Cara Import Blog WordPress ke Blogger atau Blogspot

Beberapa waktu lalu, saya menghadapi kesulitan saat saya akan melakukan import blog wordpress ke blogger / blogspot. Saya mencoba untuk mengimport isi blog saya ke dalam file xml, dan kemudian saya melakukan import ke blog baru di blogger.com yang sudah saya siapkan. Ternyata saya mengalami kendala. Proses import tidak dapat terselesaikan.

Namun demikian, setelah mencari tahu bagaimana cara menyelesaikan permasalahan tersebut, ternyata cara import blog wordpress ke blogspot masih cukup mudah. Hanya dengan menambahkan satu langkah saja, dari cara import blog ke blogger biasanya, proses import tersebut dapat berhasil.

Baik wordpress maupun blogspot menyediakan fitur export dan import didalamnya. Jadi kamu bisa melakukan proses export import isi blog dari wordpress ke blogspot, dan sebaliknya. Namun kamu tidak dapat mengimport theme yang kamu gunakan di wordpress ke blogspot. Kamu harus memilih dan memasang sendiri template yang memang khusus digunakan untuk blog di blogspot. Berdasarkan pengalaman kasus yang saya hadapi tersebut, saya ingin memberikan penjelasan bagaimana cara import wordpress ke blogspot.

CARA IMPORT BLOG WORDPRESS KE BLOGSPOT

TAHAP 1 (EXPORT)

Tahap pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan proses export di blog WordPress yang ingin kamu pindahkan isinya.

1. Login ke akun wordpress kamu. Baik pengguna wordpress di hosting sendiri, maupun pengguna wordpress gratis, dapat melakukan export import.
2. Buka dashboard blog wordpress.
3. Klik tab “Tools” pilih “Export”
4. Pilih isi blog apa saja yang ingin kamu export, apakah ingin mengexport postingan-postingan saja, atau halaman-halaman saja, atau keduanya.
5. Jika sudah lakukan pemilihan, kemudian klik “Download Export File”.

Proses download akan segera berlangsung. File download hasil export blog wordpress kamu biasanya akan diberi nama otomatis seperti “namablog.wordpress. com.tanggalexport.xml“. File ini adalah file yang khusus dibuat untuk membuat backup isi WordPress blog.

Dari kasus yang saya hadapi, ternyata ada satu langkah yang harus ditambahkan dari proses import biasanya (seperti export import dari wordpress ke wordpress, atau dari blogspot ke blogspot). Langkah ini yang saya lewatkan, sehingga pada saat itu saya gagal melakukan proses import blog wordpress ke blogspot.

File tersebut harus dikonversi terlebih dahulu untuk bisa diterima oleh Blogspot.

TAHAP 2 (KONVERSI)

Proses ini akan menggunakan Google Blog Converters, untuk melakukan konversi file xml yang sudah kita download tadi dari hasil export, yang tersimpan di harddisk.

Silahkan buka WordPress2Blogger Conversion utility.

Cara Import blog WordPress ke Blogspot
Cara Import blog WordPress ke Blogspot

Caranya:

1. Upload file kamu dengan menggunakan WordPress to Blogger tool dari link yang disebutkan diatas. (Klik “Browse” dan cari file xml hasil export¬† yang sudah didownload tadi).
2. Klik “Convert“.
3. Save atau simpan file hasil konversi kamu ke harddisk.

TAHAP 3 (IMPORT)

Sekarang kamu sudah memiliki file export blog wordpress kamu sebelumnya yang sudah dikonversi. Tahap terakhir yang harus dilakukan adalah saatnya melakukan import ke blogspot.

Kamu dapat membuat blog baru, atau melakukan import ke dalam blog yang sudah kamu miliki sebelumnya. Tanggal setiap postingan yang kamu import akan sesuai dengan tanggal saat kamu menerbitkan posting tersebut di wordpress sebelumnya.

Caranya:

1. Masuk ke akun blogger, dan buka tab “Settings“.
2. Pilih “Other
3. Klik “Import blog
4. Kamu harus mengalokasikan file hasil konversi tadi, blogger-import.xml . Kamu diharuskan untuk memasukkan kode CAPTCHA. Ini dilakukan untuk menghindari seseorang menggunakan script untuk melakukan hacking pada akun kamu, dan mengimport banyak postingan berupa spam.

(Yang saya lakukan sebelumnya adalah melakukan import dari hasil export file wordpress. Dan cara ini tidak bisa dilakukan atau gagal. Jadi pilihlah file export wordpress kamu yang sudah dikonversi)

5. Pilih salah satu, apakah kamu ingin melakukan otomatis publish pada setiap postingan yang berhasil di import, atau tidak.¬† Hilangkan centang pada pilihan “Automatically publish all posts”, jika kamu ingin hasil import disimpan sebagai draft. Pilihan ini sangat disarankan agar kamu bisa memeriksa dan meneliti kembali semua postingan yang berhasil di import sudah sesuai dengan keinginan atau belum.

SELAMAT!!! Kini kamu sudah berhasil melakukan import blog wordpress ke blogger dengan sukses! Pastikan setiap postingan kamu menampilkan semua gambar yang ada didalamnya. Jika belum sesuai, maka lakukan pembenahan.

Setelah proses import berhasil, jangan lupa untuk memberitahukan semua pengunjung blog wordpress kamu bahwa kamu telah memindahkan blog kamu ke blogspot. Di wordpress, pengaturan ini dapat kamu temukan dalam tab “Setting : Privacy“. Kamu harus pilih dan centang pilihan “Hide it from search engine” atau sembunyikan blog yang telah dipindahkan ini dari mesin pencarian. Cara ini merupakan cara untuk mempertahankan citra blog kamu di hasil pencarian Google, jangan sampai kamu tercap sebagai pemilik duplicate content atau pelaku plagiat (seperti menjadi spam blog).

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: