Bagaimana Cara Mengatasi Susah Tidur Malam ?


Apakah anda sering mengalami susah tidur di malam hari? Jika ya, bukan hanya anda yang sering mengalami hal ini. Penyakit susah tidur atau yang lebih dikenal dengan insomnia ini sering dialami oleh banyak orang dengan berbagai penyebab susah tidur. Akibat susah tidur biasanya menyebabkan seseorang menjadi kurang tidur dan nampak kurang sehat. Bagaimana cara mengatasi susah tidur malam? Dibawah ini akan infodari.com berikan seputar tips mengatasi susah tidur tentang bagaimana cara mengobati susah tidur.

Ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu penyebab susah tidur malam itu terjadi. Seseorang yang tidur dengan waktu tidur yang cukup cenderung lebih sehat. Sebaliknya, seseorang yang kurang jumlah jam tidurnya biasanya cenderung kurang sehat. Wajah dan mata akan terlihat tidak segar. Maka dari itu, usahakan tidur anda cukup dan hindari susah tidur di malam hari.

Penyebab susah tidur diantaranya bisa dikarenakan:

1. Meningkatnya tingkat kecemasan, stress atau ketegangan pada dirinya.

2. Susah tidur malam juga bisa dikarenakan lingkungan yang tidak mendukung untuk tidur malam, terlalu bising atau bahkan suasana menyeramkan karena terlalu sepi, sehingga kadang-kadang pikiran sering melayang-layang ke hal-hal yang justru ditakuti.

3. Penyebab susah tidur bisa karena punya penyakit seperti asma, sering buang air kecil,

4. Susah tidur juga bisa disebabkan karena perubahan pola hidup seseorang.

5. Penyebab susah tidur juga bisa karena anda punya kebiasaan yang tidak baik seperti minum kopi menjelang tidur, menonton film horor atau yang menegangkan sebelum tidur.

6. Pola makan yang tidak teratur sehingga anda sering mengalami lapar di malam hari.

Nah itulah diantaranya penyebab susah tidur malam yang sering terjadi pada kebanyakan orang.
Mengobati susah tidur atau mengatasi susah tidur terkadang dirasakan sangat sulit.

Cara mengatasi susah tidur malam:

1. Langkah pertama, cari penyebabnya terlebih dahulu. Barulah anda cari solusinya cara mengatasi anda susah tidur.

2. Jika ternyata anda stress atau cemas, coba selesaikan masalah stress anda dengan bermacam cara seperti curhat kepada teman terdekat, berlibur, atau melakukan kegiatan yang sifatnya penghilang stress lainnya seperti jalan-jalan atau ke tempat rekreasi. Atau anda bisa melakukan hobby anda untuk menghilangkan stress anda seperti bernyanyi, olah raga, atau hobby anda lainnya yang sifatnya menyenangkan dan menyehatkan.

3. Jika ternyata anda punya suatu penyakit, maka  konsultasikan dan lakukan pengobatan rutin terhadap penyakit yang anda derita ke dokter.

4. Jika ternyata anda berada di lingkungan yang bising, usahakan anda temukan cara untuk menyamankan suasana menjelang tidur anda seperti dengan mendengarkan lagu-lagu pengantar tidur.

5. Hilangkan kebiasaan kurang baik seperti minum kopi sebelum tidur, atau sering menggunakan kamar tidur untuk kegiatan selain tidur. Biasakan untuk menggunakan kamar khusus untuk tempat istirahat dan tidur saja, bukan untuk bekerja.

Cara menghindari susah tidur:

1. Jangan mengkonsumsi makanan berat setidaknya 2 hingga 3 jam sebelum tidur.

2. Lakukan relaksasi seperti meditasi atau yoga. Hal ini bisa membantu anda menurunkan tingkat stress dan kecemasan anda.

3. Hindari asupan kafein, alkohol dan nikotin menjelang tidur. Kecuali anda memang tidak ingin tidur awal untuk menghindari rasa ngantuk.

4. Minum segelas susu hangan atau bisa ditambahkan madu.

5. Pertahankan suasana tenang dan nyaman di kamar tidur anda hingga bisa membuat kamar lebih hangat dan rileks untuk istirahat dan tidur.

6. Jangan menunda tidur dimalam hari. Ketika anda sudah mengantuk, maka segeralah tidur.

7. Badan yang terasa bersih dan segar akan lebih  nyaman digunakan untuk tidur. Maka mandilah dengan air hangat sebelum tidur juga bisa membantu anda terhindar dari susah tidur.

8. Ciptakan suasana tenang dan rileks sebelum tidur dengan mendengar lagu-lagu pelan pengantar tidur.

9. Jika anda senang dengan membaca buku, hal ini juga bisa membantu anda untuk pengantar tidur. Maka bacalah buku sebelum tidur, maka biasanya lama-lama rasa kantuk akan datang.

10. Sembunyikan jam dari pandangan anda. Ini akan membuat anda sering menghitung waktu disaat anda tidak bisa tidur.

11. Jangan mengonsumsi obat tidur, hal ini akan membuat anda menjadi ketergantungan. Atasi masalah susah tidur anda dengan sesuatu yang lebih natural.

12. Hindari mendengar, atau melihat cerita-cerita atau film yang menegangkan dan menyeramkan menjelang tidur. Hal ini akan menyebabkan imajinasi anda terbawa ke hal-hal yang baru saja anda lihat.

13.  Biasakan waktu tidur anda teratur setiap harinya, untuk mendapatkan waktu tidur yang ideal untuk kesehatan anda. Dan perbanyak minum air putih.

Cara mengobati susah tidur harus diawali dari diri anda sendiri. Baca juga artikel menarik lainnya tentang: Semoga artikel ini bisa membantu anda mengatasi susah tidur anda. Sehat, adalah hal terpenting dalam hidup kita. Baca juga artikel menarik lainnya tentang: 10 Hal yang Membuat Wanita Sebal Berada Didekat Pria, 10 Jenis Makanan Bergizi Cegah Rambut Rusak6 Kebiasaan Yang Tanpa Disadari Dapat Merusak Kulit, Informasi Lokasi Day Care Jakarta dan Bandung.




Dapatkan Artikel-artikel Menarik Infodari.com ke Inbox-mu!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


seven − 2 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>