Artis Senior Gary Moore Meninggal dunia

Berita duka datang dari artis senior asal Irlandia. Seorang gitaris blues kawakan yang terkenal dengan permainan gitar nya yang menawan, Garry More, dikabarkan telah meninggal dunia pada Senin lalu. Garry More meninggal dunia saat dalam liburan di Spanyol.

Musisi tersebut menutup mata di usia 58 tahun. Seperti dikutip dari Guardian, Senin, 7 Februari 2011, musisi kelahiran Belfast ini ditemukan sudah tak bernyawa di sebuah kamar hotel di Costa del Sol, Spanyol.

Dalam karirnya, pelantun Still Got The Blues itu pernah beberapa kali bekerja sama dengan sejumlah musisi besar. Sebut saja almarhum George Harrison, gitaris The Beatles saat pembukaan Montreux Jazz Festival ke 35, di Swiss Rivera pada tahun 2001 lalu.

Sebelum bergabung dengan Thin Lizzy, Moore sempat tercatat bermain untuk band Skid Row Dublin pada tahun 1969. Pada saat itu, ia masih berusia 16 tahun. Dan kemudian, Ia bergabung dengan Thin Lizzy karena ajakan Phil Lynott untuk menggantikan gitaris Eric Bell.

Bell sendiri menyatakan dia masih terkejut dengan kematian Moore. “Saya masih belum percaya dengan kabar tersebut,” kata Bell, seraya menambahkan, “dia terlihat bugar dan dia adalah pria yang sehat”.

Editor majalah musik Irlandia, Hot Press, Niall Stokes menggambarkan Moore sebagai seseorang yang jenius.

Karya Moore banyak mendapat pujian dari para kritikus musik termasuk karyanya dalam album Thin Lizzy, Nightlife yang diluncurkan pada tahun 1974.

Pada tahun 1975 dia melepas album solo pertamanya, Grinding Stone dan penampilannya di album ini membuat dia dikenal sebagai musisi yang punya ciri dan talenta tersendiri yang luar biasa.

Sempat berkonsentrasi di album solo, Moore sempat meninggalkan Thin Lizzy namun pada akhir tahun 1970-an dia kembali bergabung dengan grup tersebut.

Namun karir solo Moore juga terus berlanjut dan merajai tangga lagu UK lewat singlenya Parisienne Walkways dan Out In The Fields.

Selama karirnya dia dikenal sebagai gitaris yang tampil dalam berbagai genre musik seperti blues, metal dan hard rock. Dia juga kerap tampil bersama sejumlah artis besar dan telah merilis sebanyak 20 album.

Musisi legendaris Gary Moore terkenal dengan musisi jenius di seluruh dunia. Namanya bahkan dikenal sebagai salah satu musisi dunia yang jenius. Namun kini Gary Moore telah meninggal dunia. Panggung hiburan dunia telah kehilangan seorang musisi hebat seperti Gary Moore.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: