Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Jul 16, 2012 in Tips n Trick, Tutorial | Panduan | 0 comments

Cara Mengolah dan Memotong Ikan Salmon

Cara Mengolah dan Memotong Ikan Salmon — Daging ikan salmon memiliki tekstur yang sangat lembut. Oleh karena itu, anda harus hati-hati saat mengolahnya. Ikan yang harganya cukup mahal ini harus di bersihkan dengan hati-hati pula. Jika kurang hati-hati, maka daging ikan salmon bisa hancur, meski masih tetap bisa diolah atau disantap. Namun jika anda ingin daging tetap utuh, maka diperlukan cara membersihkan ikan salmon yang benar. Berikut ini infodari akan berbagi tips cara membersihkan ikan salmon.

Kalau mau praktis, sebenarnya anda bisa membeli ikan salmon yang sudah di potong-potong, atau sudah berbentuk salmon fillet di supermarket. Tapi jika anda ingin memotongnya sendiri, maka anda harus tahu bagaimana trik memotong ikan salmon. Sebelum anda masuk ke tahap pengolahan, sebaiknya anda pastikan dahulu ikan salmon yang anda pilih adalah ikan salmon yang masih segar.

Jika insangnya masih berwarna merah segar dan tidak berlendir, dan tidak berbintik-bintik, kulitnya masih mengkilat, serta jika ditekan-tekan masih kenyal, berarti ikan salmon tersebut masih segar. Warna kulitnya pun masih mengkilat. Menurut Chef Dewi, jika salmon tersebut akan dibuat sashimi, maka jangan dicuci, karena akan menjadi kurang juicy, berlendir, berwarna pudar, dan dagingnya bisa hancur.

Manfaat dan gizi pada ikan salmon memang sangat banyak. Ikan salmon sangat mempunyai efek yang bagus untuk kesehatan anda. Namun jika ikan salmon yang dikonsumsi bukanlah ikan salmon segar, ditakutkan malah akan jadi berbahaya pengaruhnya untuk kesehatan anda. Jadi sebaiknya telitilah dalam memilih ikan salmon.

Chef Dwi mempraktikkan cara membersihkan salmon dibantu dengan asistennya. Ia menggunakan salmon Norwegia atau Australia berukuran sekitar 4 kg per ekor.

Berikut tahapan cara membersihkan dan memotong ikan salmon :

  1. Belah memanjang dari dekat mulut bawah sampai perut untuk mengeluarkan jeroannya.
  2. Di satu sisi, potong kepala salmon hingga sedikit di belakang insang. Begitupula dengan sisi satunya hingga kepala salmon terlepas.
  3.  Belah dua bagian atas kepala tersebut. Bagian ini bisa dimanfaatkan untuk appetizer (salmon head).
  4. Letakkan punggung ikan dekat kita, sementara perut salmon yang terbelah menghadap depan.
  5. Gunakan pisau tako hiki untuk mengambil daging ikan. Dari bagian leher, iris memanjang daging salmon di atas tulang sampai dekat ekor. Harus dengan cara tarik, jangan zig-zag agar potongannya bagus.
  6. Daging yang menempel di tulang ikan dapat dikeruk dengan sendok. Bagian ini dapat digunakan untuk membuat sushi roll atau spicy salmon hand roll.
  7. Balikkan ikan sehingga tulangnya berada di bawah.
  8. Ada sirip yang tersisa? Potong agar daging mudah difillet. Sirip dapat dipanggang.
  9. Fillet lagi daging ikan hingga tinggal tersisa tulang dan ekornya.
  10. Bersihkan lagi tulang dari dagingnya.
  11. Cabut duri di bagian tengah daging salmon (memanjang) dengan pinset. Jika masih ada sirip, buang.
  12. Potong-potong daging ukuran 100 gram.
  13. Bungkus ketat dengan plastic wrap lalu simpan di freezer suhu -20 C (suhu aman untuk seafood) selama 1×24 jam untuk mematikan bakteri. Hal ini bertujuan agar dagingnya tidak pecah saat dibekukan dan dicairkan kembali. Teksturnya akan tetap padat.

“Penyimpanan ini membuat salmon segar tahan seminggu, asalkan suhu stabil dan ikan steril dari jeroan, insang, atau kotoran lainnya,” ujar Chef Dwi.

Itulah langkah-langkah membersihkan dan memotong ikan salmon  yang bisa anda ikuti, agar ikan salmon hasil olahan anda tetap bagus dan segar.  Setelah itu, anda bisa memulai memasak ikan bakar salmon, ikan goreng salmon, sashimi, salad salmon, atau berbagai macam pilihan masakan ikan lainnya yang anda suka. Jika anda senang dengan kepiting, infodari juga pernah menulis tentang bagaimana cara mengolah kepiting di artikel terdahulu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

(sumber: http://food.detik.com/read/2012/07/13/133833/1964670/297/tips-memilih-dan-membersihkan-salmon)

Dapatkan Artikel-artikel Menarik Infodari.com ke Inbox-mu!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


1 × = two

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>