fikathiana June 22, 2017 @ 9:41AM

Banyak pertanyaan yang dilontarkan mengenai Komedo. Infodari akan mengupas satu persatu pertanyaan tentang seputar Komedo. Dari mulai apa itu komedo, asal mula komedo di wajah terbentuk, cara menghilangkan dan cara mencegahnya. akan kita bahas disini. Jika anda punya pertanyaan-pertanyaan tersebut di pikiran anda, maka Infodari akan menjawabnya satu persatu disini.

Apa itu Komedo?

Pengertian Komedo adalah kotoran penyumbat pori-pori ini berbentuk kecil, berwarna hitam atau putih. Dengan komedo, wajah halus terlihat kotor dan kusam.

Bagaimana komedo bisa muncul baik di wajah maupun di bagian kulit lainnya?

Pembentukan komedo terpacu akibat terjadinya penumpukan minyak berlebih (sebum), serta sel kulit mati. Saat membersihkan wajah, komedo sering terabaikan. Istilah jerawat ini sering disebut dengan blackhead atau whitehead. Apa itu blackhead dan apa itu whitehead? Keduanya merupakan jenis komedo yang muncul di kulit. Berikut sedikit penjelasannya.

Ada dua jenis komedo:

1. Blackhead (komedo terbuka), tampak seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo ini berwarna kehitaman karena teroksidasi oleh udara.


2. Whitehead (komedo tertutup), berada di balik lapisan kulit ari yang tersumbat kotoran dan lemak, tampak seperti benjolan kecil-kecil di bawah kulit.

Biasanya, komedo muncul di area T (dahi, hidung, dan dagu), juga di bawah mata dan pipi. Jangan menghilangkan komedo dengan cara memencetnya, karena malah akan merangsangnya menjadi jerawat bernanah yang akan memperparah kondisi wajah, bahkan bisa menyebabkan infeksi.

Bagaimana asal usul komedo terbentuk dan berasal?

Bagaimana asal usul pembentukan komedo. Kulit kita terdiri dari ratusan pori-pori kecil. Blackheads muncul di pori-pori yang tersumbat. Ketika sebum, sel kulit mati, dan bakteri muncul perlahan di permukaan kulit, pigmennya akan berubah warna karena teroksidasi. Inilah yang disebut blackheads.

Oleh karena itu mereka berwarna kekuningan atau kehitaman di permukaan kulit Anda. Blackheads terdiri dari keratin (sel kulit) dan sebum yang diproduksi oleh kelenjar minyak.

Secara medis blackhead adalah komedo yang terbuka. Memiliki blackheads ada problem medis dan perlu dirawat secepatnya. Banyak orang mengira ini adalah masalah kosmetik dan bisa diatasi di salon kecantikan. Tetapi ini adalah mitos dan bisa menyebabkan masalah yang lebih besar lagi.

Penyebab blackheads:

Untuk menyingkirkan blackheads, sangat penting Anda mengetahui penyebab timbulnya blackheads. Timbulnya blackheads baru terus menerus menandakan ada masalah lain di tubuh anda.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan timbulnya blackheads adalah:

1. Kurangnya air di dalam tubuh.
2. Sel kulit mati berlebih yang menyumbat pembukaan pori-pori
3. Produksi minyak wajah yang berlebih
4. Rutinitas pembersihan yang kurang baik dimana minyak wajah tidak terangkat dengan baik.
5. Menggunakan scrub berlebihan pada wajah.
6. Menggunakan produk / makeup yang mengandung terlalu banyak minyak.
7. Problem medis seperti pencernaan, konstipasi, kelenjar minyak yang terlalu aktif dan anemia adalah faktor yang mempengaruhi timbulnya blackheads.

Nah, sekarang anda mengerti bukan, apa itu komedo, bagaimana bentuk komedo sebenarnya, dan bagaimana proses terjadinya komedo muncul dan terbentuk, serta bagaimana cara mengusir komedo. Semoga pertanyaan anda mengenai semua tentang komedo kini terjawab sudah. Masih ada satu pertanyaan lagi yang belum terjawab disini, yaitu, bagaimana cara-cara mencegah komedo muncul di kulit?



%d bloggers like this: