Hindari 10 Kesalahan SEO dalam Optimasi Blog

Teknik SEO yang digunakan untuk meningkatkan kualitas suatu blog di mata search engine terdiri dari banyak cara. Namun, terlalu over dalam melakukan SEO juga akan menjatuhkan blog atau situs secara dramatis. Untuk itu, anda perlu memperhatikan beberapa hal yang menjadi kesalahan dalam praktek seo, yang banyak dilakukan para blogger.

kesalahan seo yang sering terjadi
Image courtesy by David Saunders | flickr.com

10 Kesalahan SEO yang sering terjadi :

1. Menampilkan terlalu banyak flash

Belajar cara membuat blog yang rapi dan menarik, dengan konten yang disukai para pengunjung, tentu akan mengundang perhatian lebih. Sebenarnya, flash dapat mempercantik penampilan blog / situs milik anda. Biasanya sebuah blog suka memasang flash banner di header, sidebar, atau di lokasi lainnya. Namun ternyata, search engine tidak dapat membacanya. Jadi sebaiknya pastikan blog anda tidak bertumpu seluruhnya kepada flash. Coba gunakan lebih banyak gaya html daripada menggunakan terlalu banyak flash.

2. Terlalu mengandalkan Java

Jangan terlalu banyak menggunakan java, karena search engine juga tidak dapat membacanya. Jika ternyata kamu punya menu yang menggunakan java, pastikan kamu punya alternatif navigasi halaman lainnya, misalnya saja dengan mencantumkan sitemap atau halaman situs, yang memuat semua link yang ada dalam blog anda. Dengan begitu pengunjung blog baik yang menggunakan browser support maupun tidak support java maupun flash, dapat tetap browsing di blog anda dengan mudah, begitu pula dengan search engine.

3. Masalah canonical

Kesalahan seo berikutnya adalah terletak pada masalah settingan canonical blog. Kalau kamu punya situs atau blog yang bisa diakses dari beberapa URLs, search engine akan melihatnya sebagai duplicate content. Biasanya yang terjadi adalah nama domain (alamat url domain) seperti contoh di bawah ini:

www.namasitus.com
namasitus.com/
www.namasitus.com/index.html
namasitus.com/home.asp

Multiple URLs tersebut banyak terjadi karena setting CMS atau mungkin pembuat template tidak memperhatikan hal tersebut. Tergantung bagaimana anda menyetting situs anda. Hindari penggunaan multiple URLs seperti diatas.

4. Salah dalam setting robots.txt

Kekuatan robots.txt cukup berperan penting untuk keseluruhan situs anda di mata search engine. Sedikit kesalahan dapat menyebabkan masalah fatal. Banyak pemilik blog atau situs mencari robots.txt file yang standar seperti dibawah ini:

User-agent: *
Disallow:

Tapi terkadang mereka bingung dengan yang seperti ini:

User-agent: *
Disallow: /

Kesalahan hanya terletak pada garis miring pada baris disallow. Kesalah penulisan tersebut dapat menyebabkan seluruh isi blog anda dikunjungi oleh semua robot search engine yang ada. Terkecuali jika anda memang benar-benar berniat untuk mem-block semua search engine merayapi situs anda. Robots.txt hanya diedit jika anda ingin mem-block suatu folder atau url tertentu dalam situs anda. Tapi jika anda tak berniat memblock suatu apapun, sebainya tidak usah otak atik robots.txt ya.

5. Salah menggunakan No Index tags

Contoh kasus, pada suatu saat, anda akan membutuhkan no index tag, tapi anda tidak punya akses untuk meletakkan robots.txt di root domain milik anda, maka anda harus meletakkan no index tags secara manual ke dalam file php. Seperti halnya robots.txt file, akan sangat berbahaya efeknya jika anda secara tidak sengaja memblock keseluruhan isi situs anda dari search engine. Jika kamu meletakkan tag di halaman yang salah, atau meletakkan di page template yang digunakan untuk halaman lainnya, maka hal itu dapat menyebabkan ter-block-nya bagian-bagian penting dalam blog anda dari pengindeksan.

6. Salah memilih CMS dengan fungsi SEO yang terbatas

Anda bisa memilih berbagai gaya CMS dengan bebas. Namun tak sedikit CMS yang membuat anda tidak leluasa melakukan SEO untuk blog yang anda miliki. Beberapa CMS punya keterbatasan fungsi SEO yang biasanya tidak menyertakan CMSnya untuk penulisan heading tags, alt tags, atau elemen-element penting lainnya yang digunakan untuk SEO. Bahkan beberapa diantara CMS juga beresiko menyebabkan banyak terjadinya duplicate content. Jadi sebaiknya, saat melakukan design ulang blog anda, sebaiknya periksa dulu CMS yang akan anda gunakan.

7. Situs yang masih dalam tahap pembangunan telah di index.

Web developers sering membangun situs baru secara live (langsung terindeks). Ini artinya, mereka dapat juga secara live terindeks oleh google. Jika situs yang sedang dibangun memiliki konten atau isi yang sama dengan dengan situs utamanya, maka ini akan menyebabkan masalah serius dalam hal duplicate content. Jika anda sedang membangun sebuah situs baru, sebaiknya pasanglah terlebih dahulu halaman under-construction, dan meminta developer untuk tidak mengindeksnya terlebih dahulu karena statusnya masih dalam pembangunan. Atau anda bisa gunakan robots.txt untuk menghentikan pengindeksan terlebih dahulu, terhadap situs baru yang sedang anda bangun. Lepas status under-construction jika situs sudah siap untuk di-indeks oleh search engine.

8. Meletakkan keyword dan headings dalam bentuk image / gambar

Point ini merupakan salah satu kesalahan SEO yang sering terjadi di kalangan blogger. Sebenarnya hal ini akan terlihat bagus dengan menggunakan heading blog anda dalam bentuk gambar atau bukan text. Tapi sayangnya, hal ini dapat merugikan untuk urusan SEO. Search engine tidak dapat membacar tulisan yang termuat dalam gambar. Jika memang anda ingin membuat header dalam bentuk gambar, maka pastikan anda meletakkan caption, alt, deskripsi gambar header anda dengan standar text, yang masih terbaca sebagai Heading 1 (h1). Lakukan optimasi gambar pada gambar header yang anda gunakana, agar header tetap dapat dibaca oleh bot search engine.

9. Kesalahan mengeja

Hal ini sering terjadi karena faktor ketidaksengajaan. Tapi jika anda ingin blog anda memiliki ranking yang bagus dalam search engine, pastikan tidak ada kesalahan mengeja pada semua isi text atau tulisan yang anda di blog. Dalam hal ini anda perlu lebih teliti dan cermat, terutama di bagian-bagian headings (h1, h2, h3, dst), jangan sampai ada kesalahan eja.

10. Tidak berpikir jauh ke depan.

Banyak bisnis yang didasari atas trend dalam kurun waktu tertentu. Sebaiknya, dahului pihak lain mengangkat tema yang sama dalam blog baru anda. Misalnya saja jika menghadapi musim lebaran, pastikan anda memuat konten atau membuat blog yang khusus mengangkat tema lebaran jauh-jauh hari, atau beberapa bulan sebelumnya, sebelum hari lebaran datang. Dengan begitu, saat hari lebaran datang, konten atau topik blog anda sudah terindeks terlebih dahulu oleh search engine, sehingga blog anda selangkah lebih maju dari blog atau konten lainnya yang membahas topik yang sama. Hal ini akan bermanfaat bagi pengunjung blog, juga kepada kepada ranking blog anda.

Sebaiknya hindari kesalahan-kesalahan seo yang biasanya sering terjadi saat anda melakukan optimasi blog anda. Cermati bagian-bagian penting saat membuat tulisan di blog atau posting sebuah artikel. Jangan lupa untuk selalu periksa dengan teliti template baru atau saat anda mengganti template baru.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: