Cari Ide Nama Domain dengan Domain Generator Tool

Saat akan membuat website atau blog, nama domain adalah hal penting yang harus dipertimbangkan. Ide atau gagasan membuat nama domain tentu akan dapat dipertimbangkan berdasarkan produk, jenis domain, topik, nama pemilik, filosofi, atau berdasarkan hal-hal penting lainnya yang sesuai dengan maksud dan tujuan anda membuat website atau blog. Untuk lebih memudahkan anda mencari dan menentukan ide nama domain, anda bisa menggunakan beberapa nama domain generator tool.

Apa itu domain?

Dikutip dari wikipedia, nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Sekarang kita lihat, macam-macam domain, yaitu:

1. Domain berdasarkan biaya langganan:

a. Domain berbayar.

Domain berbayar terdiri dari:

* TLD (Top Level Domain) :

– Global Top Level Domain (gTLD)

* .com : di gunakan untuk kepentingan komersial atau perusahaan.

* .net : di gunakan untuk kepentingan network infrastruktur.

* .org : di gunakan untuk kepentingan organisasi.

* .info : di gunakan untuk kepentingan informasional website.

* .biz

* .tv

ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk identitas negara, contohnya:

* Indonesia dengan kode : .id

.co.id untuk perusahaan

.ac.id untuk akademi setara perguruan tinggi / universitas

.sch.id untuk sekolah

.go.id untuk instansi pemerintah

.mil.id untuk instansi pemerintah

.web.id untuk perorangan atau pribadi

.or.id untuk organisasi

* Singapura dengan kode .sg (com.sg, net.sg, dsb).

* Amerika dengan kode .us

* Libya denga kode .ly

* India dengan kode .in

* Australia dengan kode .au

* Third Level Domain

Third Level Domain adalah nama sebelum Top Level Domain. Atau lebih dikenal dikenal dengan sebutan “Subdomain”. Subdomain merupakan anak dari domain, sehingga nama domain selalu membawa nama domain induknya

Misalnya nama domain yang anda miliki adalah infodari.com, maka nama subdomain nya misalnya menjadi “fania.infodari.com”, dsb.

b. Domain gratis:

1. .CO.CC

2. .TK

3. .CZ.CC

4. .CO.NR

5. .CO.TV

6. .me

7. .uni.me

8. .c-o.in

10. .net.tc

11. .us.tt

Mencari nama domain tergolong sulit. Untuk tingkat lanjutan, anda sebaiknya menggunakan trik-trik khusus yang bisa mengangkat site atau blog anda punya nilai lebih di search engine. Misalnya anda bisa menentukan ide nama domain, dengan terlebih dahulu menganalisa kata kunci yang bagus di search engine dengan menggunakan google trend, google keyword, dan yang lainnya. Pentingnya nama domain karena nama domain juga akan mempengaruhi masalah marketing.

1. NAmeBoy

Disini selain menyediakan generator nama domain, anda juga dapat mencari dan berkreasi dengan memasukkan beberapa entri kombinasi yang anda inginkan untuk nama tersebut.

Nameboy.com juga merupakan sebuah website yang berfungsi sebagi domain generator dengan menggunakan penggabungan kata, di mulai dengan 2 buah keyword yang selanjutnya akan di carikan kombinasinya dan mungkin availabilitiesnya. Dan website ini menunjukkannya dengan real time, bagi Anda yang menyukai  tampilan yang penuh warna-warni atau agak sedikit berbeda mungkin Anda dapat mengunjungi website ini.

2. Domain Name Generator

Generator nama domain ini mampu menemukan juga apakah nama domain tersebut telah terpakai dan juga mencarikan anda nama unik untuk domain. Layanan ini banyak digunakan oleh industri internet.

3. Domain Name Toolkit

Generator ini menyediakan daftar ide nama domain yang mungkin berdasarkan kata atau frasa yang anda masukkan.

4. NameDroppers

Layanan ini menyediakan metode efisien untuk membantu anda menemukan dan membuat nama domain, anda bisa juga mencari nama domain tersedia dan cocok untuk anda berdasarkan kata kunci.

5. WhoIX

All-in-One Domain Wizard yang sangat lengkap yang harus anda kunjungi sebelum memilih nama domain.

6. Domain generator.net

Domaingenerator.net merupakan salah satu website yang menawarkan jasa sebagai alat untuk membantu Anda dalam mencari nama domain yang akan Anda gunakan, yang Anda lakukan hanyalah mengklik tombol yang tertera di halaman pertama websitenya untuk menghasilkan nama domain yang tersedia.

Dengan hanya mengklik tombol generate domain maka Anda akan di berikan alternative  nama domain yang tentunya akan Anda gunakan atau setidaknya sebagai pertimbangan.

7. Web 2.0, Dotomator
Anda juga bisa menggunakan web 2.0 name generator, mungkin dari segi tampilan tentu saja web ini sangat sederhana tapi memiliki fungsi yang sam dengan domain generator lainnya, bahkan memiliki fungsi untuk Anda mendaftarkan nama yang Anda pilih sebagai nama dari domain mereka, mungkin bisa dikatakan sebagai saran untuk Anda itu jika Anda memang benar-benar menggunakan jasa mereka.

8. Bust A name
Bust a name juga merupakan sebuah website pencari nama domain, atau semacam domain generator. Berbeda dengan yang lain di sini Anda dapat menggunakan sebuah kata kunci, kemudian akan di carikan kata atau domain yang namanya hampir sama dengan yang Anda tulis.
Selain itu Anda juga dapat melihat video tutorial, mencari hosting untuk domain Anda. Untuk masalah pengecekan availabilitynya tentu saja sama dengan domain generator lainnya akan di sediakan .

9. Domain exposer
Domain expoxer merupakan sebuah website atau tool lebih tepatnya untuk mencari nama sebuah domain yang tepat untuk anda, di sini Anda dapat memasukkan keyword yang Anda gunakan dan mencampurnya dengan kata lainnya, yang membuat pembendaharaan atau kemungkinan pencarian nama sebuah domain menjadi lebih bervariasi, untuk lebih jelasnya mungkin Anda bisa membaca instruksinya, mungkin dengan bahasa inggris tapi yakin Anda pasti bisa memahaminya.
Dengan hanya mengkilik tombol generate domains maka Anda akan di berikan alternative vagi name domain yang tentunya akan Anda gunakan atau setidaknya sebagai pertimbangan.

10. Geek.Name
Sebuah layanan yang sangat berguna yang menciptakan aliran konstan nama domain yang tersedia dan Anda dapat mengurutkan melalui kriteria tertentu. Bagus untuk eksplorasi dan mendapatkan ide-ide baru karena menggabungkan berbagai TLD dalam kreasinya sendiri.

Saatnya otak atik cari alternatif nama domain yang bagus. Selamat mencoba ya!

(Sumber: http://st293878.sitekno.com/article/20834/5-generator-nama-domain-memilih-nama-domain-bagus-dengan-cepat.html, http://id-id.facebook.com/note.php?note_id=184551644919069, http://www.resep.web.id/komputer-internet/5-generator-nama-domain-memilih-nama-domain-bagus-dengan-cepat.htm)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: