Atasi Kulit Berjerawat dengan Yogurt

Selain sebagai minuman sehat, Yogurt juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit waja agar tetap awet muda, bersih dan sehat. Yogurt dapat dengan anda beli di supermarket ataupun anda membuat yogurt sendiri dengan cara mudah. Tahukah anda, jika kandungan zat dalam yogurt ternyata bisa mengatasi masalah jerawat di kulit wajah anda. Apa dan bagaimana cara atasi kulit berjerawat dengan yogurt? Yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Konsumsi yogurt akan membantu memerangi jerawat dari dalam karena yogurt mengandung banyak vitamin dan mineral yang membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam menghadapi bakteri termasuk bakteri penyebab jerawat. Selain itu, kandungan asam dari yogurt merupakan asam alami yang akan efektif untuk mengurangi penyumbatan minyak pada pori-pori.

Konsumsi yogurt bersama dengan diet makanan yang tinggi vitamin, mineral dan protein akan membuat kulit terjaga kehalusan, kelembutan dan elastisitasnya.

Sebelumnya kita lihat dulu khasiat yogurt pada umumnya.

1. Sebagai sumber probiotik, terutama lactobacillus.
2. Memperlancar saluran pencernaan.
3. Menyeimbangkan mikroflora usus, dimana bakteri menguntungkan bisa mendominasi bakteri jahat sehingga racun di tubuh bisa diturunkan.
4. Konsumsi secara teratur bisa menjadi salah satu cara mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.
5. Makanan alternatif bagi penderita intoleransi laktosa, karena laktosa dalam susu sudah diubah menjadi asam laktat di yoghurt sehingga tidak menyebabkan diare.
6. Sebagai sumber protein dan kalsium.
7. Salah satu makanan yang dianjurkan dalam terapi anti aging karena melambatkan penuaan.
8. Meningkatkan kekebalan tubuh.
9. Menurunkan kadar kolesterol
10. Khusus untuk balita, yoghurt mempunyai pengaruh positif karena memperlancar proses metabolisme,mencegah balita sembelit, meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak gampang sakit.

Di setiap 100 gr yoghurt,mengandung energi 42-62 kkal, protein 4,5-5 gram (g), karbohidrat 6-7 g, lemak kurang dari 0,5 g, kalsium 130-175 mg, magnesium 17 mg, dan potasium 226 mg.

Untuk khasiat maksimal, kombinasikan asupan yogurt dengan melakukan perawatan masker yogurt seperti berikut.

–       Cuci wajah dengan pembersih wajah, dan keringkan wajah dengan handuk.

–       Saat posisi badan terlentang, oleskan yogurt dalam rasa natural (plain yogurt) ke seluruh wajah.

–       Diamkan selama 15-20 menit.

–       Gunakan air hangat untuk membersihkan wajah dari masker tersebut.

Bagaimana, mudah sekali bukan? Lakukan ritual ini setiap minggu sekali dan buktikan sendiri apakah yogurt berhasil untuk meredakan jerawat serta kulit kemerahan pada wajah, selain juga mencerahkan, menghaluskan dan melembutkan kulit.

Kamu juga bisa menggunakan kreativitas kamu untuk mencampur plain yogurt dengan madu, atau buah-buahan kesukaan untuk mendapatkan khasiat ekstra dari campuran bahan-bahan tersebut.

(sumber: http://id.she.yahoo.com/khasiat-yogurt-untuk-kulit-berjerawat-040000140.html dan beberapa sumber lainnya.)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: