Install 8 Plugin Penting Ini untuk WordPress Anda

Apa saja 8 Plugin Penting yang sebaiknya di install untuk WordPress Anda? Plugin wordpress telah banyak tersedia untuk berbagai kepentingan.  Namun bagi saya, plugin yang terpenting untuk di install di wordpress anda adalah plugin-plugin dengan kategori SEO wordpress plugin, mendukung kecepatan loading, perawatan, dan plugin yang mendukung perlindungan blog anda dari SPAM. Ada beberapa plugin wordpress penting untuk blog anda menurut versi saya.

plugin penting untuk di install di wordpressPlugin untuk mempercantik blog tidak terlalu menjadi prioritas bagi saya, meski saya juga menggunakan beberapa diantaranya. Karena selain tidak terlalu banyak fungsinya, plugin kategori mempercantik blog tersebut, kadang-kadang malah membuat kecepatan loading page blog kita menjadi sangat lambat. Untuk  wordpress self hosting, penghematan bandwidth juga perlu diperhatikan, jadi ada baiknya anda juga menggunakan plugin yang bisa berfungsi untuk merawat dan membersihkan jejak-jejak yang tidak terpakai dalam domain atau blog anda.

Banyak situs yang menyediakan free download plugin wordpress kok, tidak semuanya harus bayar. WordPress plugin download dapat dengan mudah anda temukan di mesin pencari ataupun dari direktori wordpress nya langsung. Anda harus tentukan plugin apa saja yang tepat untuk digunakan dalam wordpress anda. Pertimbangkan fungsinya. Berikut sedikit ulasannya tentang plugin penting apa saja itu.

8 Plugin Penting untuk blog WordPress :

1. Akismet

Sama seperti WP-Spam Free, tugas dari plugin ini adalah  memblokir spammer berdasarkan blacklist yang dibuat oleh developer akismet, namun plugin ini lebih ringan karena tidak menerapkan metode javascript seperti yang ada di WP-Spam Free, plugin ini adalah alternatif pengganti WP-Spam Free, walaupun sebenarnya plugin ini sudah ada di WordPress saat pertama kali anda install. silakan memilih untuk mengaktifkannya atau menggantinya dengan WP-Spam Free.

2. Google Sitemap XML

Sebuah sitemap XML sangat dibutuhkan jika kami tertarik agar konten  website anda lebih mudah dilirik oleh google. plugin ini mengenerate dan mengpdate sitemaps sml untuk website anda, selain itu plugin ini melakukan ping ke mesin pencari agar mereka mengetahui ada konten baru menunggu untuk dapat diindex dan tampil di mesin pencari.

3. Dagon Design Sitemap Generator

Kegunaannya untuk membuat halaman sitemap di dalam blog Anda sehingga di dalam blog Anda terdapat semacam daftar isi yang berguna bagi para pengunjung blog Anda untuk menemukan artikel-artikel di dalam blog Anda.

4. All in One SEO Pack / Platinum SEO Pack

Plugin All In One SEO pack atau Platinum SEO Pack, terdiri dari fitur-fitur yang dapat meningkatkan rating SEO cms anda. sangat mudah digunakan dan termasuk plugin yang cukup penting.

5. Captcha / Recaptcha

reCAPTCHA adalah sebuah layanan CAPTCHA gratis yang membantu proses digitalisasi buku, koran dan siaran radio pada masa lalu. CAPTCHA sendiri adalah sebuah program yang bisa menentukan apakah seseorang itu sebuah komputer atau manusia (biasanya berupa gambar dari sebuah kata yang dibuat terdistorsi).  CAPTCHA biasanya digunakan untuk menghindari serangan bot dan spam pada suatu website. Karena sampai saat ini belum ada program komputer yang dapat membaca kata-kata yang terdistorsi sebaik manusia..

6. Hyper Cache

Plugin ini berfungsi untuk meningkatkan performa dan kecepatan loading halaman blog. Plugin ini memungkinkan mesin WordPress untuk memeriksa cache HTML dan menampilkannya sebelum koneksi database dibentuk, query dieksekusi, dan operasi-operasi lain dijalankan saat blog diakses.

7. DB Cache Reloaded Fix

Plugin sangat powerfull untuk Mempercepat Loading WordPress .pernyataan dari plugin ini   menganggap dirinya lebih baik dari rekan sesamanya yaitu plugin WP–Cache atau Plugin Super Cache . Dengan menggunakan plugin DB-Cache situs anda akan bekerja jauh lebih cepat.Plugin ini adalah cabang dari sebuah plugin Cache DB.

8. WP Optimize

Wp-Optimize membuat kita bisa membersihkan dan mengoptimalkan database SQL blog wordpress kita tanpa harus login ke database Admin MySQL atau phpmyadmin sehingga sangat cocok bagi blogger pemula seperti kita. Plugin ini akan membantu membersihkan semua revisi tulisan tersebut yang tentunya membuat blog menjadi lebih ringan dan lebih cepat. Plugin ini juga sangat cocok bagi anda yang mempunyai blog di hosting dengan kapasitas terbatas.

Optional atau plugin tambahan di wordpress :

1. Comment Luv

Untuk menceriakan kotak komen dengan lambang loving-loving dan memberi peluang blogger lain paparkan entri terbaru mereka bila tinggalkan komen. Tak perlu spam ( letak link ) di ruang komen. Banyak blogger yang suka dengan blog yang ada ComLuv nya.

2. WordPress Popular Posts

Memaparkan entri-entri yang popular di blog. Isinya bisa disesuaikan, bisa menurut total views, banyaknya comments atau pageviews. Kelebihan plugin ini merupakan salah satu cara untuk promosikan entri-entri terdahulu di blog.

3. Breadcrumb NavXT

Fungsinya untuk membuat struktur navigasi di dalam sebuah blog, sehingga saat pengunjung blog berada di suatu halaman blog maka akan muncul struktur navigasi halaman yang sedang Anda kunjungi. Hal ini ini juga berguna untuk keperluan SEO, sehingga crawl yang dilakukan search engine akan lebih merata.

4. Category Post Widget

Category Post Widget berfungsi untuk menampilkan 1 kategori di blog anda Plugin wordpress ini sangat membantu pembaca untuk menemukan artikel lain pada kategori yang sama. Anda bisa membuat lebih dari satu widget kategori. Isi kategori akan otomatis terupdate jika ada posting baru dalam kategori yang anda pilih.

5. Post Tab

Plugin Post Tab digunakan jika anda ingin menampilkan tab-tab dalam posting artikel anda.

Masih banyak plugin untuk wordpress lain yang sejenis maupun yang berbeda fungsi dengan yang disebutkan di atas. Menurut pengalaman pribadi saya sih, jangan gunakan terlalu banyak plugin yang tidak terlalu penting. Ingat, kecepatan loading halaman blog anda harus tetap diperhitungkan. Jangan sampai terlalu banyak plugin malah membuat loading blog anda menjadi lelet, sehingga pengunjung pun malas untuk kembali lagi untuk berkunjung ke blog anda. Loading page yang telalu lama juga tidak terlalu disukai oleh Google.

Tidak semua kepentingan dalam mengelola blog anda harus menggunakan plugin. Untuk keperluan ringan seperti memasang histat (statistik visitor), memasang kode script adsense, memasang banner flash, dan yang lainnya, bisa anda lakukan tanpa menginstall plugin. Cukup anda tambahkan script-script dalam file php anda.

Cara install wordpress plugin juga tidak terlalu sulit. Langkah-langkahnya cukup praktis. Dan setiap plugin juga akan mencantumkan cara installnya. Anda dapat melihat file readme.txt nya di Tab Plugins -> Editor -> dan pilih plugin apa yang ingin anda lihat dari menu pilihan tombol drop down menu pojok kanan atas. Anda bisa menambahkan plugin penting di wordpress anda yang lain dengan fungsi yang sama. Karena, banyak sekali pilihan plugin wordpress dengan fungsi sejenis. Pandai-pandai memilih plugin yang akan anda install, agar jangan sampai terjadi error atau kesalahan setelah anda memasang plugin-plugin yang anda pilih ya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: