Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Jan 8, 2013 in Dunia, Unik | 0 comments

Fantastis! Ikan Tuna Dijual Seharga 17 Miliar!

Sebuah lelang yang menandai perayaan tahun baru di Pasar Tsukuji, Tokyo pada hari Sabtu (5/1) lalu telah berhasil menjual ikan tuna sirip biru seharga 155 juta yen atau sekitar Rp 17 Miliar. Penawaran kali ini cukup tinggi dari tahun-tahun sebelumnya, bahkan mencapai 3x lipat. Lalu apa spesialnya ikan tuna sirip biru ini, hingga membuat orang berani membeli ikan ini dengan harga yang fantastis?

 

Ikan tuna sirip biru ini cukup langka. Ikan tuna ini ditangkat di perairan timur Jepang. Ikan Tuna ini jauh lebih mahal dari ikan Salmon,yang tergolong sebagai ikan mahal juga. Daging ini menjadi idola oleh masyarakat Jepang. Ikan Tuna Sirip Biru ini memiliki tekstur daging yang sangat lembut dan berwarna merah muda. Dagingnya sangat bagus untuk dibuat sushi dan sashimi. Jepang merupakan salah satu negara pengonsumi ikan tuna sirip biru lebih dari separuh ikan yang ada diseluruh dunia, yaitu sekitar 80 persen stok ikan yang ada. Bahkan banyak negara-negara lain yang mendapatkan hasil tangkapan global ikan tuna sirip biru , sengaja dikirim dan dijual ke Jepang.

Kiyoshi Kimura, seorang pemilik jaringan restoran sushi ternama di Jepang memenangkan lelang ikan tuna sirip biru ini. Ia membayar dengan harga tertinggi dalam pelelangan tersebut. Berat ikan yang dimenangkannya kali ini berkisar 222 kilogram, lebih ringan 47 kilogram dari ikan tuna yang dimenangkan di tahun lalu. Harga tahun lalu mencapai 56 juta yen atau sekitara Rp 6,2 miliar, dimenangkan oleh pengusaha Hong Kong, Ricky Cheng, yang juga dikenal sebagai pemilik jaringan restoran makanan Jepang di Tokyo dan Hong Kong.

 

Kimura menjelaskan bahwa ia ingin membesarkan hari rakyat Jepang dan membantu bangsa Jepang pulih dari bencana gempa bumi dan tsunami dahsyat tahun sebelumnya. Ia pun mengatakan bahwa ia tak ingin tuna raksasa ini sampai dibawa keluar Jepang.

Pasar ini memang menjadi pusat perdagangan jutaan dolar setiap harinya, dan dijadikan salah satu tujuan wisata Jepang yang dapat menghasilkan omset jutaan dolar per hari. Ikan tuna sirip biru saat ini dijual dipasaran dengan harga sekitar 700 ribu yen, atau setara dengan Rp 77 juta. O’toro merupakan istilah yang digunakan untuk sebuah irisan terbaik tuna sirip biru berlemak. Di bar sushi Tokyo, sepotong sajian masakan jepang o’toro dijual seharga 2.000 yen, atau sekitar Rp 221 ribu, cukup fantastis bukan harganya?

Ikan tuna sirip biru di tahun ini menyandang gelar ikan tuna sirip biru termahal. Meski tidak mencerminkan kualitas atau ukuran, namun ikan ini lebih berkaitan dengan publisitas serta pengaturan tahun bisnis di Jepang. Kita tunggu di tahun berikutnya, akan terjual seharga berapakan penangkapan ikan tuna sirip biru ini di pelelangan berikutnya di Jepang.

Dapatkan Artikel-artikel Menarik Infodari.com ke Inbox-mu!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− five = 2

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>