Berlian Jadi Obat Kanker Terbaru

Berlian merupakan perhiasan mewah yang selalu di idamkan oleh para wanita. Rasa cinta pun sering diungkapkan dengan barang yang dihiasi berlian. Namun tahukah anda, bahwa berlian ternyata menyimpan khasiat mujarab untuk mengobati kanker. Dan kini berlian jadi obat kanker terbaru.

Peneliti dari Universitas Northwestern di Evanston, Illionis telah menemukan kombinasi obat kemoterapi dengan partikel karbon bernama nanodiamonds. Temuan itu bisa menjadi solusi untuk jadi obat kanker terbaru.

Hasil temuan uini dinilai menjanjikan. Sebab obat antikanker yang standar biasanya menemui kegagalan hingga 90%, dalam pengobatan kanker ganas.

Nanodiamonds adalah partikel berbasis karbon berdiameter antara 2 dan 8 nanometer dengan struktur oktahedral terpotong. Partikel ini tidak beracun, dan tidak menyebabkan peradangan serta murah bila diproduksi dalam jumlah besar.

Pemimpin peneliti Dean Ho dan rekan-rekannya menguji teknik ini pada tikus dengan kanker hati dan payudara. Mereka memberikan obat antikanker doxorubicin dan nanodiamonds.

Pada kelompok tikus pertama diberikan kombinasi obat doxorubicin-nanodiamond dan kelompok lain hanya dengan obat tanpa nanodiamonds. Ditemukan, efektivitas doxorubicin pada tikus 10 kali lebih tinggi pada tikus yang diberikan nanodiamond jika dibandingkan dengan dengan tikus yang hanya diberi doxorubicin.

Dari hasil riset itu ditemukan juga bahwa nanodiamond-doxirubicin secara signifikan, mampu mengurangi ukuran tumor pada tikus dan meningkatkan ketahanan hidup.

Ho mengatakan kelebihan nanodiamonds ini karena bahan kimia pada permukaannya. Menurutnya permukaan berlian ini memiliki sifat yang berbeda, seperti muatan listrik sehingg obat bisa melekat pada satu permukaan netral. Hasil studi ini telah dipublikasikan pada minggu ini di jurnal Science Translational Medicine1 Maret ini.

Beberapa barang sehari-hari banyak yang ternyata mempunyai khasiat untuk mengobati penyakit, seperti seng yang mengurangi resiko masuk angin, dalam artikel sebelumnya. Siapa sangka jika indahnya berlian dapat mengobati kanker. Hasil riset pun telah membuktikan bahwa berlian jadi obat kanker terbaru.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: