Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Oct 12, 2012 in Resep Masakan, Tips n Trick | 0 comments

Cara Mengolah Jamur Tak Perlu Direndam Air

Suka masakan jamur? Atau anda memang suka mengolah atau memasaknya sendiri di rumah? Anda harus cermat memilih jamur agar jamur yang anda konsumsi tetap menyehatkan. Sudah tahukah anda, bahwa cara mengolah jamur segar ternyata tak perlu direndam dengan air. Padahal kebanyakan jamur direndam sebelum dimasak, karena takut racunnya masih menempel.

Jamur mempunyai kandungan gizi yang cukup memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat umum yang bisa didapatkan dari kandungan gizinya salah satunya adalah menurunkan kolesterol. Jamur juga kaya akan serat dan vitamin yang cukup mendukung kesehatan tubuh kita.

Cita rasa jamur yang khas membuat banyak menu masakan menjadi lebih lezat. Menu olahan jamur menjadi sajian khas untuk berbagai masakan mancanegara maupun masakan Indonesia. Masakan jamur juga bisa diolah dengan cara masak praktis hingga ke jenis masakan yang lebih kompleks. Selain itu, jamur juga bisa dijadikan makanan ringan yang lezat.

Anda dapat menemukan jamur di pasaran dalam berbagai bentuk. Berbagai jenis jamur dalam berbagai kemasan dapat dengan mudah anda temukan di pasaran. Anda tinggal pilih mana yang anda suka. Untuk langsung dikonsumsi, atau jamur mentah yang akan anda olah sendiri. Seperti misalnya jamur merang, jamur kuping, jamur kancing, atau Jamur champignon, jamur lingzhi, jamur shitake, jamur tiram, dan yang lainnya. Ada jamur yang bisa dikonsumsi dan ada pula jamur yang tidak dapat dikonsumsi karena memang berbahaya. Anda tentu sudah tahu jenis jamur apa saja yang pada umumnya diolah menjadi masakan bukan?

Kemasan jamur di supermarket, pasar, swalayan atau pasar lainnya, bisa ditemukan dalam berbagai kemasan. Jamur mentah atau jamur segar, jamur kering, jamur kalengan, dan yang lainnya. Tapi jika anda bermaksud untuk mengolahnya sendiri, maka tiap-tiap jamur berbeda cara mengolahnya.

Mari kita lihat point penting yang harus diperhatikan untuk mengolah jamur yang infodari kutip dari sebuah posting yang di sharing di mindtalk.

Jika ingin mengolah jamur segar, pastikan untuk mencuci dan memotong jamur saat akan dimasak. Hanya saat membersihkan jamur segar, usahakan untuk “tidak mencucinya dengan air” karena akan mengurangi citarasa jamur. Selain itu, jamur menjadi terlalu lembek jika dicuci atau direndam dengan air.

Cara Mengolah Jamur Yang Benar

Cara terbaik untuk membersihkan jamur segar.

Menggunakan bantuan sikat kecil yang bersih dan lembut agar kotoran, pasir, dan debu yang menempel hilang semua. Jika jamur segar tersebut terlalu kotor, tidak masalah dicuci dengan air. Dengan syarat, Anda harus mencucinya di bawah air mengalir dan tidak merendamnya. Setelah bersih, langsung keringkan dengan meletakkannya di atas tisu atau lap bersih.

Cara terbaik untuk membersihkan jamur kering.

Bagaimana membersihkan jamur kering, anda harus merendamnya ke dalam mangkuk berisi air panas. Setelah jamur kembali ke bentuk semula dan mulai lunak, segera keringkan di atas kertas tisu atau lap bersih sebelum diolah lebih lanjut.

Namun, jika akan mencampurnya menjadi makanan berkuah seperti sup, jamur kering ini bisa langsung dimakan.

Dengan mengolah jamur segar dengan cara diatas, anda tetap bisa mendapatkan manfaat gizi yang terkandung di dalamnya. Jamur tetap bisa menjadi menu makanan sehat di rumah untuk keluarga anda.

Dapatkan Artikel-artikel Menarik Infodari.com ke Inbox-mu!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


five × 8 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>