9 Tips Memilih Dispenser yang Baik dan Berkualitas

Memilih Dispenser yang Baik dan Berkualitas – Dispenser merupakan salah satu perkakas yang dimiliki oleh hampir semua rumah tangga. Dispenser memang merupakan salah satu perkakas yang memberikan kemudahan dalam rumah tangga untuk mendapatkan air hangat maupun dingin dengan cara paling praktis. Tak perlu merebus air dahulu untuk mendapatkan air panas, dan tak perlu menyimpan air dalam kulkas terlebih dahulu untuk mendapatkan air dingin.

tips memilih dispenser yang baik
image courtesy: By Christinadantas (Own work) [GFDL (http://www.gnu.org/copyleft/fdl.html) or CC BY-SA 3.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0)], via Wikimedia Commons

Hampir kebanyakan orang biasanya memilih dispenser dari segi penampilannya terlebih dahulu. Penampilan dispenser juga sering disesuaikan dengan interior eksisting yang sudah ada di rumah. Bukan berarti mahal itu selalu lebih baik. Coba lihat dari sisi lainnya, bukan hanya dari design penampilan dispenser atau harga mahalnya saja. Dispenser yang baik adalah dispenser yang memenuhi standar teknis, yaitu aman digunakan dan sehat.

Bagaimana cara memilih dispenser yang baik dan berkualitas?

1. Bahan yang Digunakan

Coba perhatikan bentuk dan potongan dispenser yang akan anda beli. Bukan dari design, tapi perhatikan apakah warnanya masih bagus dan badan dispenser serta dalamnya masih rapi? Jika jawabannya tidak, maka dispenser tersebut tidak akan bertahan lama. Segera beralihlan mencara pilihan dispenser lainnya.

2. Tangki Air

Periksalah bahan yang digunakan untuk tangki air pada dispenser pilihan anda. Dispenser yang baik memiliki tangki air yang 100% terbuat dari bahan stainless. Bahan ini akan menjaga suhu panas dengan baik, serta merupakan anti bakteri dan jamur yang baik pula. Tingkat kesterilan atau kehigienisan disepenser air yang memiliki tangki ini akan jauh lebih tinggi.

3. Pemanasan air

Setiap dispenser biasanya dilengkapi dengan kemampuan menghasilkan air panas. Namun demikian, setiap dispenser memiliki tingkat panas yang berbeda. Tingkat panas yang dimiliki dispenser yang bagus akan lebih cepat naik dibandingkan dengan dispenser lain yang biasanya dijual jauh lebih murah.

4. Titik didih air

Periksa titik didih dispenser yang anda pilih. Dispenser yang baik memiliki titik didih mulai 86 hingga 99 derajat celcius. Titik didih air yang maksimum dapat membunuh kumah dan bakteri agar dispenser dapat menghasilkan air yang benar-benar higienis dan steril yang siap untuk dikonsumsi.

5. Perhatikan selang penghubung.

Dari bagian tangki air menuju keran pada dispenser, dihubungkan dengan dengan selang. Tanyalah lebih detail kepada penjual atau toko, tentang selang penghubung tersebut apakan benar-benar anti bakteri dan jamur, serta tidak terdapat kebocoran agar air dinging dan panas tidak tercampur saat anda beli.

6. Keran air terpisah

Dispenser yang bagus memiliki dua buah keran yang berbeda, ada keran untuk air panas dan keran untuk air dingin. Hal ini tentu saja akan memudahkan anda untuk menggunakan air panas atau air dingin saat dibutuhkan.

7. Garansi

Dispenser yang bagus memiliki garansi purna jual yang bagus pula. Tingginya tingkat garansi purna jual sudah cukup menunjukkan bahwa dispenser yang anda pilih merupakan dispenser yang berkualitas.

8. Design

Design merupakan pertimbangan ke delapan, bukan yang utama. Pilih dispenser yang berpenampilan baik, namun juga tidak terlalu berlebihan modelnya.

9. Tingkat keamanan dan irit.

Tingkat keamanan pada dispenser biasanya dengan memperhatikan keamanan saat penggunaan air panas. Lihat bahan komponen yang digunakan untuk bagian air panasnya. Ada pula dispenser yang memiliki mekanisme lebih khusus dalam penggunaan air panasnya, misalnya pada kran air panas harus diputar terlebih dahulu baru ditekan, atau pada bagian kran air panasnya harus ditekan terlebih dahulu baru diputar. Ini akan lebih aman bagi penggunanya terutama jika terjangkau oleh anak-anak. Pastikan pula dispenser yang anda pilih adalah dispenser yang hemat energi. Coba lihat berapa watt dispenser pilihan anda.

Anda tentu ingin memiliki dispenser yang bagus, aman dan awet bukan? Jadi, cobalah lebih teliti untuk memilih dispenser yang baik dan berkualitas sebelum membeli, agar anda bisa lebih puas saat memakainya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: