fikathiana April 12, 2017 @ 11:29AM

cara aman membuat slime tanpa boraxDilihat dari bahan yang digunakan untuk membuat slime ini adalah borax, sehingga ada sebagian orang yang tidak ingin menggunakan borax untuk aktivitas permainan bagi anak-anaknya. Bahan apa saja dan bagaimana cara aman membuat slime tanpa borax? Infodari akan membahas sedikit tentang seputar Permainan Anak Slime ini bagi anda yang tidak ingin membuat slime menggunakan Borax. Jangan khawatir, karena pembuatan slime ini sangat flexible, tidak harus menggunakan borax untuk membuatnya. Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan lain yang lebih aman untuk membuat slime yang aman dimainkan oleh anak-anak.

Permainan ini sudah mulai muncul di tahun 2015 lalu, namun semakin hari permainan Slime semakin populer. Permainan slime sangat disukai anak-anak karena teksturnya yang elastis, kenyal, dan warna-warnanya dapat dimainkan sesuka hati.

APA ITU SLIME?

Dikutip dari Wikihow, slime didefinisikan sebagai berikut

Slime—kadang-kadang disebut “Gak” atau “Oobleck“—adalah segumpal bahan yang kental/pekat dan lengket seperti lem yang terasa dingin dan menjijikkan bila disentuh.


Untuk memiliki slime, sebenarnya anda sudah bisa membelinya di toko permainan anak-anak. Namun kebanyakan orang kini memilih membuat slime sendiri di rumah, karena membuat slime ini sebenarnya cukup mudah. Dengan membuatnya sendiri di rumah, maka biaya untuk memiliki slime akan lebih murah dan dapat lebih aman dimainkan anak-anak.

BAHAN BAHAN MEMBUAT SLIME

Bahan baku slime sebenarnya terdiri dari campuran bahan kimia yang dianamakan Borax (sodium borate, sodium tetraborate, or disodium tetraborate) baik yang cair atau powder, yang dilarutkan dalam air bersama dengan lem putih, dan pewarna.

Kesehatan Canada mengeluarkan peringatan khusus tentang Slime yang menggunakan bahan baku borax yang juga dikenal sebagai Boron atau Asam Borat.Mereka menghimbau agar masyarakat menghindari penggunaan borax untuk kegiatan seni, apalagi untuk anak-anak.

Namun demikian, ada pula yang menyatakan bahwa sebenarnya borax tidak terlalu berbahaya jika dimainkan. Borax hanya akan menjadi racun berbahaya jika terkonsumsi, masuk ke tubuh, dalam jumlah yang yang banyak.

MANFAAT SLIME

  • Slime merupakan salah satu jenis permainan anak yang dapat melatih sensorik anak dengan baik, seperti halnya permainan anak-anak Lego. Manfaatnya bagi perkembangan anak diantaranya adalah dapat menjadi permainan yang membantu daya kreatifitas, imajinasi, pelepas jenuh dan latihan konsentrasi anak.
  • Slime juga dapat digunakan sebagai bahan pembersih untuk sudut-sudut berdebu yang sulit dijangkau pada perkakas di rumah. Sifatnya yang agak lengket namun bisa dicabut atau diambil (tidak menempel permanen), maka slime bisa menjadi alat pembersih yang berguna. Diantaranya adalah untuk membersihkan lekukan-lekukan keyboard, sudut-sudut jendela, jeruji kipas angin, lekukan lekukan berdebu lainnya. Tak heran jika slime ini mudah kotor.
  • Selain untuk permainan kreativitas, slime juga sering digunakan untuk acara-acara tertentu sebagai pengganti air untuk guyur mengguyur. Di channel TV Nickelodeon sudah sering digunakan untuk menghebohkan suasana ceria anak-anak.

MACAM-MACAM BAHAN DAN CARA MEMBUAT SLIME AMAN TANPA BORAX

Ada beberapa cara membuat slime termudah, dengan menggunakan bahan-bahan membuat slime yang mudah didapatkan. Sebagai alternatif membuat slime yang aman tanpa borax, dapat digunakan bahan-bahan lainnya yang ada disekitar kita. Berikut ini beberapa jenis slime yang dibuat dari bahan alternatif pengganti borax:

1. Slime terbuat dari Tepung Maizena (Cornstarch Slime)

Campurkan Cornstarch dan air bersih, kemudian diaduk hingga merata. Penambahan air dilakukan sampai mencapai tingkat kekentalan yang diinginkan atau sesuai selera. Biasanya perbandingan bahan yang digunakan antara cornstarch dan air adalah 2:1. Untuk membuat warna-warna yang beragam, gunakan pewarna makanan sesuai yang diinginkan. Anda dapat memanaskan hasil pencampuran tadi agar lebih mudah dikombinasikan, dan jika sudah dingin dapat disimpan dalam wadah yang dapat disimpan untuk dimainkan lagi di waktu berikutnya.

2. Slime terbuat dari bubuk Fiber (Powdered Fiber Slime)

Cara  aman membuat slime berikutnya adalah dengan menggunakan Fiber. Bahan fiber adalah salah satu bahan pengganti borax untuk membuat slime. Bahan ini dapat anda beli di toko obat atau supermarket. Cara pembuatannya hampir sama dengan pembuatan Cornstarch slime. Campuran fiber dan air bersih ini memanfaatkan proses pemanasan untuk mencapai tingkat kekentalan atau konsistensi yang diinginkan. Proses pemanasan dapat dilakukan beberapa kali dengan microwave hingga mencapai kekentalan sesuai selera.

3. Slime terbuat dari Liquid Starch (Liquid Starch Slime)

Liquid starch biasa digunakan sebagai penghilang noda pada pakaian. Belilah versi consentrate dari toko dan campurkan dengan air. Cara lain yang lebih praktis adalah dengan mencampurkan bahan-bahan baku cornstarch, air dan perasan jeruk lemon. Begitu bahan-bahan sudah tercampur merata, anda dapat menambahkan air lagi dengan lem cair untuk mendpatkan kekentalan yang diinginkan.

4. Edible Glow in The Dark Slime

Metode pembuatan Ediblel Glow in The Dark Slime ini juga menggunakan fiber sebagai salah satu bahan bakunya. Dengan penambahan tonic water, makan slime ini dapat menjadi slime yang dapat bersinar dalam kegelapan.

3 JENIS GLOW IN THE DARK

  • Fosfor : Bahan ini berbentuk bubuk. Reaksi cahaya dapat muncul setelah menyerap dan menyimpan cahaya dari matahari maupun  dari cahaya lampu. Jenis bahan glow in the dark ini hanya mampu bercahaya selama 1 jam saja didalam ruangan.
  • Ultraviolet / UV : Untuk jenis ini hanya mampu bersinar bila tersorot sinar Ultraviolet . Jenis bahan baku glow in the dark yang satu ini dapat bercahaya secara terus menerus selama masih tersorot cahaya ultraviolet, Tingkat terang yang dihasilkan tergantung seberapa besar cahaya ultraviolet yang diserapnya, selain itu kondisi redup ruangan juga sangat berpengaruh.
  • Reflective : Jenis ini paling banyak digunakan untuk membuat barang-barang glow in the dark, sifatnya yaitu dapat bercahaya / bersinar setelah tersorot cahaya maupun infra merah seperti nyala mata kucing .

5. Slime terbuat dari Detergent (Laundry Detergent Slime)

Bahan pengganti Borax untuk membuat slime yang lain adalah sabun cuci pakaian cair. Namun diingatkan, bahwa sebenarnya bahan detergen atau sabun cuci sendiri sebenarnya sudah mengandung borax. Campurkan sabun cuci cair dengan lem dan pewarna makanan. Pembuatan Slime dengan detergen ini merupakan cara yang paling praktis karena tidak perlu menggunakan air ataupun proses pemanasan.

Infodari tidak akan membahas lebih detail bagaiman cara membuat slime dengan berbagai cara. Namun dalam artikel ini, Infodari hanya membahas tentang bahan-bahan pengganti borax saja agar anda dapat menyiapkan bahan baku pembuatan slime yang aman. Informasi artikel online mengenai cara-cara membuat slime sudah banyak di internet. Berikut ini ada beberapa ide-ide lain sebagai cara alternatif membuat slime dengan bahan baku selain borax.

CARA AMAN MEMBUAT SLIME MENGGUNAKAN BAHAN BAKU SLIME PENGGANTI BORAX LAINNYA

Membuat Slime bisa dilakukan dari bahan-bahan:

1. Tanpa borax dan tanpa lem
2. Tanpa borax, menggunakan lem
3. Activator
4. Lem Povinal
5. Bedak bayi
6. Shampoo
7. Sabun Mandi
8. Detergen bubuk
9. Susu Cair
10. Lem UHU

Berikut ini ada salah satu rekomendasi referensi video tentang  cara mudah membuat slime DIY yang bagus.



%d bloggers like this: