fikathiana April 12, 2017 @ 11:28AM

Tips membuat akun email baruSaat membuat akun email baru, banyak hal-hal sepele yang seringkali tidak anda perhatikan. Padahal hal-hal sepele tersebut ternyata nanti akan sangat membantu anda jika terjadi sesuatu pada akun email anda. Seperti misalnya saat anda harus mereset password jika suatu saat anda lupa password akun anda, atau pada saat akun anda dibajak oleh pihak lain. Jika dalam email tersebut banyak berisi tentang surat-surat penting, akan sangat disayangkan jika nantinya email tersebut tidak dapat diakses dan digunakan lagi hanya karena anda lupa data-data yang digunakan untuk login-nya.

Untuk apa catatan penting ini dibuat?

Hal-hal kecil yang terlupakan itu terkadang dapat menyulitkan anda di saat-saat penting. Jika anda sering membuat akun baru baik itu email, akun keanggotaan di situs-situs atau website, keanggotaan di sosial media (seperti saat daftar instagram, facebook, twitter, pinterest, dll.), maka cobalah untuk mengorganisir sebuah catatan penting yang berisi data-data yang anda gunakan. Jadikan catatan kecil ini sebagai kamus pribadi yang sifatnya rahasia.

Contoh masalah yang dihadapi.

Ketika anda ingin mengakses kembali akun email atau keanggotaan situs anda, tetapi anda lupa password atau lupa username yang anda buat. Apalagi jika ternyata anda harus melakukan reset password. Saat reset password, ada beberapa data penting yang nantinya akan digunakan untuk proses pemulihan password.


Catatan Penting Rahasia dalam Membuat Email Baru memuat:

1. Password

Pastikan membuat password yang kuat, rumit tapi mudah diingat. Baca disini bagaimana cara membuat password yang kuat.

2. PIN

Beberapa situs meminta anda membuat PIN untuk meningkatkan keamanan. Catat juga PIN akun anda. Biasakan PIN yang berbeda dengan PIN perbankan anda.

3. Pertanyaan keamanan dan jawabannya

Buat setting pertanyaan keamanan dan jawabannya yang mudah, namun tidak gampang ditebak.

3. Bulan dan Tahun Tanggal Pembuatan

Pastikan anda mencatat bulan dan tahun pembuatan akun email anda.

4. Email recovery

Buat akun gmail baru atau gunakan email dari situs lainnya yang sudah anda miliki sebelumnya untuk dijadikan referensi pemulihan akun dan passwordnya jika suatu saat anda lupa atau tidak bisa mengakses akun ini.

5. Email Forward

Ada baiknya jika anda punya email lain yang difungsikan sebagai email forward atau email penerus. Anda dapat membuat pengaturan email forwarder yang secara otomatis akan mengirimkan menerusksan email-email baik yang terkirim maupun dikirim oleh anda, ke akun email yang dijadikan email forward. Email tersebut bisa digunakan khusus sebagai backup email utama anda.

6. Nomer Telepon

Daftarkan atau setting nomer telepon anda dengan nomer yang masih aktif dan bisa dihubungi baik via sms maupun panggilan telepon. Jika anda ternyata ganti nomer telepon, nomer tidak aktif lagi, segeralah setting kembali akun email anda dengan nomer baru yang aktif.

Lakukan pencatan setiap kali anda membuat akun email baru atau pada saat anda membuat akun keanggotan baru.

Apa yang harus saya gunakan untuk membuat catatan pribadi tersebut?

Sebenarnya sekarang sudah banyak aplikasi android yang berfungsi untuk pencatatan data seperti ini. Tapi saya lebih memilih membuat file secara manual ketimbang menggunakan aplikasi. Bagi saya, hal itu lebih membuat saya lebih aman dari tangan para hacker.

Saya sendiri biasanya membuat file khusus dalam microsoft excel atau word untuk pencatatan data pendaftaran yang saya gunakan dalam setiap akun di berbagai situs.

Dalam file tersebut saya catat lengkap data apa saja yang saya gunakan untuk saat membuat email yang baru tersebut, termasuk di dalamnya memuat 6 point penting diatas.

Bagaimana caranya agar catatan file pribadi saya aman?

Jangan simpan file penting ini pada perangkat atau gadget yang dibawa kemana-mana. Jangan juga disimpan di tempat umum atau terbuka. Jika anda takut catatan informasi ini diketahui orang lain, maka cukup ingat-ingatlah sajalah poin-poin penting yang sudah disebutkan di atas.

Agar privacy dan keamanannya lebih terjamin, saya gunakan password untuk file excel rahasia saya tersebut, dan saya menamakan filenya disamarkan dengan nama yang tidak dikenali sebagai akun penting dan bersifat pribadi (misalnya: penjualanjerukbali). Jika perlu and bisa menyembunyikan atau meng-‘hide’ folder beserta isi filenya.

Sebaiknya anda tidak memasukkan data perbankan atau keuangan dalam file rahasia ini. Jangan masukkan data kartu kredit atau rekening bank anda dalam file ini. Gunakan file ini khusus untuk pencatatan data keperluan pendaftaran atau login saja.

Ada baiknya juga jika anda menyimpan file ini dalam perangkat atau komputer yang sama sekali tidak digunakan untuk online. Ini akan membuat file anda jauh lebih aman dari tangan-tangan jahil di dunia online.

Apa untungnya saya membuat catatan rahasia ini?

Dengan demikian, anda tidak perlu repot-repot mengingat banyak password dan data-data yang terkait setiap kali anda membuat akun email baru. Setidaknya, saya hanya cukup mengingat password file rahasianya saja. Anda dapat lebih leluasa membuat akun dengan berbagai password yang berbeda-beda. Saya sendiri menyarankan agar tidak membuat password yang sama dalam setiap akun keanggotaan anda di dunia internet. Bayangkan saja, jika anda membuat banyak akun dengan password yang sama, bagaimana jika salah satu akun anda dibajak oleh orang lain. Hal ini tentu akan memudahkan pembajak melakukan aksinya untuk membajak akun-akun anda yang lain. Jika anda ingin menambahkan hal-hal penting yang harus diperhatikan lainnya saat membuat email, sampaikan dalam kolom komentar di bawah ini.



%d bloggers like this: