Free Broken Link Checker untuk Website

Sebuah website, situs atau blog dapat memanfaatkan free broken link checker untuk mengecek semua link yang terkait di dalamnya. ada yang rusak atau tidak. Broken link atau link rusak sering terjadi hampir di semua blog atau situs. Baik itu kerusakan link internal maupun eksternal. Jika terlalu banyak terdapat broken link dalam sebuah situs, tentu akan mempengaruhi kesehatan situs, termasuk kesehatan SEO (Search Engine Optimatization).

periksa link rusak dengan broken link checker
Image courtesy by jscreationzs | freedigitalphotos.net

Apa Kemungkinan Penyebab Broken Link Terjadi?

Kerusakan link atau broken link ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya saja, jika anda memiliki keterkaitan satu posting ke posting lainnya, sementara itu anda menghapus salah satu posting, maka link yang berada di posting lainnya akan menunjukkan ketidaktersediaannya link yang dituju. Atau jika anda pernah mengaitkan link ke blog lain, sementara posting atau blog yang dikaitkan tersebut sudah tidak aktif. Atau bisa juga karena anda pernah melakukan restukturisasi situs anda namun anda merubah settingan permalink yang berbeda dari sebelumnya. Atau anda juga merubah post slug dari postingan-postingan anda.

Kenapa Broken Link Harus Diperbaiki?

Terlalu banyak broken link di dalam situs atau blog tentu akan membuat pengunjung tidak nyaman. Pengunjung akan merasa tidak betah dan kemungkinan besar akan mencari alternatif blog atau situs lain.

Banyak juga pakar SEO yang menyebutkan, bahwa memperbaiki broken link, image yang hilang, dan 404 error page, akan meningkatkan ranking situs anda di mata search engine. Namun sebagian orang juga beranggapan, bahwa error 404 yang disebabkan oleh broken link juga tidak ada kaitannya dengan ranking sebuah website.

“Generally, 404 errors don’t impact your site’s ranking in Google, and you can safely ignore them. Typically, they are caused by typos, misconfigurations (for example, for links that are automatically generated by a content management system) or by Google’s increased efforts to recognize and crawl links in embedded content such as JavaScript.” – Google

Namun demikian mereka tetap setuju bahwa masalah broken link harus tetap diperbaiki. Berikut kutipan dari Google:

“If the links are coming from your own site, fix or delete them. If they’re coming from an external site, you can use this data to help improve your site’s user experience. For example, a misspelling of a legitimate URL (www.example.com/awsome instead of www.example.com/awesome) probably happens when someone intended to link to you and simply made a typo. Instead of returning a 404, you could 301 redirect the misspelled URL to the correct URL and capture the intended traffic from that link. You can also make sure that, when users do land on a 404 page on your site, you help them find what they were looking for rather than just saying “404 Not found.” However, this is only worth the effort if the incorrect link is generating significant traffic.” – Google

Beberapa situs atau software dapat membantu anda menemukan broken link yang ada di situs anda. Secara garis besar, beberapa broken link checker tools ini akan memberitahukan:

– link antara artikel satu dengan yang lain rusak
– halaman yang ada dalam situs anda sudah tidak lagi ada.

Bagaimana Cara Cek Website Memiliki Broken Link

Berikut ini beberapa situs atau software yang dapat membantu anda melakukan cek broken link dalam situs atau blog anda:

Free Broken Link Checker Tool

Google Webmaster Tools

Anda dapat menemukan daftar broken link yang dalam situs yang sudah anda daftarkan ke Google Webmaster sebelumnya, di bagian Crawl Error page pada menu di dalam tools-nya.

Anda dapat menganalisa error yang terjadi secara detail, dari mana asal error tersebut, dan terkait dengan halaman mana error tersebut, kapan terjadinya, dan sebagainya.

W3C Link Checker

World Wide Web Consortium (W3C) memiliki tools pengecek broken link. Di situs ini anda tidak perlu mendaftarkan blog anda terlebih dahulu. Anda dapat langsung memasukkan url situs anda langsung ke dalam toolsnya, dan akan segera mendapatkan reportnya.

Broken Link Checker (WordPress Plugin)

Bagi anda yang mengelola situs dengan menggunakan WordPress, anda dapat memanfaatkan sebuah plugin yang dinamakan Broken Link Checker. Plugin ini akan mengecek database situs anda secara keseluruhan, dan secara real time akan bekerja mememonitor broken link yang terjadi dalam situs anda.

Dalam laporan yang ditampilkan, anda dapat melihat secara detail status error, sumber, tujuan, serta dimana broken tersebut berada. Anda dapat langsung memperbaiki broken link tersebut dengan beberapa cara, yaitu dengan melakukan unlink, menandai bukan broken link, atau rescan (scan kembali).

Link Checker

Cara lain mengecek broken link adalah dengan menggunakan Link Checker, sebuah situs script validator yang dapat digunakan secara gratis untuk Windows, Mac, dan Linux. Pemeriksaan yang dilakukan nanti akan mendapatkan report yang nantinya dapat dikemas dalam beberapa format seperti normal text, HTML, SQL, CSV ataupun XML.

Xenu’s Link Sleuth

Xenu’s Llink Sleuth ini merupakan script Windows untuk memeriksa link, image, stylesheet dan script. Setelah anda melakukan proses scanning, maka anda akan mendapatkan laporan URL, page size, page titile, dan tanggal terakhir di update, outgoing link, dan incoming link, serta mengecek redirected URLs.

Link Vallet

Link Vallet ini merupakan sebuah service pengecek broken link dengan membaca http response code dari setiap link yang ada dalam situs anda. Dalam reportnya, akan terdapat beberapa warna berbeda yang menunjukkan status error yang berbeda-beda.

Online Broken Link Check

Cara cek website dari broken link berikutnya adalah dengan menggunkan Online Broken Lick Checker. Tools ini dapat digunakan secara gratis secara online, dan memberikan laporan hyperlink yang sudah rusak atau mati, dan juga akan melaporkan dimana letaknya link tersebut. Dimana tepatnya link rusak tersebut terdapat dalam HTML code dalam situs anda.

Sedangkan untuk broken link checker tools yang berbayar, diantaranya adalah Screaming Frog SEO Spider Tool, PowerMapper Broken Link Checker, dan masih banyak lagi.

Cara Memperbaiki Broken Link dalam Website

Ketika anda mendapati deretan broken link yang ada dalam situs, lalu apa yang harus dilakukan? Segeralah perbaiki atau cari solusi yang lebih baik. Berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki broken link:

– Perbaikan Link yang rusak

Jika anda mengaitkan situs anda ke situs lain dengan penulisan yang salah, segera edit URL tersebut, ganti dengan URL yang benar.

– Menggantikan Link yang rusak

Jika anda misalnya saja pernah membuat suatu posting yang kemudian dihapus, sementara link tersebut dikaitkan dengan artikel lain, maka segeralah ganti link terkait tersebut dan arahkan ke artikel yang menuju ke topik yang sama atau satu tema. Sehingga pengunjung anda akan lebih merasakan manfaat yang lebih baik ketimbang hanya mendapatkan halaman error 404.

– Unlink Link yang rusak

Jika link yang terkait sudah tidak ada, atau tidak lagi relevan, maka sebaiknya anda menghilangkan keterkaitan link tersebut (unlink).

– Redirect Link

Anda dapat melakukan redirect link pada setiap broken link yang ada ke halaman, situs atau artikel yang berkaitan dengan posting dimana terdapatnya broken link berada.

– Edit halaman Error 404

Agar visitor bisa mendapatkan pilihan yang bermanfaat saat mendapati artikel atau gambar yang dicarinya ternyata tidak ada, cobalah untuk menghadirkan alternatif pilihan kepada pengunjung anda pada halaman error 404 tersebut. Misalnya saja anda dapat menyertakan beberapa list atau daftar artikel terkait, popular post, recent post, daftar kategori atau kotak pencarian dalam halaman error 404 situs anda.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: