fikathiana June 22, 2017 @ 8:38AM

Sebuah blog pada dasarnya bisa dibuat dengan mudah. Blog bisa dibuat dengan gratis maupun berbayar. Jika berbayar, makan anda harus membeli domain sendiri. Artikel dari kali ini akan membahas tentang bagaimana cara membuat blog secara gratis dan mudah. Yuk mari kita bersama belajar membuat blog.

Sebelum melangkah ke teknis cara membuat blog, anda harus tentukan terlebih dahulu apa tema blog atau topik utama dalam blog anda. Akan berisi tentang apakah blog yang anda buat. Lalu anda tentukan dimana anda akan membuat blog tersebut. Jika anda ingin membuat blog gratis, maka anda punya pilihan situs atau platform blog gratis seperti dibawah ini:

1. di Blogspot (Blogger.com)====> nama blog anda akan menjadi: http://namabloganda.blogspot.com
2. di WordPress (WordPress.com)====> nama blog anda akan menjadi: http://namabloganda.wordpress.com

Sebenarnya masih banyak sekali tempat membuat blog gratis lainnya. Anda juga dapat memilih tempat dimana anda bisa membuat blog gratis dari daftar dalam artikel ini:  10 blog host gratis yang banyak diminati. Namun kali ini kita hanya akan membahas tentang cara membuat blog di blogger dan wordpress saja.

Platform blog antara blogger dan wordpress.com berbeda. Keduanya sangat mudah digunakan, dan punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa pilih mana yang anda suka dan mana yang paling mudah digunakan. Sebagian orang memilih menggunakan blogspot karena blogspot merupakan platform blog keluaran google.


Jika anda sudah memulai membuat blog, maka tujuan atau misi anda membuat blog dapat berkembang dengan sendirinya nanti, baik itu blog yang awalnya hanya sejedar blog pribadi atau blog untuk berbisnis. Seluk beluk tentang blog lebih dalam dapat ikuti di tahap berikutnya nanti.

Silahkan klik judul artikel berikut untuk mengikuti langkah-langkah membuat blog:
1. Belajar membuat blog gratis di Blogger.com
2. Belajar membuat blog gratis di WordPress.com

Untuk kelanjutannya, setelah anda memilikiblog, anda bisa mengembangkan ide anda di dalam blog yang anda kelola. Teknik dalam blogging anda pelajari kemudian, seperti bagaimana cara meningkatkan jumlah visitor ke blog anda, bagaimana cara menghasilkan uang dengan blog, bagaimana cara menggunakan (Search Engine Optimazation), dan masih banyak lagi teknik lainnya dalam ilmu seputar blogging yang dapat anda pelajari selanjutnya.



%d bloggers like this: