Gunakan 10 Produk Google Ini Untuk Blogging

Bagaimana cara optimasi blog saat blogging dengan memanfaatkan fasilitas berbagai macam produk Google yang tersedia? “Learning by doing” adalah pepatah yang paling sering disarankan bagi anda yang ingin mulai belajar membuat blog. Membuat blog dapat dimulai kapan saja, dan dapat dicoba secara gratis, cukup mudah bukan? Setelah anda berhasil membuat sebuah blog, maka pertanyaan selanjutnya yang sering diajukan adalah bagaimana cara bisnis online di blog, agar blog saya bisa menghasilkan uang?

produk google untuk blogging
Screenshot by Fika | Infodari.com

Sebenarnya, menghasilkan uang melalui blog itu dapat dipelajari kemudian. Sebelum itu, ada fase penting yang harus dilewati blogger pemula yaitu tentang bagaimana cara membuat blog itu berkualitas, sehingga menyebabkan blog kita bisa disukai dan kemudian akan banyak pula dikunjungi para internet surfer atau bagi siapapun yang browsing di internet, bukan hanya dengan melakukan promosi blog saja.

Begitu besarnya persaingan antar blog / situs di dunia internet, maka mesin pencari atau search engine kebanjiran alamat URL, atau kebanjiran data berbagai informasi online yang berasal dari berjuta-juta blog setiap harinya. Setiap blog akan saling bersaing untuk mendapatkan posisi di halaman pertama, saat para pencari informasi di search engine mencari sebuah kata atau kalimat. Setiap blogger juga saling berlomba untuk membuat blog dengan berbagai teknik SEO (search engine optimization), baik dengan whitehat seo, maupun dengan blackhat seo. Dalam menghadapi persaingan itu, telah tersedia berbagai tool dari pihak developer tertentu, atau dari pihak search engine secara khusus, untuk melengkapi usaha optimasi blog.

Search engine seperti google, yahoo, lycos, juga telah menyediakan berbagai tools atau produk yang mendukung dan memfasilitasi pekerjaan para penulis dan blogger. Selain search engine-nya sendiri, YouTube, dan fasilitas email, beberapa produk lainnya juga disediakan juga dapat diperoleh secara gratis, namun ada pula yang berbayar.

Bagi anda yang baru saja memulai blogging, sebaiknya anda kenali beberapa produk layanan google pendukung aktivitas blogging anda, untuk optimasi blog yang anda buat. Satu akun gmail yang anda buat, dapat digunakan untuk mengakses semua produk google yang disediakan. Meski anda menggunakan platform blogging lainnya seperti wordpress, tumblr, ataupun yang lainnya, anda tetap dapat memanfaatkan produk google yang tersedia. Apa saja produk google tersebut? Berikut ulasannya.

Produk Google untuk Blogging yang Umum Digunakan Blogger

1. Blogger

Google memiliki produk Blogger yang dapat diakses melalui alamat url blogger.com atau blogspot.com. Disinilah anda dapat membuat sebuah blog baru secara gratis. Alamat blog anda akan terlihat contohnya seperti ini:

http://namablogbaru.blogspot.com

2. Google Trends

URL: www.google.com/trends/‎

Google trends merupakan produk google yang biasa digunakan para blogger untuk melakukan riset terhadap topik berita yang sedang hangat saat ini. Berita-berita tersebut dapat dicari berdasarkan banyak kategori, seperti kawasan pencarian, jenis berita, rentang waktu, dan yang lainnya.

3. Google Adsense

URL: www.google.com/adsense

Google Adsense merupakan produk google yang menyediakan wadah bagi para advertiser maupun publisher melakukan internet marketing. Bagi para blogger, google adsense merupakan incaran sebagai salah satu produk google yang digunakan untuk mencari penghasilan online melalui kegiatan blogging mereka dengan program Pay Per Click (PPC). Mereka juga membuat syarat dan ketentuan yang berlaku, untuk dapat mengikuti produk tersebut, termasuk umur blog yang akan didaftarkan menjadi publisher. Belakangan ini, aturan permainannya pun terdengar semakin ketat.

4. Google Adwords

URL: www.adwords.google.com

Google adwords disediakan google untuk advertiser dan publisher untuk menganalisis berbagai data statistik yang diperlukan dari google secara keseluruhan. Anda dapat melihat daftar secara rinci berdasarkan kategori tertentu, estimasi pengunjung, estimasi biaya / pendapatan, serta rincian lengkap lainnya. Disini tersedia fasilitas lengkap seperti keyword planner (pengganti google keyword tool versi sebelumnya), Ad Preview and Diagnosis, Display Planner, dan Google Merchant Center. Produk google lainnya dapat saling dihubungkan dengan google adwords ini.

5. Google Public DNS

URL: https://developers.google.com/speed/public-dns/‎ 

Google Public DNS adalah produk layanan DNS (Domain Name System) gratis dari google, sebagai bagian dari usaha Google untuk membuat penggunaan atau pengaksesan World Wide Web dapat lebih cepat.

6. Google Webmaster Tool

URL: www.google.com/webmasters/tools/‎

Google Webmastertool adalah produk google tools yang juga sangat banyak dimanfaatkan oleh blogger dan webmaster. Produk ini menyediakan berbagai macam tool yang diperlukan dan digunakan untuk menganalisa situs atau website. Statistik webiste yang didapatkan dapat berupa laporan daftar trafik, backlink, kesehatan situs, kata kunci, laporan link rusak / broken link, dalam rentang waktu yang dapat disesuaikan. Untuk blogger, biasanya produk ini merupakan salah satu produk google yang wajib digunakan. Google webmaster dapat dihubungkan langsung dengan google analytics maupun google ads.

7. Google Analytics

URL: www.google.com/analytics/‎

Produk penting dari Google untuk blogger berikutnya adalah Google Analytics. Produk ini sebenarnya tidak jauh berbeda fungsi globalnya, yaitu sama-sama membuat laporan data statistik situs atau blog. Namun laporan yang dihasilkan disini murni melaporkan data statistik yang sebenarnya. Jika anda membutuhkan tools seperti misalnya pengecekan link rusak, pembuatan robots.txt, mendaftarkan sitemap / daftar isi blog, maka anda harus menggunakan google webmaster tool.

8. FeedBurner

URL: www.feedburner.google.com/

Pemilik blog dapat memanfaatkan produk google yang dinamakan Google FeedBurner ini untuk mengorganisir RSS Feed dan memberikan laporan subscriber blog. Pemilik blog juga dapat mengetahui dari mana atau program apa yang mereka gunakan untuk subscribe ke blog mereka.

9. Google Blog Search

URL: www.google.com/blogsearch

Produk Google Blog Search dikhususkan untuk pencarian blog. Para blogger dapat melihat nama-nama blog lainnya yang sejenis atau relevan topiknya dengan blog yang mereka mliki.

10. Google Plus (G+) dan Google Friend Connect

URL: https://plus.google.com/‎

URL: www.google.com/friendconnect/home/overview‎

Kedua produk google; G+ dan Google Friend Connect merupakan produk google yang digunakan untuk membangun sebuah network bagi para blogger. Google + bekerja seperti layaknya Facebook atau twitter, yang memungkinkan penggunanya untuk dapat saling berbagi atau sharing berbagai hal. Sedangkan Google Friend Connect merupakan tools pembuatan snippet, yang memudahkan para blogger untuk menambahkan fitur sosial di blognya seperti registrasi, inviting, koneksi ke komunitas, menulis komentar, mengirim pesan dan yang lainnya. Fasilitas ini paling sering digunakan blogger untuk membangun sebuah komunitas baik antara sesama blogger maupun dengan pengunjung blog.

Itulah 10 Produk Google yang umumnya digunakan saat blogging. Google juga menyediakan puluhan produk lainnya untuk berbagai macam kepentingan bisnis. Adapula beberapa produk google yang mereka hentikan, namun mereka gantikan dengan produk pengganti yang lebih baru dan inovatif. Dari waktu ke waktu, Google terus membuat berbagai macam produk yang memudahkan masyarakat dunia dalam memenuhi kebutuhan di berbagai kajian bidang ilmu untuk terus berkembang. Produk google secara lengkap beserta detailnya dapat anda lihat di List of Google Products, wikipedia.org Semoga bermanfaat!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: