Beasiswa Ke Luar Negeri Bikin Biaya Kuliah Lebih Ringan

Masalah keinginan banyak calon mahasiswa yang ingin kuliah di luar negeri kini bukan lagi jadi hal yang terlalu sulit. Banyak institusi lokal maupun internasional, negri maupun swasta, menawarkan berbagai program beasiswa ke luar negeri pilihan bagi siswa siswi lulusan SMA.  Banyak pula universitas-universitas di luar negeri memberikan kesempatan dan peluang untuk mahasiswa asing mengikuti pendidikan disana. Dengan mendapatkan beasiswa, tentu dapat meringankan biaya kuliah kamu bukan?

Pilih negara tujuan dari beasiswa kuliah ke luar negeri yang ingin kamu incar, beserta jurusan atau fakultas yang sesuai, misalnya beasiswa fakultas kedokteran, fakultas teknik, fakultas art dan macam-macam jurusan / fakultas lainnya.  Misalnya saja apakah kamu akan memilih program beasiswa Jepang, beasiswa Jerman, beasiswa Australia, Beasiswa Korea, dan beasiswa luar negeri lainnya. Kamu bisa memilih beberapa jenis program beasiswa yang bisa kamu coba. Pilih mana yang paling cocok untuk kamu coba ikuti. Hal paling mendasar yang harus kamu ketahui adalah tentang jenis-jenis beasiswa kuliah di luar negeri.

berburu beasiswa ke luar negeri
Image courtesy by digitalart | freedigitalphotos.net

Jenis beasiswa itu apa aja sih?

  • Beasiswa Penghargaan

Beasiswa penghargaan merupakan beasiswa yang diberikan kepada calon penerima beasiswa yang memiliki keunggulan akademik. Disini akan diperhitungkan prestasi akademik secara keseluruhan, misalnya dalam bentuk IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif.

  • Beasiswa Bantuan

Beasiswa Bantuan ini adalah beasiswa yang diberikan untuk memberikan dana perkuliahan atau kegiatan akademik bagi calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan biaya, namun memiliki prestasi yang cukup tinggi. Untuk mendapatkan beasiswa ini, pihak terkait akan memperhitungkan pendapatan orangtua calon penerima beasiswa, jumlah saudara kandung yang juga sedang mengikuti studi, berbagai pengeluaran, biaya hidup, dan lain-lain.

  • Beasiswa Atlet

Atlet yang berbakat dapat memiliki kesempatan untuk meraih beasiswa atlet. Mereka yang akan menerima beasiswa ini adalah calon-calon mahasiswa yang berprestasi di bidang olah raga. Dan bisanya, atlet populer yang dipilih akan dijadikan tim atlet perguruan tinggi yang bersangkutan. Kamu yang memiliki prestasi di bidang ini, tak perlu mencari-cari kesempatan beasiswa, karena biasanya justru pihak universitas pemberi beasiswa sendiri yang akan mencari kandidatnya.

  • Beasiswa Penuh

Ada beberapa beasiswa yang hanya memberikan biaya akademik selama masa perkuliahan yang akan dijalaninya. Namun jenis biaya beasiswa penuh biasanya akan meng-cover berbagai kebutuhan lainnya, seperti biaya-biaya kebutuhan hidup, kelengkapan buku, selain dari biaya akademis yang akan diterimanya.

Tips Untuk Pemburu Beasiswa Ke Luar Negeri

1. Bahasa Inggris

Jangan lupakan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang biasanya menjadi salah satu persyaratan mutlak untuk dipenuhi. Ada pula beberapa negara yang memberikan persyaratan untuk penyandang beasiswa menguasai bahasa lokal. Dan biasanya, universitas yang membuka peluang beasiswa bagi mahasiswa asing menyediakan kelas khusus bahasa inggris di dalam perkuliahan.

2. Mencari Informasi

Coba cari informasi beasiswa ke luar negeri apa saja yang available dari berbagai sumber, misalnya dengan mencari informasi di internet, media massa, maupun dari berbagai situs institusi-institusi, atau informasi beasiswa dari bagian administrasi fakultas, dan dari berbagai sumber lainnya. Ikuti pula beberapa mailing list, forum di internet, facebook grup, mengunjungi situs / website agen pendonor seperti USAID (lembaga donor dari Amerika Serikat), Ausaid (agen donor dari Australia), Chavening Award (beasiswa dari British Council), ataupun mengunjung situs-situs kedutaan.

3. Siapkan dokumen-dokumen

Jangan lupa untuk mencatat persyaratan dan berbagai kebutuhan dokumen penting untuk mendaftar program beasiswa luar negeri yang harus disertakan dari universitas yang dituju. Ada beberapa tips dan trik agar anda dapat lolos mengikuti program beasiswa luar negeri.

Nah sobat Infodari, tertarik dengan banyaknya tawaran menarik program beasiswa s1 luar negeri yang belum kamu dapatkan informasinya saat ini? Coba hunting beasiswa mulai dari sekarang, jangan tunggu masa perkuliahan datang. Kamu dapat memulai pencarian jauh-jauh hari sebelum masanya tiba. Jangan cari informasi terlalu dekat dengan waktunya. Berburu beasiswa S1 dapat dikejar saat kamu di posisi tingkat akhir SMA, atau saat memasuki semester ketiga di Perguruan Tinggi yang kamu jalani saat itu.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: