta yang sengaja didatangkan khusus dari daerah Lampung. Cara menyeduhnya sedikit berbeda dengan cara menyeduh kopi pada umumnya. Mereka biasanya menyeduh kopi dengan cara merebus terlebih dahulu air kopi, lalu menuangkannya ke dalam saringan berbahan kaus. Air rebusan tadi akan disaring  sampai dua kali tuang dalam cerek. Hasil kopi dengan seduhan seperti ini terasa sangat ringan dan tidak asam di lambung.

Kopi Wamena

Kopi Wamena merupakan salah satu kateori kopi organik. Kopi Wamena sendiri ditanam di ketinggian tanah sekitar 1.600 Mdpl. Kopi Wamena tumbuh di sepanjang Pegunungan Wamena. Kopi ini juga merupakan jenis kopi arabika yang dikenal dengan kopi dengan aroma yang sangat kuat, namun rasanya sangat nikmat. Kopi ini terbukti membuat orang merasakan tubuhnya menjadi lebih santai dan rileks.

Kopi Flores

Kopi Flores ini memiliki biji berukuran besar, warnanya berkilau, dan aroma cokelatnya sangat kuat. Kopi Flores ini merupakan jenis kopi Arabika yang berasal dari kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Rasanya berat di lidah dan memiliki tingkat keasaman yang tinggi.

Kopi Lampung

Seluruh dunia telah mengenal Kopi Lampung sudah sejak lama. Kopi lampung ini termasuk jenis kopi arabica dan black coffee. Warnanya hitam pekat, dan aroma pahitnya sangat terasa karena kopi lampung ini memiliki kandungan kafein paling tinggi dengan sedikit rasa asam.

Cara menikmati kopi ini rata-rata adalah dengan memanaskan air hingga titik didih maksimum. Kemudian, air panas tersebut dituangkan ke dalam gelas yang telah diisi kopi tanpa menggunakan gula. Setelah itu, barulah penyeduh kopi dapat menyesuaikan rasa manis yang diinginkan dengan menambahkan gula ke dalamnya.

Kopi Aceh Gayo

Kopi asal Indonesia lainnya adalah kopi Aceh Gayo. Kopinya memiliki kualitas tinggi. Cara penyajiannya, kopi Aceh diseduh terlebih dahulu di dalam panci hingga benar-benar mendidih. Kemudian disajikan dalam gelas yang sudah terisi dengan susu dan gula. Namun demikian, penyajian jenis kopi ini juga dapat berupa kopi hitam, kopi yang orisinil khas Aceh, dan kopi sanger.

Kopi Kintamani

Jika anda anda sering mendengar daerah Kintamani di Bali, daerah ini memiliki kopi yang yang tak kalah lezatnya. Dengan kopi yang beraroma lembut dan manis, kopi Kintamani ini juga menjadi favorit banyak orang, terutama pecinta kopi. Kopi Kintamani sendiri diperoleh dari perkebunan yang menggunakan sistem pengairan subak.

Kopi Toraja

Kopi toraja memiliki 2 jenis kopi, yaitu kopi Toraja Arabica dan kopi Toraja Robusta. Dari 2 jenis tersebut memiliki kesamaan, yaitu sama-sama mengandung asam yang rendah. Rasa kopi Toraja ini tidak meninggalkan rasa pahit. Namun konon katanya, rasa pahit yang dirasakan dapat langsung hilang langsung pada saat tegukan pertama. Seperti halnya kopi Sulawesi, kopi Toraja ini memiliki rasa khas tanah dan hutan dengan kangdungan asam rendah. Teknik yang digunakan untuk memetik biji kopi sangat mempengaruhi rasa serta aromanya.

Jangan lupa, untuk anda pecinta kopi, ampas kopi juga dapat digunakan untuk berbagai perawatan kulit.

Ada salah satu industri kopi di Indonesia yang telah menjadi brand gerai kopi yang cukup terkenal yaitu Anomali Coffee. Berbagai macam kopi dapat anda nikmati disana, disajikan pula cara penyajian yang unik. Anomali coffee mempersilahkan para pengunjungnya memanfaatkan sistem self-service. Anda dapat me-roasting kopi sendiri.

Berbeda dengan Starbuck coffee yang menyuguhkan berbagai jenis kopi dunia, kopi-kopi yang disediakan di Anomali Coffee ini khusus kopi yang diolah dari biji kopi asli Indonesia. Gerai Kopi Anomali Coffee ini berada di Jakarta dan Seminyak, Bali. Untuk penikmat kopi, boleh coba cita rasa kopi disana dengan berbagai snack pendamping kopi yang juga tersedia dalam berbagai sajian.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: