Hati-hati Malware Valentine di Facebook

Hati-hati Malware Valentine di Facebook — Malware terus berkeliaran mencari mangsa di Facebook. Kali ini beredar Malware dengan nama “Malware Valentine”, sebagai install theme gratis di facebook. Malware ini menjebak para pengguna Facebook. Bagaimanakah dan seperti apakah cara kerja Malware Valentine di Facebook ini?

Kegiatan clickjacking yang memanfaatkan laman social media di Facebook sudah menjalankan aksinya. Baru-baru ini, Trend Micro, menemukan dan mengidentifikasi malware valentine yang mengincar pengguna Facebook di seluruh dunia.

Serangan itu dimulai dengan ditemukannya sebuah posting di wall pengguna dan orang lain, yang berisi ajakan untuk meng-klik dan meng-instal theme gratis bagi tampilan Facebook pribadi dengan nuansa khas Valentine.

Trend Micro mendeteksi installer tersebut sebagai TROJ_FOOKBACE.A, dan ketika dieksekusi maka TROJ_FOOKBACE.A akan mengeksekusi sebuah script yang menampilkan iklan dari situs-situs tertentu.

Bagi pengguna yang meng-klik dan meng-instal melalui browser Google Chrome dan Mozilla Firefox, malware dengan sendirinya akan mengarahkan pada instalasi Facebook Environment/Facebook.com yang muncul di tab kanan atas halaman Facebook pengguna.

Selanjutnya dengan terinstal apikasi ini, maka akan memantau kegiatan pengguna sekaligus mengarahkannya pada sebuah halaman survei, yang meminta Anda memasukkan nomor ponsel. Bagi yang menggunakan browser Internet Explorer, tanpa harus mengintal Facebook Environment, Anda akan langsung diarahkan pada halaman survei.

Dari pantauan Trend Micro terhadap aktifitas browser, TROJ_FOOBACE.A  sampai saat ini tidak terjadi teknik pencurian data.  Tapi, Trend Micro, tetap memberikan peringatan agar pengguna tetap berhati-hati terhadap jebakan theme gratis bernuansa Valentine ini.

(sumber: http://www.tribunnews.com/2012/02/02/awas-ada-malware-valentine-di-theme-gratis-di-facebook)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: