Diakah Cinta Yang Sejati untuk Anda?

Diakah Cinta Yang Sejati untuk Anda? – Apa sih arti cinta sejati? “Kamu adalah cinta sejatiku…”, kata-kata itu sering diucapkan oleh pasangan yang sedang dimabuk asmara. Terdengar berlebihan? Mungkin bagi sebagian orang mengatakan iya, tapi sebagian orang mengatakan tidak. Berbagai pendapat berbeda-beda mengartikan apa itu cinta sejati. Sebenarnya, apa saja sih yang menjadi ciri bahwa dia adalah cinta sejati anda? Sudahkah anda mencari cinta sejati anda? Sudahkan anda menemukan cinta sejati anda? Diakah cinta sejati untuk anda? Coba deh kita lihat seputar tentang cinta yang sejati.

Cinta sejati adalah sebuah aspirasi, atau hasrat untuk mencintai dan dicintai dari seseorang yang mencintai anda. Semakin anda dekat dengan pasangan anda, semakin banyak anda menghabiskan waktu bersama anda, anda pun akan semakin tau banyak kebaikan serta keburukan dirinya. Jika cinta kekasihmu memang benar-benar nyata, maka terkadang ia rela dan mampu merubah dirinya sendiri, tetapi bukan untuk menjadikan dirinya menjadi pribadi yang lain. Hal itu akan ia akukan demi terciptanya kecocokan antara anda berdua. Hal itu dilakukan untuk membuat keselarasan hubungan anda.

Beberapa sikap yang bisa menjadi ciri bahwa dia adalah cinta yang sejati anda bisa dikenali dalam perjalanan hubungan anda dengan pasangan atau kekasih anda.

1. Pasanganmu bisa menerima dirimu apa adanya.
Dengan segala kelebihan dan kekurangan serta keterbatasan, pasanganmu dapat memaklumi dan mengerti benar. Dengan begitu ia tau bagaimana menyikapi kelebihan, kekurangan dan keterbatasan anda dengan berbesar hati. Tampan, cantik, jelek, kaya, miskin, pandai, kurang pandai, adalah bukan hal yang bisa jadi ukuran cinta dalam hubungan anda. Inilah yang diperlukan dari cinta sejati anda.

2. Mau untuk saling bergeser dan memperbaiki diri.
Pasangan anda punya keinginan untuk merubah dirinya dan anda ke hal yang lebih baik. Baik untuk perbaikan diri sendiri atau pun perbaikan hubungan antara anda berdua. Setiap pasangan tentu punya perbedaan dan persamaan. Disinilah keduanya harus mampu untuk saling menggeser sikap masing-masing yang dirasa perlu diperbaiki demi tujuan yang baik. Pasangan anda tidak mengungkit-ungkit hal hal masa lalu anda, apalagi jika dijadikan suatu kekurangan yang menjadi sumber pertengkaran.

3. Mau berkomunikasi dan berdiskusi.
Perbedaan pendapat atau visi dan misi itu wajar antar pasangan. Terkadang memadukan dua pribadi itu terasa sangat sulit saat masing-masing punya visi dan misi yang berbeda. Namun selama visi dan misi itu dapat dibicarakan, dan ditemukan kejelasan antar visi dan misi masing-masing, maka diharapkan dapat ditemukan keselarasan dalam menjalankan visi dan misi yang berbeda diantara keduanya.

4. Mampu jujur dan dewasa.
Tak semua kejujuran membuat senang. Ada yang mengatakan bahwa kejujuran itu terkadang menyakitkan. Saya rasa itu benar. Tapi apapun konsekuensinya, anda dan pasangan harus bisa saling menerima kejujuran sebagai salah satu alat komunikasi dan sikap yang baik. Meski terkadang ada Hal yang Tak Boleh Diceritakan pada Kekasih menurut orang. Anda dan pasangan mampu menyikapi kejujuran dengan kedewasaan dan tangan terbuka adalah kunci kesuksesan dalam hubungan anda.

5. Pasanganmu mengenal lebih dalam siapa diri anda.
” If I know what love is, it is because of you – Herman Hesse”.
Pepatah ini mengatakan bahwa jika anda tahu apa itu cinta, itu karena pasangan anda. Artinya, anda akan tahu apa itu cinta, karena sikap dan perilaku pasangan anda kepada andalah yang bisa mengartikan cinta sebenarnya untuk anda. Pasanganmu bisa mengerti diri anda karena ia tahu siapa diri anda, dan bagaimana pasangan anda bisa memperlakukan diri anda dengan cintanya. Anda pun tidak akan saling menyakiti diantara keduanya.

6. Memberikan kepercayaan tanpa mengikat yang berlebihan.
Sikap posesif yang berlebihan membuat rancu tentang apa itu cinta sejati. Cinta sejati bukan berarti harus memiliki anda dengan mengikat diri anda dengan kencang. Tapi cinta senjati adalah dimana pasangan anda dapat memberikan kepercayaan tanpa mengikat yang berlebihan kepada diri anda selama membina hubungan cinta dengan anda. Pasangan anda tau seberapa dalam cinta anda dan cinta dirinya, hingga ia harus punya tangan terbuka untuk saling memberikan kepercayaan untuk kemajuan bersama.

7. Mampu menyikapi perbedaan apapun.
Perbedaan pendapat saat bertengkar itu juga adalah hal yang wajar. Tetapi pasangan anda tahu saat-saat dimana ia harus mengalah, atau meredam kemarahan anda maupun meredam kemarahan dirinya, itulah yang menjadi salah satu ciri cinta sejati. Begitu pula dengan anda terhadap pasangan anda. Mengalah bukanlah hal buruk atau hal yang membuat kekalahan. Tapi pasangan anda bisa mencari solusi dan penyesuaian kapan dan seperti apa menghadapi anda, agar masalah atau perbedaan diantara keduanya bisa terselesaikan. Akan lebih baik lagi jika anda mampu saling mengikatkan jika menyadari adanya sebuah perilaku yang tidak sesuai, marah adalah bukan solusi terbaik dalam menyikapi kesalahan atau kekeliriuan, atau kekhilafan antara keduanya.

8. Pasangan anda bisa menjadi siapa saja.
Cinta sejati itu adalah saat pasangan anda bisa bersikap sebagai teman, orang tua, pendamping, sahabat, dalam berbagai situasi. Ia tau kapan harus bersikap sebagai teman, ia tahu kapan harus bersikap sebagai sahabat untuk anda, ia tahu kapan harus bersikap sebagai suami atau istri, atau pacar, sehingga kita bisa mengungkapkan dan curhat apapun yang ada di hati kita, tanpa merasa takut, dan menjadikan diri kita nyaman dan tenang untuk saling berkomunikasi ataupun berkeluh kesah kepada pasangan. Maka ia pun dapat mengusir rasa kesepian anda.

9. Pasangan anda mau berbagi.
Pasangan anda tidak keberatan untuk saling berbagi dalam banyak hal, baik secara mental atau spiritual. Tapi bukan dalam hal berbagi cinta atau selingkuh lho ya! Hehehe…

10. Mampu menjadi seseorang yang membahagiakan, memberi semangat, dan memberi rasa aman, tanpa pamrih.
Cinta sejati akan terasa jika ia mampu menjadi penyemangat dan pemberi motivasi untuk diri anda, bukan menjadi hal yang menakut-nakuti diri anda untuk bersikap, berkarir, dan dalam hal apapun. Hal itu semata-mata pasanganmu lakukan demi kebaikan anda berdua, tanpa alasan yang lainnya. Ia bisa mengatasi rasa takut dan kekhawatiran yang bisa saja terjadi kapan saja pada diri anda dan pasangan.

“Cinta sejati ialah kerelaan memberi, tanpa ingin dibalas
Cinta sejati itu berkorban, tanpa mengharap imbalan
Cinta sejati adalah menjaga, agar yang dicintai tetap dalam kebaikan
Cinta sejati itu tekad melindungi, menjaga, mengasihi, memberi, berkorban
Meski jiwa, maupun nyawa
Demi kemuliaannya ”
(kutipan dari [Herwening, Jan ’08])

Jadi, apakah “Dia” adalah cinta sejati anda? Apakah dia adalah cinta yang akan menemani anda hingga akhir menutup mata? Anda bisa membina hubungan cinta dengan pasangan anda ke arah yang lebih baik dengan seseorang yang menjadi cinta sejati anda. Cobalah membaca kata-kata bijak tentang kehidupan.

Hanya anda yang bisa menjawabnya. Bukan tidak mungkin anda juga punya kriteria lain untuk mengartikan cinta yang sejati apa bagi diri anda. Anda boleh menambahkan di kolom komentar di bawah ini, untuk menambahkan apa sebenarnya arti dan maksud cinta sejati bagi diri anda.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: