China Blokir Akses Pengguna Gmail

Berita terkini tentang akses Google datang dari China yang blokir akses pengguna Gmail. Dikabarkan bahwa kini layanan Gmail di China bermasalah. Ada apa sebenarnya hingga China blokir akses pengguna Gmail?

Google menyatakan jika pemerintah China berusaha mengendalikan akses layanan Gmail dan membuat sejumlah pengguna kesulitan mengakses program tersebut. Tindakan ini diduga karena terkait aksi huru-hara di Timur Tengah.

Dilansir AP, Senin (21/3/2011), seperti yang dikatakan pihak Google Inc dalam pernyataan singkatnya, para ahli di Google sudah mencoba mencari tahu dan menyatakan tak ada masalah teknis di layanan itu atau di situs utama.

“Tak ada masalah teknis dan kami sudah melakukan pengecekan secara intensif. Ini adalah upaya pemblokiran yang disengaja dan sepertinya menunjukkan masalah ini ada di Gmail,” demikian isi pernyataan dari pihak Google Inc.

China memang dikenal sangat mengontrol internet dan memblokir sejumlah situs populer seperti YouTube, Facebook, dan Twitter. Pemerintah China terus meningkatkan pemblokiran itu setelah aksi unjuk rasa pro-demokrasi mulai merebak di Timur Tengah, Januari lalu.

Saat itu, sejumlah seruan tanpa nama meminta agar warga melakukan unjuk rasa diberi nama Jasmine Revolution dan membuat aksi sensor dilakukan dan polisi dikerahkan di sejumlah tempat yang disebutkan. Sayangnya, tak ada aksi protes yang terjadi.

Juru bicara Google mengatakan para pengguna di China, yang merupakan pangsa pasar terbesar internet di dunia, sering melaporkan adanya masala mengakses layanan mereka sejak akhir Januari lalu. Masalah itu antara lain tidak bisa masuk ke halaman utama Gmail, memiliki masalah saat mengirim email, dan fungsi instant messaging juga tak bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Sejumlah pernyataan datang terkait layanan Gmail yang bermasalah. Pihak Google pun ternyata sudah mengecek masalah teknis yang terjadi. Sejumlah kesulitan datang untuk mengakses gmail, karena China blokir akses pengguna gmail.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: