Edit Musik dengan Aplikasi Audio Editor Gratis

Aplikasi atau software audio dibutuhkan untuk mengedit suara atau audio, terutama untuk file audio digital. Dengan menggunakan bantuan aplikasi audio editor, file audio dapat dipenggal, disalin, disisipkan, dihapus, dihaluskan, dipadukan dengan penggalan audio lainnya, juga untuk melakukan mixing sound atau suara.

Pengeditan audio yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi khusus audio editing biasanya akan lebih detail, misalnya disesuaikan dengan frekuensi, menghilangkan noise, dan penambahan berbagai macam efek audio.

10 aplikasi audio editor gratis
Image courtesy by Feelart | freedigitalphotos.net

Hasil proses pengeditan dapat disimpan dalam bentuk file seperti MP3, WMA, AAC, OGG, dan jenis file audio lainnya. Dengan kemampuan inilah, maka aplikasi audio juga dapat digunakan untuk meng-convert sebuah file ke dalam bentuk jenis file lainnya sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini ada beberapa aplikasi gratis yang dapat membantu pekerjaan anda mengolah file audio yang anda miliki.

10 Aplikasi Gratis Audio Editor

1. Audacity

Audacity merupakan sebuah aplikasi utility untuk mengedit audio yang berupa open source. Tool set yang dimilikinya sangat baik, kompatibel dengan berbagai platform seperti Windows, Mac, dan Linux/Unix). Aplikasi ini dapat digunakan untuk merekam live audio, dan mengkonversi audio analog seperti misalnya rekaman kaset menjadi file MP3. Audacity tool ini juga kompatibel dengan MP3, WAV, AIFF dan OGG.

2. Wavosaur

Perekam pada wavosaur tidak perlu di-install, dan dapat digunakan pada platform Windows 98, XP, dan Windows 7. Tersedia berbagai macam pilihan efek, dan dapat mengolah file audio MP3, WAV, OGG, AIF, AIFF, Wav-Pack, au / snd, biner mentah, Amiga 8SVX dan 16 SVX, ADCPM Dialogic vox, dan S1000 Akai. Wavosaur ini juga sudah kompatibel dengan plugin VST.

3. QTractor

QTractor banyak dimanfaatkan untuk penggunaan pribadi. Program sederhana ini merupakan sebuah aplikasi sequencer multi track Audio / MIDI menggunakan bahasa C++ dengan kerangka QT4. Infrastruktur utama sebagai dasar fitur desktop Linux Audio dengan GUI Workstation ini ditargetkan bagi mereka yang menggunakan platform Linux, dengan memanfaatkan Jack Audio Connection Kit (JACK) untuk audio, dan Advanced Linux Sound Architecture (ALSA) untuk MIDI.

4. Power Sound Editor Free

Aplikasi audio editing gratis lainnya adalah Power Sound Editor Free. Tool ini memiliki banyak fungsi di dalamnya. Anda dapat mengolah berbagai macam file audio yang berbeda dan dapat memanfaatkan berbagai efek menarik didalamnya. Jika anda merasa terganggu adanya noise pada file audio anda, maka aplikasi ini dapat membantu anda untuk menghilangkan suara desis, suara napas, dan membersihkan rekaman suara anda dari suara pengganggu lainnya. Sayangnya, dalam versi gratis, tidak semua fitur aktif dan belum dapat digunakan. Jika anda memiliki versi berbayarnya atau versi deluxe, maka anda dapat menggunakan semua fitur yang ada.

5. WavePad Sound Editor

Program audio editing berikutnya adalah WavePad Sound Editor. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur menarik, dan dapat mengolah berbagai macam file audio. Dapat pula diintegrasikan dengan VST Plugin. Penghapusan efek noise, penambahan echo, dan efek lainya sudah tersedia. Di dalam utilitinya, anda dapat langsung melakukan CD Burning untuk segera membackup kerja anda ke dalam bentuk CD.

6. Rosegarden

Rosegarden merupakan aplikasi gratis yang dapat bekerja dengan baik dengan sequencer MIDI, skor Editor, dan untuk membuat komposisi musik umum. Aplikasinya cukup mudah digunakan dan berjalan pada platform Linux. Kalangan siswa musik, studio kecil hingga ke musisi dan komposer dan memanfaatkan aplikasi ini.

7. Expstudio Audio Editor

Aplikasi Expstudio Audio Editor ini dapat mengedit file audio anda dengan baik. Pengoperasiannya dapat dilengkapi dengan gambar gelombang audio. Anda dapat melakukan editing, pemberian efek, mengkonversi file, dan berbagai pengolahan audio penting lainnya.

8. Ardour

Aplikasi yang dapat anda gunakan untuk merekam, mengedit dan sekaligus memadukan audio multitrack lainnya adalah dengan aplikasi Ardour. Jika ingin memadukan file anda dengan video sebagai soundtrack-nya, maka anda dapat membuatnya dengan aplikasi ini. Kelebihan lainnya adalah dapat merekam multichannel, editing non-destruktif dengan unlimited atau undo/redo tanpa batas, dukungan penuh otomatisasi, mixer, unlimited track/bus/plugin, sinkronisasi timecode, dan mengontrol hardware seperti menggunakan Mackie Control Universal.

9. DJ Audio Editor

Aplikasi DJ audio editor ini juga merupakan aplikasi yang simple dan cukup mudah digunakan untuk mengedit file audio anda. Gambaran frekuensi suara cukup jelas dan dapat ditambilkan dalam bentuk grafik. Namun sayangnya, aplikasi ini hanya mendukung file MP3 saja, dan memiliki fungsi yang cukup terbatas. Tools ini dapat membantu anda menciptakan ringtone atau nada dering MP3.

10. Ecawave

Aplikasi audio editing yang diberi nama Ecawave ini cukup sederhana dan simple, namun memiliki kemampuan untuk mengolah hampir semua format file audio, lebih dari 30 jenis efek, LADSPA plugin dan preset efek multi-operator. Tools ini pun ringan digunakan, karena memang dirancang untuk mengedit file-file audio besar, dan berbagai fungsi audionya diambil langsung dari Libraries Ecasound. Tampilan caching gelombangnya pun cukup sederhan sehingga membuat aplikasi ini bekerja semakin ringan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: