Bumbu Dasar Masakan Jepang

Tak perlu harus pergi ke negeri sakura Jepang, anda sudah bisa menyantap kelezatan makanan khas Jepang di Indonesia. Berbagai menu masakan Jepang sudah dapat di temui disini. Japanese Food pun sudah menjadi favorite bagi sebagian masyarakat Indonesia. Tahukah anda bumbu dasar yang digunakan pada aneka masakan Jepang? Di bawah ini ada beberapa bumbu dasar Masakan Jepang yang sering digunakan dalam berbagai jenis masakan khas Jepang yang lezat.

Jenis-jenis masakan Jepang menggunakan bahan-bahan tertentu, yang membuat aroma makanannya memang berbau masakan Jepang. Bahan-bahan dasar aneka masakan Jepang tidak biasa digunakan pada masakan Indonesia pada umumnya. Contoh Japanese Food yang terkenal misalnya, sushi dan sashimi, ramen, sop miso, menggunakan bumbu-bumbu khusus seperti yang akan disebutkan di bawah ini.

Nah, kalau Anda memang salah satu penggemar japanese food, yuk kita coba mengenal berbagai macam bumbu dasar masakan jepang khas yang mereka gunakan.

Tofu

bumbu menu masakan jepang -  tofu

Memiliki bentuk silinder yang dikemas dalam kemasan plastik tebal. Saat ini sudah banyak aneka macam rasa seperti ayam, udang atau telur. Tofu memiliki tekstur yang lembut dan warnanya putih kusam.

Uni paste

bumbu menu masakan jepang - uni paste

Salah satu bumbu utama dalam pembuatan sushi. Rasanya gurih karena terbuat dari telur landak laut yang dihaluskan. Bentuknya kental kecokelatan. Toko yang menyediakan bahan makanan Jepang biasanya menyediakan bumbu ini.

Shoyu

bumbu menu masakan jepang - shoyu

Disebut juga soy sauce atau kecap asin. Terbuat dari fermentasi kacang kedelai, tepung dan garam. Digunakan sebagai pelengkap makan sushi atau sashimi, atau dicampur dalam sup atau ramen

Hondashi

bumbu menu masakan jepang - hondashi

Umumnya dipakai sebagai bahan dasar dalam pembuatan sup dan saus. Terbuat dari bonio flakes, rumput laut serta teri besar direbus hingga sarinya keluar. Dijual dalam bentuk kemasan kecil dengan aroma khas seafood yang cukup tajam.

Miso

bumbu menu masakan jepang - miso

Terbuat dari fermentasi kedelai juga, tapi berbentuk pasta, rasanya asin. Digunakan sebagai bumbu sup miso atau ramen, bisa juga sebagai bumbu untuk daging, ayam atau ikan.

Jamur enoki

bumbu menu masakan jepang - jamur enoki

Bentuknya panjang dengan payung jamur yang kecil dan warnanya putih. Bahan ini sangat cocok jika digunakan untuk salad, sup atau digoreng. Biasanya dijual dalam kemasan kotak plastik atau plastik kedap udara.

Tepung Panko

bumbu menu masakan jepang - tepung panko

Tepung panir yang khas berwarna putih yang sering dipakai untuk melapisi bahan makanan yang digoreng seperti ayam, udang, cumi atau makanan lain. Saat ini sudah tersedia di pasar swalayan atau toko yang menjual bahan kue.

Wasabi

bumbu menu masakan jepang - wasabi

Berasal dari sejenis lobak yang dagingnya berwarna hijau, memiliki rasa pedas yang khas. Biasa dijual dalam bentuk pasta atau dalam bentuk segar. Digunakan pelengkap makan sushi dan sashimi.

Mirin

bumbu menu masakan jepang - mirin

Merupakan salah satu minuman beralkohol khas jepang yang terbuat dari beras. Rasanya manis dan biasa digunakan untuk masakan. Digunakan sebagai campuran saus teriyaki dan sup.

(Sumber: ghiboo.com)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: