Bebaskan Diri dari Virus Influenza yang Menyiksa

Pernah merasakan betapa menyebalkannya terkena sakit flu bukan? Penyakit yang satu ini membuat aktivitas anda terganggu, belum lagi rasa pusing yang menyertainya, benar-benar membuat tubuh tidak fit. Virus influenza ini sering datang tiba-tiba dan di saat yang tak terduga, bergantung kepada daya tahan tubuh anda. Terserang virus ini sering membuat anda mengalami sakit flu berkepanjangan.

Virus influenza akan menyerang kekebalan tubuh seseorang. Dan baru-baru ini, datang berbagai virus disertai DNA binatang seperti burung, babi, bebek, dan yang lainnya. Namun tak usah terlalu khawatir, penyakit sejenis flu burung dan yang lain, biasanya akan cepat ditanggapi oleh para ahli kesehatan, apalagi bagi negara-negara yang terkena wabahnya.

Tips Bangkit dari Sakit Flu / Pilek Akibat Serangan Virus Influenza

Terbebas dari Sakit Flu Terserang Virus Influenza
Image courtesy by marin | freedigitalphotos.net

1. Menangkis Virus dari Media Kontak

Di udara, begitu banyak bertebaran bakteri atau virus influenza yang sedang menyebar. Namun kita tak dapat melihatnya secara kasat mata. 3 Jalur yang virus gunakan untuk masuk ke tubuh anda, yaitu melalui mata, mulut dan hidung. Lalu bagaimana cara menghindari dari berbagai hal yang menjadi penyebab influenza terjadi?

Tips Perlawanan:

Virus banyak ditularkan melalui benda-benda yang sering tersentuh, misalnya gagang telepon, hand railing stair atau pegangan tangga, gadget, dan benda-benda lainnya. Usahakan tangan anda selalu bersih, bukan hanya sebelum dan sesudah makan saja, tetapi setelah bersalaman juga perlu. Sediakan sealalu instan hand atiseptic atau tisu basah yang siap sedia membersihkan tangan anda dimana saja, tak perlu mencari washtafel dahulu jika waktu belum memungkinkan untuk anda beranjak dari posisi anda. Bahkan di negara Jepang, sering ditemui mereka yang terserang sakit flu mengenakan masker agar tidak menulari orang lain di lingkungan sekitarnya.

2. Menghindari Penyerangan

Bayangkan ketika anda makan dengan menggunakan tangan tanpa sendok, atau ketika anda berada di dekat teman atau keluarga yang sedang terserang batuk. Dalam sekejap, virus akan begitu mudahnya hinggap dan merasa nyaman bersarang di tubuh anda. Lakukan tindakan pencegahan dari penyerangan virus semacam ini.

Tips perlawanan:

Meminta vaksin influenza ke dokter merupakan salah satu tindakan preventif. Minum air lebih banyak ketika masa penghujan atau musim kelembaban datang. Mengapa demikian? Menurut ahli, ada membran yang disebut sebagai Mucous Membran yang melapisi bagian atas sistem pernafasan, yang merupakan salah satu mekanisme perlindungan tubuh yang pertama bekerja dengan lebih optimal jika anda dalam kondisi lembab. Itulah sebabnya, minum lebih banyak air akan membantu anda menahan masuknya atau bahkan mengusir virus yang hinggap ke tubuh anda.

3. Mengelak dari Inkubasi

Virus-virus yang berhasil hinggap di tubuh anda akan segera menyerang sel-sel tubuh. Sebagai gambaran, virus ini akan dapat melintasi reseptor khusus yang berfungsi sebagai penjaga gawang, lalu masuk, dan sebisa mungkin membuat dirinya merasa nyaman. Padahal dampaknya, justru tubuh anda yang akan merasa sangat tidak nyaman.

Tips Perlawanan:

Jika dingin membuat tubuh anda terasa kedinginan dan ngilu, keluarlah dari ruangan dan segera duduk di teras. Tak masalah untuk membiarkan tubuh anda sedikit kedinginan dalam waktu pendek. Penjelasan yang singkatnya begini, eksposur singkat terhadap dingin setelah pemanasan yang baik akan menstimulasi kekebalan tubuh. Lakukan olah raga yang wajar dan tidak over. Meski menurut penelitian, olah raga tidak dapat memperpanjang atau mempersingkat masa penyembuhan, namun hormon yang membangkitkan rasa senang akan di produksi dalam tubuh anda.

4. Mencegah Infeksi

Zat genetik virus influenza akan memperbanyak diri setelah berhasil menyerang sel tubuh anda. Proses yang memerlukan waktu selama kurang lebih 12 jam ini akan membuat tubuh anda kemudian merasakan gejala tidak enak badan atau bahkan meriang. Jadi jangan berikan kesempatan kepada virus untuk semakin memperbanyak diri lagi.

Tips perlawanan:

Untuk melawan sakit flu yang datang setelah satu atau dua hari, anda dapat mencoba memendekkan durasi penderitaan dengan menggunakan obat seperti Panadol, procold, decolgen, atau fludexin. Saat hidung mulai mengeluarkan ingus, tenggorokan gatal, dan tubuh semakin lemas, maka minumlah decongestan. Zat aktif ini biasanya mengandung pseudoepherdrine (zat yang dapat membuka saluran hidung), dan dapat membuang virus dari tubuh. Jangan lupa untuk memperhatikan tanggal kadaluarsa dan keterangan lengkap di balik kemasannya saat meminum obat.

Namun penggunaan obat-obatan harus tetap hati-hati dan teliti. Apalagi jika anda punya riwayat penyakit lainnya, seperti diabetes, darah tinggi, atau yang lainnya. Akan lebih baik jika anda mengunjungi dokter langsung untuk mendapatkan pemeriksaan dan resep obat yang sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh anda.

5. Melawan Sakit

virus yang berhasil berkembangbiak akan segera melepaskan diri dari induknya. Mereka akan berburu lokasi sel-sel lainnya dalam tubuh anda untuk dihinggapi dan di infeksi. Inilah saat-saat dimana anda akan merasa tersiksa, anda dapat mengalami meriang, demam, dan hidung meler terus menerus mengeluarkan ingus. Namun masa ini merupakan masa perlawanan tubuh anda untuk mengusir virus dan aksinya dari dalam tubuh.

Tips perlawanan:

Jangan paksakan kelemasan dan kelemahan diri anda untuk terus melakukan aktivitas berat, misalnya tetap pergi ke kantor, kuliah, sekolah dan bekerja. Gunakan waktu untuk benar-benar beristirahat. Jika anda masih merasa mampu untuk berkegiatan, maka berolah raga sedikit, dan setelah pulang dari beraktivitas di luar rumah, putuskan untuk langsung pulang ke rumah. Hindari kegiatan yang dapat memperburuk keadaan tubuh anda, misalnya seperti pergi clubbing dan minum. Jangan memaksa membuang ingus, namun hapuslah ingus yang keluar. Menurut penelitian, ingus yang dipaksa dibuang dari hidung, ana akan memblokir sinus dengan lendir yang penuh dengan bakteri. Biarkan virus keluar secara alami agar kesembuhan anda dapat lebih cepat.

6. Mau Sembuh atau Lebih Parah?

Gejala seperti tenggorokan gatal, hidung tersumbat, bersin-bersin, pusing, seharusnya akan lenyap dalam waktu 1 minggu. Waktu ini adalah waktu rata-rata yang dibutuhkan oleh tubuh anda melawan infeksi virus. Tapi jika anda tetap membandel dengan membuat aktivitas atau kegiatan yang bisa memperburuk kesehatan, maka infeksi virus influenza akan bergerak lebih leluasa dan lebih gencar lagi masuk ke dalam: masuk ke sistem pernapasan, termasuk ke paru-paru. Jika sampai tahap ini, maka anda bisa mengalami batuk. Batuk juga merupakan cara tubuh anda mengeluarkan virus.

Tips Perlawanan:

Datangi dokter dan periksakan kondisi kesehatan anda. Dokter biasanya kemudian akan memberikan resep obat yang dapat mencegah serangan infeksi sekunder seperti misalnya bronchitis atau pneumonia. Menurut Penuturan Dr. Nirwan, Arief., F.C.C.P, ahli paru di RS. Persahabatan, “Sebenarnya untuk mengatasi virus flu tidak bisa menggunakan antibiotik. Tapi, pemberian antibiotik dilakukan untuk mengatasi komplikasi lainnya.”

7. Pergilah Virus!

Sel-sel dalam tubuh anda sudah bekerja sepanjang waktu melawan virus flu sejak terserang. Berikutnya, sel tubuh akan bekerja lagi untuk membersihkan sisa-sisa kotorannya. Percaya tidak percaya, sel daya ingat akan membantu anda melawan virus dan membuat anda kebal dari serangan virus ini lagi. Kumpulan sel daya ingat membuat anda lebih jarang terkena flu atau pilek dibandingkan masa balita dulu.

Tips Perlawanan:

Kembalikan tubuh anda untuk kembali beraktivitas normal seperti biasanya, jika anda sudah merasa lebih baik dan gejala-gejala yang menyiksa anda sudah terasa hilang.

Berusahalah untuk tetap menjaga kesehatan anda dengan menjauhi hal-hal yang dapat menyebabkan tubuh anda terjangkit oleh virus influenza lagi. Ubah kebiasaan buruk anda dalam banyak hal untuk tetap menjaga kebersihan pada tubuh dan lingkungan anda.

Referensi: Majalah Men’s Health, April 2005

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: