Cara Mengatasi Game Tablet yang Sering Mati Sendiri

Pernahkah kamu merasa kesal, saat akan mulai menjalankan aplikasi game tablet atau android tiba-tiba mati? Seperti misalnya saat memulai membuka game, tiba-tiba game tersebut mati sendiri dan gagal masuk ke dalam game tersebut, dan kemudian langsung tampil layar utama lagi? Kejadian seperti ini biasa disebut dengan Force Close, atau penutupan paksa oleh system pada aplikasi yang akan kamu jalankan. Berikut ini ada salah satu solusi cara menjalankan aplikasi game di android yang sering mati tiba-tiba di awal proses.

Banyak kemungkinan yang menjadi penyebab mengapa setiap kali akan menjalankan aplikasi game di tablet atau android, tiba-tiba mati sendiri, saat game tersebut belum berhasil terbuka dan berjalan seperti semestinya.

Beberapa Penyebab Game Tablet Sering Mati Sendiri :

1. Memory / RAM android kamu terlalu padat, sehingga menyebabkan kerja android berat dan menjadi lambat.

2. Kapasitas penyimpanan data atau internal memory di tablet atau android kamu juga terlalu padat atau kepenuhan.

3. Beberapa aplikasi mengalami crash.

4. Aplikasi yang kamu gunakan memerlukan update versi terbaru.

5. Aplikasi yang kamu gunakan memerlukan OS atau operating system android yang lebih baru atau lebih tinggi. Atau aplikasi kamu tidak kompatibel dengan versi OS tablet atau android yang kamu gunakan.

6. Terlalu banyak background service yang berjalan. Hal ini biasanya terjadi jika kamu terlalu banyak menginstall aplikasi yang menjalankan background service secara real-time atau terus menerus berjalan.  Misalnya kamu menggunakan live wallpaper, facebook, bbm, gtalk, twitter, dan yang lainnya.

7. Terjangkit virus.

Masalah yang dialami:

Beberapa waktu lalu saya sering mengalami force close, saat mulai menjalankan beberapa game android yang saya mainkan, terutama beberapa game yang menggunakan akses internet untuk memainkannya. Beberapa game yang mengalami force close yang saya mainkan adalah Hay Day, Candy Crush Saga, Ragnarok Valkyrie, dan beberapa game lainnya. Setiap kali saya membuka game-game tersebut, tiba-tiba secara otomatis game gagal dibuka, dan layar kembali ke tampilan layar utama.

Cara Mengatasi yang pernah dicoba:

Saya mencoba beberapa trik agar game kembali berjalan, diantaranya dengan melakukan unistall dan install kembali kembali game-game tersebut, membersihkan data setiap game (clear cache dan clear data) di bagian setting, meng-update game, menginstall beberapa aplikasi tambahan guna membersihkan memory tablet. Tapi usaha saya belum juga berhasil mengembalikan game-game di android saya kembali berjalan seperti semula.

Kemudian, setelah mencari berbagai cara dengan melakukan browsing di internet, saya menemukan salah satu cara mudah menjalankan kembali aplikasi yang sering mati sendiri atau force close tersebut. Beberapa game tablet yang saya jalankan membutuhkan koneksi ke akun facebook atau twitter untuk bisa saling berinteraksi dengan sesama player lainnya, (bisa berupa online multiplayer game).

Cara Mengatasi Game Tablet yang Sering Mati Sendiri:

1. Kembalikan ke layar utama tablet atau android kamu.

2. Non-aktifkan dulu deretan semua nama-nama aplikasi multitasking (dibuka bersamaan) yang sedang kamu jalankan.

mengatasi game yang sering mati force close
Image ScreenShot by Infodari

3. Kemudian aktifkan “Airplane Mode”

4. Matikan power tablet atau android.

5. Nyalakan kembali tablet.

6. Matikan kembali “Airplane Mode”.

7. Coba kembali buka aplikasi game kamu.

8. Selesai, dan game akan berjalan seperti semula.

Cara ini memang bukan satu-satunya solusi, mungkin sobat-sobat lain masih punya cara lain yang bisa mengatasi masalah game yang sering berhenti sendiri. Dan cara ini juga bukan solusi akhir mengatasi masalah tersebut, karena mungkin disaat tablet atau android kamu sudah terlalu panas, atau padat dengan multitasking, atau sudah terlalu banyak mengakses aplikasi lainnya, bisa saja masalah force close ini kembali terjadi lagi.

Namun paling tidak, cara ini bisa kamu lakukan untuk me-refresh kembali aplikasi dan service-service yang berjalan pada tablet kamu, setelah kamu berlama-lama asyik menggunakan tablet. Sehingga game-game yang sebelumnya selalu mati sendiri, dapat berjalan normal seperti semula.

Hal terpenting yang perlu diingat, pastikan bahwa tablet kamu tidak terlalu berat dan padat pekerjaannya, tidak terlalu penuh data yang disimpannya terutama di phone memory, dan kemampuan tablet kamu cukup mampu menangani banyaknya aplikasi yang kamu pasang. Lebih baik jika kamu memperhatikan batasan maksimal aplikasi yang kamu install di tablet, sesuai dengan spec tablet yang kamu miliki, agar tablet atau android tidak lambat dan tidak mudah hang atau error.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: