Apa Saja Kandungan Gizi dan Khasiat Buah Kurma?

Di bulan puasa anda tentu sering menemukan kehadiran buah kurma. Buah kurma ini mempunya kandungan energi dan gizi yang baik untuk mendukung  kegiatan anda berpuasa. Tak heran jika di waktu berbuka puasa, buah kurma menjadi pilihan sebagai makanan pembuka. Seratnya yang lembut serta rasanya yang sangat manis, membuatnya mudah dicerna dan bisa mengisi energi kembali setelah berpuasa. Dan masih banyak lagi Kandungan Gizi dan Khasiat Buah Kurma , yang menjadikan alasan kenapa buah kurma baik dikonsumsi di bulan puasa ini.

Energi yang berkurang saat berpuasa adalah sekitar 20 hingga 30 persen. Itulah sebabnya saat berpuasa lebih cepat lelah dan lemas. Maka dari itu, diperlukan asupan makanan yang sesuai untuk mengembalikan hilangnya energi tadi saat berbuka puasa. Buah kurma mengandung gula sangat tinggi. Penyerapan gula buah kurma terhitung cukup cepat, hanya membutuhkan waktu 45 sampai 60 menit saja. Lain halnya dengan absorpsi nasi yang memerlukan waktu berjam-jam. Kandungan vitamin pada buah kurma dapat meningkatkan kebasaan lambung yang menjadi terlalu asam saat berpuasa. Kenapa menjadi asam? Karena selama hampir 13-14 jam, asupan makanan dan minuman berhenti. Sekarang kita lihat lebih lengkapnya, apa saja sih manfaat kandungan gizi buah kurma?

Kandungan Gizi dan Khasiat Buah Kurma

  1. Kaum Arab Badui, yang makan kurma secara teratur, menunjukkan tingkat kejadian yang sangat rendah dari kanker dan penyakit jantung.
  2. Buah kurma kaya serat yang mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat kurma juga membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar.
  3. Sebagai makanan laksatif (laxative food), kurma bermanfaat melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.
  4. Kurma mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin. Tanin diketahui bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik.
  5. Kurma adalah sumber vitamin A, yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A juga diperlukan menjaga kulit tetap sehat. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A  diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.
  6. Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah.
  7. Kalium dalam kurma adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.
  8. Kalsium merupakan mineral penting dalam pembentukan tulang dan gigi, dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot, penggumpalan darah dan konduksi impuls saraf.
  9. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai unsur pendukung untuk enzim antioksidan superoksida dismutase.
  10. Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah.
  11. Magnesium sangat penting bagi pertumbuhan tulang.
  12. Kurma kaya akan vitamin K dan vitamin B-kompleks, yaitu  piridoksin (vitamin B-6), niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Vitamin K sangat penting dalam pembekuan darah  dan metabolisme tulang.

Klik tombol di bawah ini untuk melihat daftar kandungan gizi buah kurma selengkapnya, dikutip dari USDA National Nutrient Database:

Unsur Nilai gizi Persen kecukupan gizi
Energi 277 Kkal 14%
Karbohidrat 74,97 g 58%
Protein 1,81g 3%
Total Lemak 0,15 g <1%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat makanan 6,7 g 18%
Asam Folat 15 mcg 4%
Niacin 1,610 mg 10%
Asam pantotenat 0,805 mg 16%
Piridoksin 0,249 mg 19%
Riboflavin 0,060 mg 4.5%
Thiamin 0,050 mg 4%
Vitamin A 149 IU 5%
Vitamin C 0 mg 0%
Vitamin K 2,7 mcg 2%
Sodium 1 mg 0%
Potasium 696 mg 16%
Kalsium 64 mg 6.5%
Tembaga 0,362 mg 40%
Besi 0,90 mg 11%
Magnesium 54 mg 13%
Mangan 0,296 mg 13%
Fosfor 62 mg 9%
Seng 0,44 mg 4%
Beta karoten 89 mcg
Lutein-zeaxanthin 23 mcg

Tips Cara Memilih Buah Kurma yang Baik

Berikut adalah  tips memilih buah kurma yang baik untuk di konsumsi :

  • Pilih buah kurma yang kulit luarnya kering dan isinya tebal.
  • Pilih buah kurma yang tua atau matang , tanda buah kurma yang matang, isinya mudah dilepaskan dari bijinya.
  • Pilih buah kurma yang  bertekstur buahnya lunak namun ranum, seperti tekstur manisan buah basah.
  • Selaput buah kurma luarnya atau kulit  tidak rusak. Tidak lengket apabila dipegang, itu tandanya buah kurma tersebut terlebih kandungan gula atau madu.
  • Pilih buah kurma yang Warnanya  coklat-merah-kekuningan.
  • Bentuk buah kurma besar, bukan kecil-kecil.
  • Buah kurma dibungkus dengan kemas dan baik, bukan dalam longgokan karena buah kurma terdedah kepada debu-debu, pasir yang menjejaskan kualitas buah kurma.

Meski anda memerlukan zat gula yang banyak saat berpuasa, bukan berarti anda harus banyak makan permen lho ya! Karena efek kebanyakan makan permen juga tidak baik untuk kesehatan anda.

Itulah informasi penjelesan kandungan gizi dan manfaat yang terkandung dalam buah kurma, yang sekaligus menjadi alasan mengapa buah kurma sangat baik di konsumsi saat berpuasa untuk kesehatan anda.  Anda juga disarankan mengkonsumsi buah-buahan bergizi lainnya untuk menjaga tubuh anda tetap prima di bulan puasa. Diperlukan asupan gizi bisa anda dapatkan dari buah lainnya, seperti dari buah pisang, buah naga, dan buah-buahan lainnya.

(Sumber tips:  http://healingxamthone.com/buah-kurma/, Sumber manfaat: http://majalahkesehatan.com/12-khasiat-buah-kurma/)

Daftarkan Email Anda untuk Mendapatkan Artikel Terbaru Infodari ...

Tinggalkan pesan atau komentar anda

Your email address will not be published.

*



7 × = seven


%d bloggers like this: