fikathiana April 12, 2017 @ 4:53PM

Istilah SPAM seringkali muncul di dunia internet, dan seringkali mengganggu. Spam adalah sampah. Pengertian Spam lebih jelasnya, Spam adalah sampah pesan yang dikirimkan atau disebarkan melalui media pesan elektronik seperti email, blog, website atau situs, instant messaging, sms, search engine, secara massal terus menerus dan berulang-ulang, yang sebenarnya tidak dibutuhkan dan tidak diminta. Spam di facebook akhir-akhir ini juga semakin banyak. Lalu bagaimana cara mengatasi spam di facebook tersebut, dan bagaimana cara menghapus spam di facebook anda?

Para pembuat spam atau yang disebut Spammer yang punya tujuan menyebarkan spam.

Apa tujuan para spammer?

1. Spammer menjadikan spam sebagai alat promosi untuk produk-produk.

2. Dijadikan alat bom email, untuk memusingkan pihak lain yang menjadi saingan. Lawan akan kerepotan mengurus banyaknya email yang masuk.


3.  Spammer menjadikan spam sebagai media pishing. Artinya digunakan untuk menjebak dengan link-link spam, atau link-link yang menipu, seolah-olah anda berkunjung ke link tersebut ke link sebenarnya. Padahal itu hanya jebakan, dan bukan situs yang sebenarnya. Sebaiknya hati-hati dalam mengakses Facebook, apalagi menerima Pesan/Chat yang mengandung link/tautan.

4. Spam dijadikan media penyebaran virus dan worm yang merusak atau mencuri data-data penting para korbannya. Bisa saja berupa pencurian identitas pribadi anda, identitas kartu kredit anda, dan data-data rahasia penting lainnya milik anda. Dengan model kejahatan seperti ini, spammer akan bisa mendapatkan korban yang banyak.

Spammer umumnya menggunakan server mail server yang bukan miliknya. Dan di facebook, biasanya spam menyusup dengan link-link jebakan atau palsu yang menarik minat anda untuk membuka link tersebut. Atau spam pun seringkali menyusup dalam aplikasi-aplikasi facebook yang anda gunakan. Spam diduga berasal dari malware penyusup di komputer atau dengan metode clickjacking. Apa yang harus dilakukan?

Tips cara mengatasi spam di facebook :

1. Ubah segera password Anda

Jangan menggunakan kembali password itu pada akun yang berbeda. Buatlah kata kunci yang lebih kompleks.

2. Verifikasi identitas

Jika Anda curiga ada orang lain yang bisa mengakses akun Anda, gunakan layanan Roadblock Facebook untuk mengamankan akun dari para spammer.

3. Aktifkan fitur login

Salah satu fitur baru di layanan pengamanan Facebook adalah proses login. Jika orang lain ingin menilik akun Anda, Anda bisa memblokir melalui telepon seluler.

4. Bersihkan aplikasi

Aplikasi bisa menjadi celah masuknya malware. Segera bersihkan layanan pihak ketiga yang sudah jarang digunakan, apalagi mencurigakan.

5. Hapus pesan

Spam semakin rajin Anda menghapus pesan spam, peluang spam untuk masuk kembali semakin kecil.

6. Edit profil Anda

Jangan biarkan identitas Anda terpampang secara “telanjang” di sini. Setiap orang yang mengaksesnya bisa mengetahui jati diri Anda.

7. Lapor ke Facebook

Facebook membuka berbagai jalur pengaduan. Untuk melaporkan pelanggaran privasi, bisa dilaporkan melalui privacy@facebook.com.

8. Scan komputer Anda

Facebook menyarankan Anda agar rutin membersihkan hard drive dari perangkat lunak berbahaya yang berpotensi masuk ke profil Anda.

9. Akhiri dengan sempurna

Ketika keluar atau logout dari akun Anda, pastikan Anda telah keluar dengan sempurna, sehingga akun Anda aman dan tidak bisa diintip siapa pun.

Kini anda mengerti bukan, apa arti spam di facebook, dan bagaimana cara mengatasi spam? Itulah yang infodari.com sampaikan kali ini kepada anda, agar anda bisa berhati-hati dalam menghadapi dan mencegah spam yang kapan saja bisa menyerang anda.  Jadi ekstra hati-hatilah terhadap serangan spam di facebook maupun media pesan elektronik anda lainnya yang anda miliki.



Share This