Cara Mudah Membuat Widget Teks Warna Warni di WordPress

Membuat penampilan blog menjadi lebih menarik dapat dilakukan dengan Membuat Widget Teks Warna Warni pada bagian sidebar atau di bagian widget area. Biasanya, text widget digunakan para blogger untuk membuat tentang informasi penulis / author blog, ataupun deskripsi tentang blog itu sendiri. Supaya penampilannya terlihat menonjol dan tidak membosankan, maka kamu bisa membuat sedikit modifikasi, yaitu dengan membuat warna warni pada widget teks sesuai dengan selera. Dengan begitu, penampilan bisa lebih menarik.

Cara mudah membuat widget teks warna-warna tersebut dapat dilakukan dengan cepat. Jika kamu tidak ingin memasukkan shortcode khusus pada CSS secara manual, maka kamu bisa menggunakan Colorful Text Widget plugin pada Blog WordPress milikmu. Ini merupakan plugin tambahan atau optional saja, di luar dari 8 plugin wordpress penting yang pernah infodari bahas di artikel sebelumnya.

Cara Membuat Widget Teks Warna Warni

1. Cari (Search) plugin Colorful Text Widget melalui dashboard wordpress.

2. Install dan aktifkan plugin tersebut.

3. Jika sudah terinstall, kemudian klik tab Appearance >> Widgets. Dalam menu widget dalam blog wordpress kamu sekarang akan nampak sebuah widget baru yang bisa kamu pilih dengan nama Colorful Text Widget. Seperti layaknya akan memasang widget pada blog wordpress, kamu tinggal Klik, seret, dan tempatkan dimana widget berwarnamu akan ditempatkan di widget area yang kamu inginkan. Kamu bisa menempatkannya di sidebar, footer, header, tergantung pada ketersediaan lokasi widget pada template yang kamu gunakan.

Cara Buat Widget Teks Area Warna Warni

4. Lakukan kostumisasi pewarnaan sesuai yang kamu inginkan pada widget baru yang kamu pasang tadi. Lihat gambar yang ditandai dengan nomor 4. Di widget tersebut hanya tersedia warna-warna pokok, atau basic color saja. Copy dan pastekan warna yang kamu inginkan pada kolom Widget Style.

5. Jika kamu ingin menambahkan warna lain yang kamu inginkan, maka kamu bisa membuat kostumisasi warna widget terlebih dahulu pada file style.css dalam template yang kamu gunakan.

  • Buka file style.css , kemudian copy paste kode CSS berikut kedalam file tersebut:
.ctw-custom {

background-color: #cccccc;
border: 1px solid #1b1b1b;
border-radius:10px;
-moz-border-radius:10px;
-webkit-border-radius:10px;
-o-border-radius:10px;
margin: 0 0 25px;
overflow: hidden;
padding: 20px;
color: #000;

}
  • Jangan lupa Simpan atau Save perubahan yang sudah kamu buat.

Jika kamu familiar dengan kode css, kamu dapat merubah setiap value dalam kode css diatas. Misalnya, merubah kode #cccccc menjadi #ffffff atau yang lainnya, sesuai dengan kode warna yang ingin kamu gunakan. Atau rubah ukuran border (garis tepi) 1px, dengan ukuran yang kamu inginkan, 2px,3px, atau berapapun yang kamu inginkan.

6. Gunakan gaya warna baru yang sudah kamu buat tadi dalam option widget Colorful Text Area, seperti pada langkah nomer 4 tadi.

Kamu dapat membuat lebih dari 1 gaya warna (custom style) yang kamu inginkan. Caranya cukup dengan meng-copy pastekan code css diatas di bawahnya. Kemudian ganti nama atau tulisan pada bagian .ctw-custom dengan nama lain, misalnya saja menjadi .ctw-custom2, .ctw-custom3, dan seterusnya.

Mudah-mudahan panduan cara membuat widget teks warna warni ini cukup mudah untuk dimengerti dan dapat membuat tampilan widget area blog wordpress bisa lebih menarik dari sebelumnya. Selamat mencoba!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: