Cara Mengatasi Siku dan Lutut Hitam dan Penyebabnya

Anda tentu pernah memperhatikan warna siku dan lutut anda bukan? Warna kulit di bagian siku dan lutut cenderung lebih gelap daripada warna bagian kulit lainnya. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk memutihkan kembali warna siku dan lutut hitam anda. Namun ada baiknya anda ketahui dahulu mengapa warna siku dan lutut anda bisa menjadi lebih gelap, dan apa penyebabnya. Dengan perawatan cara memutihkan warna kulit gelap pada sikut dan lutut anda, diharapkan anda bisa mengatasi dan membuat warna gelap pada siku dan lutut anda menjadi lebih terang dan tidak kusam.
Jika anda sudah melakukan perawatan kulit anda untuk tetap awet muda, sehat dan bersinar, merawat rambut, merawat kuku, menghindari jerawat pada kulit wajah, kini saatnya anda memperhatikan bagian siku dan lutut anda. Bagian siku dan lutut ini sering terlewatkan untuk menjadi sesuatu hal yang seharusnya diperhatikan juga. Kurang lengkap rasanya jika anda belum melakukan perawatan juga di bagian lutut dan siku anda.

Berikut ini akan kita bahas mengenai daerah siku dan lutut yang berwarna gelap dikutip dari Vemale.com:

Mengapa siku dan lutut berwarna lebih gelap?

  • Melanin (pigmen kulit) merupakan zat penentu cerah tidaknya kulit Anda. Semakin banyak kandungan melamin pada kulit, maka kulit Anda akan semakin gelap. Berdasarkan fakta, siku dan lutut memiliki lapisan kulit yang lebih tebal dibandingkan lapisan kulit lainnya. Dengan kata lain, dua bagian tubuh ini memiliki kandungan melanin lebih banyak dari bagian tubuh lainnya yang menyebabkan semakin gelapnya kulit siku dan lutut Anda.
  • Lutut dan siku kita memiliki kelenjar minyak yang lebih sedikit daripada bagian kulit lainnya, hal ini membuat kedua wilayah itu senantiasa dalam keadaan kering. Dan, kekeringan tersebut membuatnya jadi mudah rapuh.
  • Lutut dan siku juga merupakan bagian yang sering mendapatkan tekanan lebih, misalnya saat kita berlutut atau bertopang dagu. Hal ini membuat kulit membentuk ‘pertahanan diri’ yang biasanya kita kenal dengan risa atau belulang atau kapalan.
  • Selain itu, kapalan pada siku dan lutut lebih sering terkena radiasi sinar matahari jika dibanding dengan bagian kapalan lainnya, misalnya tumit. Tentu saja, hal ini membuat tampilan kulit jadi lebih gelap.

Berikut ini beberapa tips yang infodari rangkum dari beberapa sumber, untuk mengatasi warna kulit gelap pada bagian siku dan lutut anda.

Tips untuk mengatasi dan menghilangkan warna siku dan lutut yang gelap, hitam dan kering:

  • Jadi, hal pertama yang bisa dilakukan untuk mencerahkan bagian gelap tersebut adalah dengan mengurangi terbentuknya lapisan-lapisan pertahanan tersebut. Anda bisa mengaplikasikan pelembab pada kulit dan membiarkan bagian tersebut dalam keadaan fleksibel, sehingga kapalan yang terbentuk bakal tipis.
  • Anda bisa merendam siku dan lutut dalam air hangat yang diberi tetesan olive oil. Saat kulit menjadi lebih lembut, maka Anda bisa menggunakan batu apung atau sepon khusus (loofa) untuk menggosok dan menyingkirkan kapalan tersebut. Namun, tetaplah berhati-hati karena bagian tersebut rapuh dan mudah terluka.
  • Jika Anda merasa bahwa kapalan tersebut sudah mulai berkurang maka hentikan penggosokan. Lanjutkan dengan mengaplikasikan krim pencerah kulit (bisa yang mengandung lemon) untuk menyapu sisa melanin yang terdapat pada lapisan kulit.
  • Memijat siku dengan susu dapat menghilangkan kulit gelap.
  • Jus Tomat mentah sangat baik untuk mecerahkan warna kulit siku yang gelap.
  • Usapkan ekstrak jeruk nipis pada siku dan lutut Anda yang bermasalah, lalu biarkan hingga 10 – 15 menit. Setelah itu, basahilah handuk dengan air hangat untuk mengusap dua bagian tersebut. Lakukan langkah ini dengan lembut dan perlahan. Jeruk nipis merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan. Vitamin C yang memiliki ikatan L dalam setiap molekulnya, bagus untuk mencerahkan warna kulit.
  • Buatlah ramuan yang terbuat dari campuran 1 sdt minyak kelapa dengan 1/2 sdt ekstrak jeruk nipis.
  • Scrub Gula. Manfaatkan bahan di dapur seperti gula untuk dijadikan sebagai perawatan tubuh. Gula mengandung nutrisi untuk melembabkan kulit, selain itu butiran kasarnya dapat memudarkan area gelap di siku dan lutut. Agar tidak teriritasi, campur gula dengan minyak beraroma.
  • Lemon & Susu. Lemon dan susu efektif untuk melembutkan kulit yang kasar serta mencerahkan kaki dan lutut. Campurlah satu gelas jus lemon dengan satu cangkir susu. Hangatkan di microwave, jangan sampai terlalu panas. Kemudian, celupkan kain di campuran lemon dan susu, lalu taruh di siku dan lutut. Anda bisa menaruh kain di dua lutut sekaligus menggunakan dua kain bersih. Ulangi dua sampai tiga kali setelah lima menit.
  • Kunyit. Manfaat kunyit adalah dapat melembabkan dan menghaluskan kulit yang kasar. Tidak hanya itu, kulit akan membuat kulit Anda menjadi kuning langsat. Campur satu putih telur dengan dua tetes olive oil dan lemon. Tambahkan dengan kunyit yang telah dihaluskan. Aplikasikan ke bagian tubuh yang kering seperti siku dan lutut. Setelahnya, bilas dengan air hangat.
  • Pijat lutut gelap dengan yogurt yang dicampur dengan jus lemon selama 10 menit. Biarkan sejenak dan kemudian bilas dengan air susu.
  • Campurkan almond atau minyak kelapa dengan gula dan madu. Oleskan pasta ini pada siku dan lutut yang gelap dan biarkan selama 10-15 menit.

Jadi jangan biarkan kulit siku dan lutut anda hitam. Lakukan perawatan mulai dari sekarang untuk mendapatkan penampilan anda menjadi lebih sempurna.

(sumber: http://www.vemale.com, http://wolipop.detik.com, http://newsfocus-demo.blogspot.com)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: