fikathiana April 12, 2017 @ 3:02AM

Pemilik situs atau blog tentu mengharapkan kecepatan kerja situsnya optimal. Situs dengan kecepatan yang baik, tentu akan diminati oleh para pembaca atau pengguna situs tersebut. Setelah ada Peluncuran Empat Inovasi Google Terbaru, kini ada Fitur Google yang dapat Tingkatkan Kecepatan Kerja Situs. Ini dia, tool page speed online.

Proyek dari Google Labs berhasil membuat tool Page Speed Online untuk menganalisis kecepatan kerja situs dan memperbaiki kinerjanya.

Untuk menggunakan alat analisis kecepatan situs ini, Anda dapat mengunjungi situs Google atau langsung ke http://pagespeed.googlelabs.com. Pada halaman utama situs itu Anda akan diminta memasukkan sebuah alamat situs kemudian klik untuk mengalisis kinerjanya.

Sesaat kemudian akan muncul hasil analisa dengan rentang nilai 1 sampai 100. Semakin besar nilainya, artinya kecepatan kinerja situs tersebut semakin baik.

Apabila kinerja situs tersebut lambat, Google akan memberikan saran untuk meningkatkan kinerjanya melalui empat tiga pilihan, yakni high, medium, dan low priority.



Dalam keterangannya, Google menyatakan untuk menggunakan layanan tersebut pengguna dapat menggunakan tipe mesin browser apapun. “Page Speed Online terbuka untuk membantu developer mengoptimalkan halaman web mereka,” tulis Google.

Apa kentungan terbesar yang anda dapatkan dengan memanfaatkan fitur Pagespeed Googlelabs ini?

Blog atau situs yang memiliki kecepatan loading baik, tentu akan lebih disukai pembaca, termasuk oleh Google sendiri. Pengaruhnya terhadap SEO (Search Engine Optimization) juga sangat bagus. Kinerja situs yang baik, tentu akan meningkatkan ranking situs anda dalam mesin pencarian. Apalagi saat ini di era serba teknologi dan gadget, semakin banyak masyarakat dunia yang melakukan aktivitas baik itu pekerjaan, bisnis maupun having fun di dunia maya. Hampir setiap orang lebih banyak mencari informasi tertulis di internet untuk menjawab berbagai pertanyaan tentang persoalan atau tanda tanya lainnya.  Jadi, kecepatan kerja situs saat loading menjadi sarat mutlak bagi anda yang menginginkan blog atau situs anda banyak dikunjungi.