Hemat BBM Kendaraan Dengan Cara Praktis

Rencana kenaikan BBM (bahan bakar minyak) adalah hal yang tidak bisa dihindari bagi para pemilik kendaraan bermotor, walaupun ada perbedaan harga subsidi dan no-subsidi. Namun anda dapat mencoba untuk menekan biaya penggunaan BBM untuk kendaraan anda. Ada beberapa tips dan trik hemat BBM kendaraan dengan cara praktis, yang juga dapat menjaga kesehatan lingkungan.

tips dan trik hemat bbm kendaraan
Image courtesy of Michelle Meiklejohn / FreeDigitalPhotos.net

Tips dan Trik Hemat BBM Kendaraan

1. Ketahui tekanan ban secara berkala setiap anda akan berkendaraan.

Jika tekanan pada ban kendaraan kurang, maka daya beban mobil akan semakin berat. Ini akan mengakibatkan penggunaan bahan bakar semakin meningkat. Misalnya saja, jika tekanan ban di bawah 0,5 kg/cm2 dari nilai yang seharusnya, maka efisiensi bahan bakarnya akan turun hingga mencapai 5 persen.

2. Kondisikan barang bawaan lebih ringan.

Berat muatan yang semakin besar, akan juga dapat membebani  penggunaan bahan bakar. Akan lebih baik jika anda bisa mensiasati hal tersebut dengan mengkondisikan barang bawaan anda, yang sekiranya tidak terlalu diperlukan lebaik baik tidak dibawa.

3. Rutin melakukan kondisi kendaraan .

Pastikan kendaraan anda selalu dalam keadaan sehat, disarankan untuk mendatangi bengkel resmi kendaraan yang anda gunakan. Segera perbaiki baik itu kerusakan kecil maupun besar.  Kerusakan mesin semakin lama akan semakin menambah pemborosan dalam pengunaan bahan bakar kendaraan anda. Gunakan cara ini sebagai salah satu trik hemat bbm kendaraan anda.

4. Jangan sering melakukan percepatan mendadak.

Percepatan mendadak akan cukup berpengaruh pada penggunaan bahan bakar kendaraan anda, ini akan membuat konsumsi bahan bakar semakin besar. Sebisa mungkin, mempercepat kendaraan secara halus, artinya percepatan dilakukan secara perlahan dan bertahap.

5. Mengatur cara pengereman.

Lakukan pengereman dengan melepaskan pedal gas daripada menginjak rem, jika memang bisa menyediakan cukup jarak dan waktu. Atur pemberhentian dari beberapa jarak yang lebih jauh dari sebelumnya. Pengereman dengan menurunkan posisi gigi, ternyata bisa juga digunakan sebagai salah satu cara penghematan bahan bakar hingga 2 persen. Itulah mengapa diperlukan untuk menjaga jarak dengan kendaraan lainnya di depan anda saat berkendaraan.

6. Pengaturan suhu AC (Air Conditioner)

AC memiliki pengaruh kepada beban pada mesin. Perbedaan dalam 1 derajat saja juga berpengaruh kepada penggunaan BBM. Jadi tidak ada salahnya jika anda sesekali mematikan AC, dan menghirup udara saat kaca jendela mobil diturunkan. Namun sebaliknya, sebenarnya jika anda sedang berkendaraan dengan kecepatan tinggi, keadaan jendela terbuka justru akan meningkatkan konsumsi pemakaian BBM akibat adanya fungsi aerodinamis dari mobil yang sedang anda gunakan.

Tips dan trik diatas merupakan beberapa cara untuk Hemat BBM Kendaraan Dengan Cara Praktis saat bepergian. Pengeluaran anda dapat lebih irit lagi untuk aktivitas berkendaraan setiap harinya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: