fikathiana September 29, 2017 @ 8:57AM

Permasalahan yang timbul pada termos air panas adalah timbulnya kerak dan cepat dingin. Masalah ini dapat diselesaikan dengan membersihkan kerak termos tersebut sehingga kerak akan benar-benar hilang. Tempat penyimpanan air panas harus dirawat agar temperatur atau suhu air panas di dalamnya dapat tetap terjaga dan tidak mudah dingin. Secara kesehatan,air yang baik untuk diminum adalah air yang benar-benar bersih, tidak berwarna dan tidak berbau. Jika ada endapan kerak di dalamnya, tentu saja air dapat menjadi keruh bahkan dapat berbau. Lalu, bagaimana cara membersihan endapan kerak dalam termos tersebut? Simak dalam ulasan berikut ini.

cara mudah membersihan kerak termos air panas

Sebelum melangkah ke bagian bagaimana cara menghilangkan kerak termos membandel dalam termos air panas, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa hal penting berikut.

BAHAN DALAM TERMOS AIR PANAS

Termos air panas merupakan termos yang bagian dalamnya biasanya terbuat dari 2 lapisan kaca mengkilap, dapat menahan radiasi yang dipancarkan oleh air panas dalam termos. Adapula bahan dalam termos yang terbuat dari stainless steel.

APA YANG MENYEBABKAN TERJADINYA PENIMBUNAN KERAK DALAM TERMOS?

Dalam air, ada istilah kesadahan air, yaitu kandungan mineral-mineral yang terdapat dalam air. Kerak ini terbentuk dari endapan mineral atau kesadahan yang menempel di bagian sisi atau dinding dalam termos, yang semakin lama akan semakin menumpuk dan menebal.


Ada dua macam kesadahan, kesadahan pertama adalah kesadahan sementara, yaitu kesadahan yang disebabkan adanya ion Ca (Calsium) dan Mg (Magnesium) yang berikatan dengan ion karbonat dan bikarbonat. Kesadahan jenis ini dapat dihilangkan atau diminimalisir dengan cara direbus. Biasanya kesadahan ini terjadi berbentuk kerak pada termos dan ceret.

Jenis kesadahan kedua adalah kesadahan tetap, yaitu kesadahan yang sifatnya permanen. Kesadahan ini disebabkan oleh ion Ca dan Mg yang berikatan dengan Cl, SO42 dan NO3, misalnya CaCl2 dan MgSO4. Kesadahan seperti ini tidak dapat dihilangkan dengan cara direbus.

APA BAHAYANYA TERMOS BERKERAK BAGI KESEHATAN?

Air sadah sebenarnya tidak terlalu berbahaya jika diminum, namun tetap saja dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan jika anda tidak

Menurut WHO, air yang bersifat sadah ini dapat menyebabkan Cardiovascular disease (penyakit penyumbatan pembuluh darah jantung) dan urithialis
(batu ginjal).

BAGAIMANA CARA MEMBERSIHKAN KERAK DALAM TERMOS AIR PANAS ATAU CERET?

Persiapkan bahan:

Cairan yang dapat digunakan untuk membersihkan termos adalah dengan menggunakan campuran air cuka.

Cara membersihkan

  • Rendam seluruh bagian yang mengerak di dalam termos atau panci dengan campuran air bersih dan cuka.
  • Untuk termos, cukup menggunakan campuran airnya saja, tidak boleh direbus atau dimasukkan ke dalam microwave. Sedangkan untuk panci, panaskan panci tersebut hingga mendidih.
  • Rendam dalam waktu semalaman.
  • Cuci bersih keesokan harinya, hingga bau cuka pun hilang.

Alternatif pengganti campuran air cuka yang juga dapat digunakan untuk membersihkan termos dari kerak:

  • Air Beras (Segenggam butiran beras dicampur dengan air panas yang dimasukkan ke dalam termos kemudian tutup dan dikocok-kocok.)
  • Campuran air dan perasan jeruk nipis (Merendam bagian dalam termos dengan campuran air panas dan perasan jeruk nipis ini selama kurang lebih 2 sampai 3 jam, kemudian cuci bersih)
  • Campuran air dengan baking soda (Mencampurkan air panas dan 1 sendok teh baking soda kedalam termos, kemudian tutup dan dikocok-kocok)
    Denture cleaner (Memasukkan 1 tablet denture cleaner yang dicampur dengan air panas, dan direndam semalaman.)

Catatan:

Biasanya proses pembersihan dengan cairan-cairan tersebut harus dilakukan beberapa kali agar termos dapat benar-benar bersih dan bebas dari kerak yang tebal.

CARA MENGURANGI FREKUENSI TIMBULNYA KERAK DALAM TERMOS AIR PANAS

Perawatan utama yang harus dilakukan adalah:

  • Sangat dianjurkan agar jangan memasukkan air es atau es ke dalam termos yang khusus untuk air panas. Hal ini dapat meyebabkan pecahnya tabung kaca hampa udara yang ada di dalam termos.
  • Jangan memaksakan menutup termos dengan terlalu kuat, apalagi pada saat sulit ditutup. Lakukan dengan perlahan. Tekanan yang besar dapat merusak bagian leher termos, sehingga termos akan sulit dibuka dan dapat menyebabkan air dalam termos cepat dingin.

Kesimpulan

Frekuensi timbulnya kerak atau endapan kandungan mineral dalam termos sulit dihindari, karena mungkin saja kandungan air di berbagai daerah juga berbeda-beda. Banyak dari pemakai termos mungkin merebus air dari air yang mengalir di rumah. Maka dari itu, untuk mengurangi timbulnya kerak, lakukan penggunaan dan perawatan termos dengan baik agar tetap bersih dan dapat berfungsi sebagaimana mestinya.Agar pengerakan dalam termos air panas tidak sering terjadi, maka sebaiknya lakukan perawatan dengan baik, termasuk diantaranya dengan membersihkan kerak di bagian dalam termos secara berkala.



%d bloggers like this: