Cara Membuat Ketupat Idul Fitri yang Enak dan Awet

Cara Membuat Ketupat Idul Fitri yang Enak dan Awet — Ketupat adalah sajian khas yang selalu ada di hari Lebaran. Ketupat Idul Fitri ini menjadi hidangan utama yang disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti sambal goreng kentang, opor ayam, dan sayuran khas lainnya. Tak ada salahnya sebelum lebaran tiba, jika anda belum bisa membuatnya, anda mulai mencoba membuatnya sekarang. Meskipun sebenarnya sudah banyak yang menjual ketupat yang sudah jadi.

Selongsong ketupat pun bisa dibeli di pasar atau di swalayan, anda tidak perlu bersusah payah membuatnya sendiri. Tapi untuk anda yang ingin mencoba dan belajar membuat selongsong ketupat sendiri, anda bisa mengikuti panduannya langkah demi langkah hingga menjadi selongsong ketupat jadi yang bagus.

CARA MEMASAK / MEMBUAT / MENGISI KETUPAT

Bahan Ketupat:hasil resep ketupat lebaran

  • 1 liter beras
  • 10 selongsong ketupat

Cara membuat ketupat:

  • Cuci bersih beras, kemudian tiriskan
  • Isikan beras ke dalam selongsong ketupat sampai setengah penuh
  • Isi dandang dengan air. Kemudian masukkan ketupat dan masak metupat selama 4-5 jam

Keterangan:

Gunakan beras yang tidak terlalu pulen karena bila menggunakan beras yang pulen akan mengakibatkan ketupat menjadi lembek.
Lauk yang bisa mendampingi ketupat: ebi kering/bubuk kedelai, sambal goreng udang-hati, opor ayam, abon, kering tempe, dll.

(Sumber: http://carapedia.com/ketupat_info448.html)

Ketupat sendiri punya bermacam-macam bentuk dan beraneka ragam sajian ketupat. Berikut ini macam-macam resep masakan ketupat yang sudah terkenal di masyarakat Indonesia:

1. Ketupek Katan Kapau

gambar sajian ketupat lemang Ketupek KatanKatupek katan yang khas Kapau, yaitu ketupat ketan berukuran kecil yang dimasak dalam santan berbumbu. Ketupat ketan adalah versi rebus dari lemang. Santannya menjadi sampai kental sekali dan merasuk ke dalam ketupat. Ketupat kentan ini bisa dimakan sebagai dessert, tetapi juga bisa dimakan dengan lauk pedas, misalnya gulai itik cabe hijau atau rendang.

2. Ketupat Glabed

gambar sajian ketupat glabedAda lagi sajian rakyat lain di Tegal yang sangat populer, yaitu Kupat Glabed. Kali ini bukan ketupat dari desa Glabed. Kupat glabed adalah ketupat yang dimakan dengan kuah kuning kental. Glabed sendiri sebenarnya berasal dari ucapan orang Tegal bila mengekspresikan kuah yang kental ini. Glabed-glabed!

Ketupatnya dipotong-potong, dibubuhi tempe goreng, dan disiram dengan kuah glabed. Tambahkan sambal bila ingin citarasa pedas. Topping-nya adalah kerupuk mi yang terbuat dari tepung singkong dan taburan bawang goreng. Sebagai lauknya, Kupat Glabed selalu didampingi dengan sate ayam atau sate kerang.

3. Ketupat Betawi (Bebanci)

gambar sajian ketupat Betawi BebanciMasakan paling khas dan unik yang dimiliki masyarakat Betawi adalah ketupat bebanci. Saat ini nggak ada orang yang jual ketupat bebanci. Padahal sangat unik dan enak.

Sesuai dengan namanya, ketupat bebanci adalah masakan dengan unsur utama ketupat. Ketupat ini disantap dengan kuah santan berisi daging sapi dan diberi aneka bumbu seperti kemiri, bawang merah, bawang putih, cabai, dan rempah-rempah.

4. Ketupat Blengong (tegal)

gambar sajian ketupat BlengongKupat Blengong (Kupat Glabed dengan daging Blengong, Blengong=Keturunan hasil perkawinan Bebek dan Angsa)

5. Ketupat Bongko (tegal)

gambar sajian ketupat Bongko (tegal)Kupat Bongko adalah Ketupat dengan sayur tempe yang telah diasamkan. Kupat ini juga sama dengan ketupat blengong, berasal dari Tegal.

6. Ketupat cabuk rambak (solo).

gambar sajian ketupat Cabuk RambakCabuk rambak adalah ketupat nasi yang diiris tipis-tipis, dan disiram dengan sedikit sambal wijen (dicampur kemiri dan kelapa parut yang terlebih dulu digongseng). Ada yang menyukai sambal yang sangat pedas, ada yang menyukai rasa sambal yang gurih. Rasa sambalnya memang sangat khas. Hidangan ini disajikan dengan kerupuk nasi yang disebut karak.

7. Ketupat/lontong Sayur Lontong Sayur.

gambar sajian ketupat lontong sayurBiasanya Lontong sayur itu artinya santan kental yang gurih, tapi kalo mau sehat (baca: engga mau makan santan) dikasih soun, telur rebus dan ditaburi bawang goreng.

Oke, itu tadi sekelumit tentang cara membuat ketupat hingga menjadi ketupat matang yang siap disajikan dengan berbagai lauk pauknya. Ada bisa memilih sajian ketupat yang anda suka untuk hari lebaran nanti.

Tak jarang yang mengalami kegagalan dalam membuat ketupat. Misalnya ketupat hasilnya terlalu lembek, tidak matang, matang tetapi berbutir, terlalu keras, dan lain sebagainya. Nah, berikut ada beberapa tips agar ketupat yang anda buat bagus, awet dan enak. Tips dibawah ini juga berlaku untuk anda yang membuat lontong dan lepet.

TIPS MEMBUAT KETUPAT BAGUS, AWET DAN ENAK.

  1. Pilihlah beras yang bermutu bagus, cuci hingga bersih agar ketupat tidak cepat basi, teksturnya padat tapi lembut.
  2. Pilih selongsong ketupat yang masih segar, bersih, anyamannya teratur dan rapat, agar hasilnya padat dan bersih.
  3. Untuk selongsong lontong, pilihlah daun pisang batu, karena hasil lontong lapisan luarnya bisa hijau dan aromanya nikmat.
  4. Isi selongsong ketupat atau lontong jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Bila terlalu banyak isi, ketupat akan keras, tidak matang dan berbutir. Sebaliknya kalau kurang isi hasilnya akan lembek. Isi beras pada selongsong biasanya hanya 1/3-2/3 tinggi selongsong.
  5. Selama proses merebus, pastikan lontong dan ketupat terendam air. Jika saat merebus lontong/ketupat belum matang tetapi airnya habis, tambahkan air mendidih agar proses memasak terus berlangsung.
  6. Proses perebusan lontong dan ketupat sebaiknya tidak dicampur agar hasil ketupatnya bersih, tidak kusam karena getah daun pisang saat direbus bisa menimbulkan efek merah kecoklatan.
  7. Jika ingin ketupat lebih gurih, ganti air untuk merebus dengan santan.
  8. Setelah lontong/ketupat matang segera angkat, bersihkan, rapikan bentuknya dan angin-anginkan. Kalau ketupat biasanya dengan cara digantung.
  9. Sajikan lontong dan ketupat dalam keadaan dingin agar bentuknya bagus.

(Sumber: http://resepmasakanindonesia.info/tips-ketupat-lontong-dan-lepet/)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: