Cara Install Google Hangouts di PC dan Penggunaannya

Sedikit penjelasan tentang Google Hangouts sebelum anda mempelajari bagaimana cara install Google Hangouts di PC dan cara penggunanny:. Google Talk lebih dikenal oleh sebelum munculnya Google Hangouts. Google Hangouts merupakan peralihan terbaru dari Google Talk, yang merupakan salah satu layanan aplikasi komunikasi interaktif yang diluncurkan oleh Google untuk sarana komunikasi secara instan. Gtalk sendiri kini dapat menyaingi yahoo messenger yang telah lahir beberapa tahun sebelumnya. Bagi anda yang ingin menggunakan Google Hangouts, berikut Infodari berikan sedikit gambaran terlebih dahulu mengenai Google Talk dan Google Hangouts.

install google hangouts
By Google [Public domain], via Wikimedia Commons

Pada tahun 2013, Google telah memutuskan untuk menggantikan aplikasi chatting Google Talk menjadi Google Hangouts. Google Hangouts merupakan cross-platform messanging system, pengintegrasian sistem antara Gmail dan Google Plus. Dengan dukungan  berbagai fitur baru seperti dihadirkannya fitur 850 emoji, aplikasi chatting luncuran Google semakin menarik. Anda dapat melakukan chatting baik secara individu maupun conference.

APA PERBEDAAN GOOGLE HANGOUTS DAN GOOGLE TALK?

Dikutip dari Kompas.com, berikut perbedaan mendasar antara google hangouts, google talk dan google messenger:

Google+ Hangouts merupakan fasilitas video chat di situs jejaring Google+ yang berfungsi sama seperti video chat di Yahoo Messenger atau Skype. Sedangkan Google Talk (GTalk) adalah aplikasi chatting yang disediakan di Google Mail (Gmail) ataupun menjadi aplikasi chatting tersendiri di ponsel, seperti Yahoo Messenger ataupun WhatsApp.

Dalam artikel ini, Infodari akan menjelaskan tentang bagaimana cara mendapatkan Aplikasi Google Hangouts tersebut.

CARA INSTALL GOOGLE HANGOUTS dan CHATTING HANGOUTS DI PC / KOMPUTER

Fitur unggulan perusahaan Google yang diberi nama Google Hangouts ini dapat didownload atau diunduh secara gratis. Untuk dapat chatting menggunakan Google Hangouts, pastikan anda sudah memiliki akun google atau dengan google plus terlebih dahulu.

A. CARA DOWNLOAD DAN CARA PASANG GOOGLE HANGOUTS DI BROWSER GOOGLE CHROME.

1. Buka web browser Google Chrome di pc anda, tuliskan pada kotak web address alamat url berikut -> https://www.google.com/hangouts/

2. Klik tombol “Available for your computer”.

3. Tambahkan plugin google hangout dengan cara klik tombol add pada tampilan kotak atau box yang baru saja muncul.

4. Tunggu proses download plugin selesai. Pada kotak notifikasi windows anda (sudut kiri bawah), klik icon Hangouts.

5. Jendela chatting hangouts akan segera terbuka.

B. CARA SIGN IN MENGGUNAKAN AKUN GOOGLE ATAU GMAIL.

Setelah proses install google hangouts selesai, anda dapat segera login ke akun anda.

1. Klik tombol sign in, kemudian akan terbuka tab baru pada web browser Google Chrome anda.

2. Sign in ke akun google anda, masukkan email dan password anda, kemudian klik tombol “Masuk”.

3. Lihat kembali notifikasi di sudut kiri bawah. Jika proses sign in berhasil, maka icon tersebut akan berubah warna menjadi hijau. Klik kembali tombol tersebut. Maka akan terbuka jendela chatting baru.

C. CARA MEMULAI CHATTING HANGOUTS.

1. Untuk pertama kalinya belum ada daftar chatting. Silahkan tambahkan dengan mengklik tulisan “Start a new one”.

Atau jika anda sudah pernah melakukan chatting hangouts dalam akun gmail anda sebelumnya, maka di dalam box tersebut akan ditampilkan daftar teman chatting hangouts yang pernah anda lakukan di dalam gmail anda sebelumnya.

2. Klik pada nama teman yang anda tuju untuk memulai chatting. Anda dapat chatting dengan lebih dari satu orang sekaligus (tetap one by one, atau satu room untuk lebih dari 2 orang atau conference).

  • Untuk mencari nama teman, anda dapat klik tombol “loop”, dan ketikkan nama teman yang anda cari. Dalam daftar hasil pencarian, klik dua kali pada nama yang dituju.
  • Percakapan secara otomatis akan direkam. Anda dapat me-non-aktifkan otomatisasi pencatatan ini dalam tab setting atau tab pengaturan.
  • Jika anda ingin melakukan video chat, maka anda dapat klik tombol video kamera di bagian atas kotak chatting untuk mengaktifkan percakapan video anda. Pada box pop-up yang muncul, klik tombol “Allow” atau ijinkan.

3. Ketikkan kalimat atau text yang ingin anda kirim pada kolom paling bawah, kemudian klik enter pada keyboard anda untuk mengirim percakapan. Hasil yang terkirim dapat dilihat langsung pada kolom diatasnya, seperti yang saya contohkan dalam video.

4. Jika anda ingin menutup box percakapan dengan teman anda, klik tombol “x” yang berada di sudut kanan pada masing-masing kotak percakapan.

D. SETTING / PENGATURAN HANGOUTS

Setelah tahapan install google hangouts A-C dilalui, berikutnya anda dapat mengatur hangouts anda.

1. Tab setting pada setiap box chatting dengan teman, dapat anda buka dengan mengklik tombol “gear” di sudut kanan atas kotak chatting,

2. Tab Setting atau menu pengaturan secara umum dapat anda buka dengan meng-klik tanda panah ke bawah di bagian sudut kanan atas box hangouts utama. Disini anda dapat mengatur hangouts anda, mulai dari mengganti profile picture, suara notifikasi, archived hangouts, daftar undangan percakapan, daftar nama yang di blokir atau blocked peoples, dan mengkostumisasi setting invite atau setting undangan, set status dan mood anda, dan menu setting lainnya.

3.  Jika sudah selesai chatting, anda dapat melakukan sign out dengan mengklik tombol panah ke bawah di bagian kiri atas kotak utama hangouts.

E. MEMBUKA KEMBALI CHATTING HANGOUTS DI KEMUDIAN WAKTU.

1. Untuk mengaktifkan kembali google hangouts anda di kemudian waktu, klik notifikasi icon yang berada di sudut kiri bawah tampilan windows  anda, kemudian klik tombol hangouts,

atau

klik tombol “hangouts” pada web browser google chrome anda di sudut kanan atas browser google chrome anda.

Jika hangouts anda sedang mati akan  berwarna abu-abu, jika anda sedang aktif maka warnanya akan berubah  menjadi hijau.

Selesai… Kini pc anda sudah memiliki google hangouts. Selamat mencoba dan happy hangouts!

CARA PASANG GOOGLE HANGOUTS VERSI VIDEO:

Demikianlah uraian secara singkat mengenai proses langkah demi langkah cara install google hangouts di pc anda. Beberapa informasi lebih detail dapat tentang hal apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum anda menggunakan Google Hangouts, dapat anda baca di referensi resmi artikel Memulai Google Hangouts .

Comments

comments

2 thoughts on “Cara Install Google Hangouts di PC dan Penggunaannya

  • August 10, 2014 at 5:43 pm
    Permalink

    Wah boleh juga idenya.. nalarnya bisa dipasang di blog juga dong ya? loadingnya kira-kira berat ngga, mbak?

    Reply
    • August 12, 2014 at 10:03 am
      Permalink

      Saya sendiri belum pernah coba kalo pasangnya di blog… Sobat boleh banget bantu informasikan atau sharing ke temen2 infodari nanti bagaimana hasilnya jika dipasang di blog. Makasih banyak sebelumnya… :)

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: