Buat Keju Krim Mascarpone di Rumah

Keju Krim khas Italia atau yang disebut dengan Mascarpone, pembuatannya ternyata tidak sulit. Apalagi jika anda gemar menyantap Tiramisu, rasa keju krim ini tentu sudah tak asing lagi dengan lidah anda.Anda bisa membuat keju krim sendiri di dapur rumah anda. Cara mudah membuat keju krim ini pun cukup praktis dan tidak memerlukan banyak bahan. Berikut cara membuat keju krim sendiri di rumah yang mudah.

gambar keju krim Mascarpone“Mascarpone sebenarnya adalah keju krim Italia, bisa menjadi bahan dasar tiramisu. Bikin mascarpone gampang sekali; susu dan krim kental dikasih sedikit asam, bisa dari cuka, jeruk lemon, atau jeruk nipis. Gunakan peralatan yang higienis supaya tahan lama,” papar Chef Bara Pattiradjawane kepada Okezone usai acara “Time to Change” di Social House, Grand Indonesia, Jakarta, baru-baru ini.

Bahan-bahan buat keju krim seperti susu, krim, dan air jeruk, tambah Chef Bara, diaduk (bukan dengan mixer agar proteinnya tidak pecah) lalu didiamkan hingga ‘pecah’ alias proteinnya terpisah. Protein ini akan menggumpal di atas sedangkan bagian bawahnya terdapat cairan yang disebut butter milk. Butter milk biasanya diolah untuk pancake. Sementara, protein yang menggumpal tadi diperas, nah bagian yang tersisa itulah dinamakan mascarpone.

“Cepat sekali membuatnya, biasanya 15 menit untuk 1 liter susu,” imbuhnya.

Chef Bara memaparkan fungsi rasa asam hingga faktor higienis yang diperlukan dalam membuat mascarpone. “Asam berfungsi mengikat dan memisahkan protein susu dengan cairannya,” paparnya.

Meskipun buah mangga memiliki kadar asam, diakuinya, kadar asam pada mangga belum cukup untuk mengolah mascarpone. Sementara, faktor higienitas berguna menjauhkan susu dari bakteri.

“Proses sterilisasi agar tidak ada bakteri yang berkembang karena ini adalah produk susu, daily product, dan sensisitif sekali terhadap bakteri. Kalau tercemar, susu akan rusak,” tutupnya.

(sumber: http://www.okefood.com/read/2012/04/27/304/619693/buat-keju-krim-sendiri-yuk)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: