Cara Pasang Google Map Untuk WordPress

Sebuah blog atau website boleh berisi tentang berbagai informasi menarik yang dilengkapi dengan widget dan fitur menarik untuk melengkapi kebutuhan pengunjungnya. Salah satunya adalah dengan memuat google map. Google map sangat mudah diintegrasikan dalam blog dengan berbagai platform. Kali ini Infodari akan memberikan panduan cara memasang google map untuk wordpress blog secara singkat.

Google map merupakan salah satu fitur google yang tak hanya digunakan oleh para pengguna pc atau laptop. Google map bahkan sudah digunakan sebagai aplikasi pelengkap pemilik gadget seperti tablet, android, smartphone, dan blackberry. Pendukung navigasi perjalanan juga dapat dinikmati dalam google map, sebagai penunjuk jalan yang akurat, di berbagai kota dan negara di Indonesia dan di dunia.

Panduan Cara Pasang Google Map untuk WordPress

1. Cara Pasang Google Map tanpa Plugin

Gunakan cara ini jika anda hanya ingin menampilkan satu lokasi saja dalam blog wordpress.

Kunjungi situs resmi Google Map. Cari alamat yang ingin anda tampilkan dalam blog anda. Setelah ditemukan, klik tombol link in panel sebelah kanan. Disitu akan segera ditampilkan embed code. Copy kode iframe atau dengan mengklik tombol “Customize and preview the embeded map” untuk menyetting lebih lanjut, bagaimana tampilan yang anda inginkan dalam blog.

cara pasang google map 1
Screenshot / picture taken by Infodari.com

Masuk ke blog wordpress anda, kemudian paste-kan kode yang anda copy tadi ke dalam, postingan, halaman, atau di rancangan template blog wordpress anda. Jangan lupa save.

2. Cara Pasang Google Map dengan Plugin WordPress

Cara pasang google map untuk wordpress yang kedua lebih praktis untuk digunakan, terutama untuk blog wordpress yang ingin menampilkan lebih dari satu atau banyak lokasi / alamat yang ingin ditampilkan. Ada 2 plugin wordpress yang direkomendasikan. Berikut langkah-langkah cara memasang google map di wordpress dengan menggunakan plugin.

Menggunakan plugin MapPress Easy Google Map.

1. Temukan plugin MapPress Easy Google Map di kotak pencarian add new plugin dalam dashboard blog wordpress anda. Kemudian install dan aktifkan plugin tersebut.

2. Setelah diaktifkan, perhatikan bagian bawah halam rancangan artikel baru yang akan anda tulis (halaman add new post atau add new page). Disana anda akan menemukan MapPress Editor yang siap digunakan dalam postingan baru anda.

cara pasang google map 3
Screenshot / picture taken by Infodari.com

Anda tinggal memasukkan alamat yang dikehendaki untuk dapat ditampilkan petanya dalam postingan yang sedang anda buat. Jika sudah ditemukan, kemudian klik tombol “Save”, dan klik tombol “Insert Into Post”. Kemudian anda dapat publish artikel anda dan lihat hasilnya.

Dengan menggunakan plugin ini, anda dapat menampilkan satu atau lebih dari peta alamat yang ingin anda tampilkan dalam satu post atau page. Anda dapat mengatur settingan plugin MapPress secara lebih detail di tab sebelah kiri dashboard wordpress.

cara pasang google map 2
Screenshot / picture taken by Infodari.com

Menggunakan plugin Google Map Widget

Jika anda ingin menampilkan google map dalam blog wordpress anda berupa widget dan lightbox, maka gunakanlah plugin Google Map Widget.

1. Temukan plugin Google Map Widget di kotak pencarian add new plugin dalam dashboard blog wordpress anda. Kemudian install dan aktifkan plugin tersebut.

2. Buka menu tab Appearance => Widgets di dashboard sebelah kiri, untuk mulai memasangkan widget google map. Klik dan seret Google Map Widget yang baru anda install di posisi yang anda inginkan, misalnya di sidebar.

cara pasang google map 4
Screenshot / picture taken by Infodari.com
cara pasang google map 5
Screenshot / picture taken by Infodari.com

3. Klik widget google map untuk wordpress yang sudah anda pasangkan tadi, kemudian isikan detail data yang ingin anda tampilkan seperti nama map, alamat, termasuk ukuran map, tipe map, warna, zoom level, dan settingan map lainnya.

cara pasang google map 6
Screenshot / picture taken by Infodari.com

Klik di bagian tab lightbox jika anda akan mengonfigurasi settingan lightbox. Jika sudah, jangan lupa klik tombol “Save” kemudian liat hasil widget tersebut di blog anda.

Google map untuk wordpress juga tersedia dalam pilihan plugin-plugin wordpress lainnya. Namun kedua plugin diatas direkomendasikan karena penggunaannya cukup mudah dan praktis. Selamat mencoba!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: