Cara Pintar Mengenali Ciri Ikan Segar dan Seafood

Pintar memilih daging segar itu sangat penting, pandai-pandailah mengenali ciri ikan segar dan seafood yang akan anda beli dan siap untuk diolah.. Memasak ikan atau seafood menggunakan bahan yang kurang segar tentu akan mengurangi kelezatan dan nilai kesehatan yang terkandung pada makanan yang kita masak. Kesegaran itu bisa kita teliti dari ciri-ciri kondisi fisik daging ikan atau seafood yang banyak dijual baik di supermarket ataupun di pasar. Yuk kita simak caranya memilih ikan segar berikut ini.

Cara Pintar Mengenali Ciri Ikan Segar dan Seafood yang Siap Diolah:

cara pintar memlih ikan segar dan seafood segar
Image courtesy by markuso | freeditialphotos.net

1. Melihat Ciri Ikan Segar

  • Mata ikan masih terlihat bening dan tidak kusam, serta bentuknya masih cembung.
  • Dagingnya masih terasa kenyal dan elastis, terutama perhatikan di bagian dinding perutnya.
  • Insang ikan masih berwarna merah segar. Jangan beli jika kondisi insang sudah berwarna kehitaman, pucat, dan bahkan berlendir. Anda harus benar-benar jeli melihat insang, karena ada juga pedagang jahil yang mewarnai insang untuk tetap terlihat merah. Ini merupakan salah satu ciri ikan segar yang tidak boleh dilewatkan.
  • Sisik ikan terlihat masih utuh, tidak terlalu banyak yang berguguran atau lepas. Sisik pun masih terlihat mengkilap dan warnanya masih segar cerah.

2. Melihat Ciri Kepiting/Rajungan Segar

  • Jenis Seafood yang satu ini biasnya dijual dalam keadaan masih hidup dan diikat. Anda dapat memastikan kesegarah kepiting atau rajungan ini dari aromanya yang masih segar, tidak berbau busuk.
  • Karena biasanya dijual masih hidup, perhatikan matanya, masih bergerak keluar masuk atau tidak. Jika masih bergerak-gerak, berarti seafood yang anda pilih masih benar-benar masih hidup.
  • Perhatikan kondisi jari-jari dan capitnya, apakah masih lengkap dan dalam keadaan baik.
    Coba tekan perlahan bagian belakangnya dengan menggunakan jari anda. Jika punggungnya masih keras, maka kepiting atau rajungan tersebut masih sehat dan segar, sehingga baik untuk dipilih. Anda juga dapat melihat bagaimana caranya mengolah kepiting di artikel infodari sebelumnya.

3. Melihat Ciri Udang Segar

  • Perhatikan kesegaran Udang dari dagingnya, apakah masih jernih dan tidak terdapat bintik hitam di dagingnya.
  • Tekstur daging udangnya masih cukup keras (karena kalau sudah kelamaan biasanya daging udang akan terasa lembek).
  • Bagian kepala dan ekornya masih cukup kokoh, artinya tidak mudah lepas pada saat diangkat.

4. Melihat Ciri Kerang Segar

  • Kerang yang masih segar biasanya masih dalam belum banyak yang terbuka. Hal ini menandakan kerangnya masih hidup.
  • Jika memang terpaksa harus membeli kerang yang sudah terbuka cangkangnya, coba perhatikan daging didalamnya, apakah masih padat dan tampak utuh.
  • Perhatikan warna daging kerang, masihkan warnanya belum berubah dari aslinya. Jika sudah berubah, coba pilih kerang yang lainnya.

5. Melihat Ciri Cumi Segar

  • Daging cumi yang masih segar tekstur daging masih terasa kenyal dan cukup kokoh bila ditekan dengan jari.
  • Cumi yang berukuran kecil, memiliki warna keunguan dengan bintik hitam.. Sedangkan cumi yang besar (jenis sotong), ukurannya lebih dari 20 cm, biasanya berwarna putih dengan sedikit bintik hitam di badannya.
  • Cumi yang masih segar biasanya masih terlapisi selaput lendir yang masih jernih, bersih dan tidak berbau tidak enak. Anda dapat melihat ciri cumi lebih detail dengan membuka artikel infodari sebelumnya tentang Cara memilih dan mengolah cumi segar.

Sebagai tips saat berbelanja ikan, cobalah luangkan waktu yang cukup dan tidak terburu-buru saat berbelanja. Pastikan anda memiliki waktu yang cukup untuk meneliti dan memperhatikan ciri ikan segar, daging ikan segar dan seafood segar dengan seksama. Akan lebih baik jika anda membeli seafood atau ikan dengan menyiapkan coolbox lengkap dengan pendinginnya (dilengkapi es balok). Apalagi jika jumlah yang anda beli cukup banyak dan memakan jarak yang cukup jauh untuk kembali ke tempat, agar bahan belanjaan anda tetap segar di tempat.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: