Cara Mudah Membuat Halaman Sitemap di Blog WordPress

Anda tentu sering melihat sebuah blog yang memiliki satu page yang berisi daftar isi link judul-judul posting dalam blog tersebut. Daftar isi tersebut bisa dibuat dalam blog wordpress, blogspot maupun platform lainnya. Masing-masing punya banyak cara untuk menampilkan daftar isi tersebut. Bagaimana cara mudah membuat halaman sitemap atau cara membuat peta situs di blog wordpress. Kali ini, Infodari akan memberikan sedikit panduan cara mudah memasang halaman daftar isi di wordpress saja.

Sebenarnya daftar isi tersebut diambil dari data sitemap yang ditampilkan dalam sebuah halaman atau page khusus atau tersendiri. Dan menurut master blogger, menampilkan sitemap atau daftar isi pada blog bisa membantu SEO blog anda. Sudah hampir semua blog menggunakan cara ini untuk meningkatkan SEO blognya. Daftar isi juga bisa dibuat dikelompokkan berdasarkan kategorinya.

Selain untuk SEO, pembuatan halaman sitemap atau daftar isi sendiri sebenarnya ditujukan untuk memudahkan pengunjung blog atau situs untuk mencari artikel-artikel lain yang tersimpan di sebuah blog.  Format Sitemap tersebut adalah file XML yang berisi daftar URL sebuah situs serta metadata tentang sebuah URL (keterangan kapan dan seberapa sering URL tersebut diperbaharui).

Nah, untuk anda yang belum mengetahui bagaimana cara menampilkan halaman daftar isi tersebut, ikuti langkah-langkah berikut ini. Ini merupakan salah satu dari banyak cara yang digunakan untuk menampilkan halaman daftar isi tersebut, yang biasa infodari gunakan.

Cara Membuat Daftar Isi Berdasarkan Kategori

1. Download terlebih dahulu plugin Dagon Design Sitemap Generator.
2. Masuk ke akun / wp-admin wordpress anda.
3. Perhatikan sisi sebelah kiri dashboard wordpress anda. Klik tab “Plugins” –> Add New –> Upload.
4. Di sebelah kotak pencarian plugin, klik “Browse” dan cari letak file plugin yang anda download tadi, klik “Open“, kemudian klik “Install Now
5. Tunggu hingga proses upload atau install selesai. Kemudian klik “Activate plugin”.
6. Jika ingin mengkonfigurasi plugin tersebut, silahkan klik tab “Setting” –> DDSitemapgen. Sesuaikan dengan kebutuhan anda.
7. Buat halaman baru dengan judul Sitemap, Daftar isi, Arsip, Peta Situs atau terserah pada anda ingin memberi nama apa pada halaman daftar isi yang akan anda buat.
8. Kemudian buka rancangan page dalam bentuk HTML (bukan yang visual. Copy pastekan kode berikut disana. Kemudian klik “Publish“.

<!-- ddsitemapgen -->

9. Lihat hasil halaman daftar isi yang anda buat tadi, Contohnya bisa anda lihat di halaman sitemap di menu infodari bagian atas.
10. Selamat! Kini blog anda sudah punya halaman baru yang berisi sitemap atau daftar isi keseluruhan blog anda berdasarkan kategori.

Cara Membuat Daftar Isi Berdasarkan Arsip (Tanggal)

1. Lakukan langkah yang sama seperti no 1 dan 2.
2. Perhatikan sisi sebelah kiri dashboard wordpress anda. Klik tab “Plugins” –> Add New.
3. Di kotak pencarian plugin, isikan nama plugin yang anda cari dengan menuliskan “WP-Archives” (tanpa tanda kutip ya) kemudian klik “Search plugins“.
4. Setelah proses instalasi selesai silahkan langsung aktifkan plugin tersebut dengan meng-klik “Activate Plugins“. Atau dengan cara klik di “Plugins -–> Installed Plugins –> Activate di plugin “WP-Archives“.
5. Siapkan halaman baru seperti langkah nomor 7 diatas.
6. Copy-Paste kode berikut di bagian isi halaman dalam mode penulisan HTML, bukan Visual. Jika sudah, klik “Publish“.

<!--wp_archives-->

panduan cara membuat halaman sitemap

7.Sekarang, lihat hasil halaman daftar isi yang dibuat tadi.
8. Selamat! Kini blog anda sudah punya halaman baru yang berisi sitemap atau daftar isi keseluruhan blog anda berdasarkan tanggal arsip.

Catatan tambahan:
Jika suatu saat anda lupa bagaimana cara mengimplementasikan sebuah plugin di blog anda, coba cari file readme.txt dari plugin apa saja yang anda butuhkan, atau dengan melihat tab setting-nya. Jika ingin melihat file nya, isa mudah ditemukan di dashboard wordpress anda, tanpa harus masuk ke hosting anda,Caranya:

  • Klik plugins –> editor.
  • Pilih plugin apa yang anda file readme.txt nya di sebelah kanan atas layar. (Select plugin to edit –> pilih plugin dari dropdown menu Klik Select).
  • Cari file readme.txt atau file lainnya yang berisikan tentang informasi tentang plugin tersebut di sebelah kanan layar dari daftar file-file lain yang tertera.
  • Disitulah anda bisa menemukan informasi data lengkap mengenai plugin dan cara menggunakannya.

Akhirnya selesai juga Infodari membuat panduan langkah-langkah mudah membuat halaman sitemap atau daftar isi buat blog wordpress. Perlu diingat, biasanya untuk cabut pasang plugin wordpress yang beraneka ragam, hanya bisa dilakukan di lakukan di wordpress berbayar atau wordpress self hosting.  Di blogdetik sebenarnya juga bisa cabut pasang plugin, namun terbatas, hanya pada plugin-plugin yang sudah disediakan oleh blogdetik saja. Namun itu saja sudah sangat membantu untuk blog wordpress yang gratis lho. :) Oke, sekian dulu ya tutorialnya. Semoga mudah dimengerti dan dapat membantu.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: