Ayam Goreng Mentega Resep Sederhana dan Praktis

Salah satu masakan Indo yang saya dan keluarga suka adalah ayam goreng mentega. Ayam goreng mentega kebanyakan memerlukan bahan atau bumbu yang lumayan banyak. Tapi ternyata, dengan bahan seadanya di dapur, anda bisa membuat ayam goreng mentega yang lezat untuk di sajikan di meja makan lho. Saya akan berbagi resep sederhana dan praktis untuk membut ayam goreng mentega enak.

Biasanya, saya sedia ayam yang sudah dicuci bersih dan dipotong-potong di freezer untuk siap dimasak, karena anak saya memang sangat menyukai ayam. Ayam tersebut saya olah menjadi berbagai macam olahan masakan. Namun terkadang, disaat saya belum sempat belanja bumbu-bumbu dapur lengkap, maka saya sering memanfaatkan bahan seadanya yang ada didapur.

Terinspirasi dari resep sederhana ayam goreng mentega dari mertua tercinta, saya pun ingin menuliskan rahasianya. Ternyata membuat ayam goreng mentega dapat memanfaatkan bumbu seadanya di dapur.  Ayam goreng ini juga suka disebut sebagai ayam goreng saus mentega. Nah, bagaimana cara membuat ayam goreng mentega praktis tersebut. Yuk kita lihat langsung resep sederhana masak ayam berikut ini ya.

Bahan utama:ayam goreng mentega Sederhana

1 kg Ayam Goreng

Bumbu halus ungkep:

5 siung bawang putih
1/2  sdt Merica butir
Garam
Jeruk limau

Bumbu oseng:

  • 2 sdt minyak wijen (jika ada)
  • 3 siung bawang putih, cincang halus (geprek dan cacah)
  • 1 ruas jari jahe digeprek (jika ada)
  • 1 siung bawang bombay, iris tipis (jika ada)
  • 1 batang daun bawang, cacah halus
  • 3 sdm mentega
  • 2 sdm saus tiram (jika ada)
  • kecap banyaknya sesuai selera
  • minyak goreng untuk menggoreng ayam dan menumis bumbu
  • 3 sdm air putih secukupnya
  • garam dapur secukupnya
  • gula putih secukupnya
  • merica bubuk secukupnya

Cara membuatnya ayam goreng saus mentega:

  1. Haluskan bumbu ungkep.
  2. Ayam yang sudah dipotong-potong, lumuri dengan bumbu halus ungkep hingga merata. Kemudian simpan dalam tempat tertutup, dan masukkan ke dalam lemari es (bukan di freezer). Diamkan hingga 2-3 jam agar bumbu meresap.
  3. Siapkan minyak goreng untuk menggoreng ayam. Goreng hingga setengah matang saja (goreng sebentar saja). Angkat dan oleskan ayam yang telah digoreng dengan mentega selagi panas dengan kuas.
  4. Panaskan mentega dan minyak wijen. Masukkan bumbu oseng bawah putih, bawang bombay. Bubuhkan bumbu-bumbu, garam, gula, merica, kecap, dan saus tiram. Tidak menggunakan saus tiram pun tidak apa-apa. Tambahkan sedikit air putih.
  5. Masukkan ayam yang telah dilumuri mentega. Aduk rata. Tutup masakan, dengan penutup penggorengan. Dengan maksud agar bumbu meresap. Goreng hingga ayam matang.
  6. Buka penutup penggorengan. Terakhir masukkan bawang bombay dan bawang daun. Setelah semua cukup matang, angkat dan siap disajikan.

Mohon maaf kalau belum sempat membuat foto asli hasil buatan sendiri, karena belum sempat ambil fotonya. Untuk sementara foto yang saya gunakan, hasil searching di google dari dapurcobek.blogspot.com. Karena hasil jadinya mirip dengan gambar tersebut.

Banyak resep olahan ayamnya yang sangat beragam dan variatif, misalnya ayam masak merah, nugget ayam , ayam betutu, ayam goreng kremes dan masih banyak lagi pilihan yang boleh dicoba.

Resep diatas merupakan resep mertua yang sampai hari ini masih disukai oleh para anak dan menantu tercinta lho. Hehehe… Resep ayam goreng mentega sederhana yang praktis sekali. Dengan sedikit modifikasi yang saya tambahkan, mudah-mudahan bisa menambah kelezatan cita rasa resep mertuaku tersayang. Thanks Mom… ^_^

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: