Hindari Kebiasaan Buruk Memakai Lensa Kontak

Hindari Kebiasaan Buruk ini bagi Pengguna Lensa Kontak — Jika anda adalah pengguna contact lens atau lensa kontak, anda tentu tahu aturan pakai contact lens yang harus anda patuhi. Namun banyak juga yang menggunakan contact lens, tanpa memperhatikan hal-hal penting yang harus dihindari. Perlu di sadari, mata adalah daerah sensitif yang harus benar-benar dijaga kesehatannya. Banyak kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh para pengguna lensa kontak, yang sebenarnya tidak boleh dilakukan. Hindari kebiasaan-kebiasaan buruk memakai kontak lens yang menyebabkan kerusakan pada mata. Hal-hal seperti apa sajakah yang merupakan kebiasaan buruk memakai lensa kontak tersebut?

Bagi kebanyakan orang, kini penggunaan contact lens atau lensa kontak banyak dijadikan pilihan daripada menggunakan kacamata. Kaca mata minus, plus atau silindris, bisa digantikan oleh kontak lens. Selain itu, karena kontak lens punya banyak pilihan warna yang menarik, yang bisa membuat penampilan mata anda lebih menarik. Tak hanya yang mempunyai penyakit mata minus, plus, atau silindris, mata normal pun bisa menggunakan kontak lens. Siapapun bisa menggunakan kontak lens, apalagi sekarang banyak terjual produk-produk kontak lens dengan harga murah.

Menurut sebuah penelitian terbaru dalam jurnal Optometry and Vision Science, sekira 85 persen pengguna lensa kontak mengaku telah mengikuti semua aturan penggunaan dengan baik untuk menjaga mata dalam kondisi prima. Namun, hanya sekira dua persen yang benar-benar melakukannya.

“Ketika ditanya langsung apakah mereka melaksanakan aturan sesuai dengan yang kami anjurkan, mereka mengatakan, ‘Ya, kami melakukannya dengan benar’. Tetapi ketika mereka menjawab pertanyaan tentang perilakunya, ada perbedaan besar pada apa yang seharusnya mereka lakukan,” ujar Danielle Robertson, peneliti dari Universitas Texas.

Berikut kebiasaan-kebiasaan buruk memakai lensa kontak dan resikonya, dilansir dari majalah Menshealth.

Tidur dalam keadaan belum melepas lensa kontak

Kebiasaan ini berulangkali dikaitkan sebagai penyebab iritasi dan infeksi. Pasalnya, jika masih menggunakan lensa kontak saat tidur, mata akan secara otomatis kurang berkedip. Padahal, mata butuh banyak berkedip untuk mencuci sehingga mata tidak kering selama kita terlelap.

Tidak mengganti lensa pada jadwal yang disarankan

Pastikan Anda mengganti lensa kontak sesuai jadwal yang telah ditentukan demi kenyamanan mata. Semakin lama Anda memakai lensa kontak, maka akan menyebabkan penumpukan protein dan lipid dari air mata.

Risiko lainnya, alergi kronis disebut giant papillary conjungtivis yang dapat menyebabkan Anda tak lagi bisa menggunakan lensa kontak.

Tidak melakukan solusi berkenaan dengan masalah lensa kontak

Jika Anda tidak disiplin menjaga kesehatan mata yang senantiasa memakai lensa kontak, maka hal ini dapat menjadikan mata tempat berkembangnya kuman.

Tidak melepas lensa kontak saat mandi atau berenang

Air baik untuk kebutuhan minum ataupun mandi, tapi tidak aman untuk lensa kontak Anda. Lepaskan lensa kontak terlebih dahulu ketika Anda mandi atau berenang.

Air kolam renang mengandung bakteri atau amuba, yang jika “bertemu” lensa kontak akan membahayakan kesehatan bola mata Anda. Jangan pula membersihkan lensa kontak dengan air keran.

Tidak mencuci tangan sebelum memasang lensa kontak

Siapa yang tahu apa yang ada di tangan Anda? Mungkin ada bakteri dari benda-benda yang baru Anda sentuh atau sisa-sisa makanan usai Anda makan. Tentu ini akan menjadi bencana. Maka dari itu, rawatlah mata Anda dengan menjadi pengguna lensa kontak yang baik agar tidak ada masalah besar dengan mata Anda.

Jika anda adalah seorang pengguna lensa kontak, cobalah untuk mulai hindari kebiasaan-kebiasaan buruk dalam menggunakan contact lens seperti yang disebutkan di atas. Jadi anda tetap bisa menggunakan softlens atau lensa kontak tetap nyaman. Jadi tak ada salahnya bagi anda merubah kebiasaan anda mulai dari sekarang, demi menjaga kesehatan dan kecantikan mata anda.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: