fikathiana April 12, 2017 @ 10:43AM

Jika anda telah menerima panggilan untuk interview dari surat lamaran kerja yang anda kirim, maka sebaiknya anda membuat sedikit catatan kecil tentang hal apa saja yang sebaiknya dapat anda tanyakan kepada mereka nanti. Buat daftar pertanyaan penting saat interview nanti untuk ditanyakan. Pertanyaan tersebutlah haruslah berupa pertanyaan-pertanyaan yang berkualitas dan dapat memberikan keuntungan untuk anda.

pertanyaan penting saat interview

Image courtesy of Ambro / FreeDigitalPhotos.net

Biasanya mereka akan mengacu kepada surat lamaran dan curriculum vitae yang anda kirimkan sebelumnya. Membuat sederet pertanyaan penting dalam wawancara kerja ini akan dapat memberikan poin lebih bagi pewawancara. Jangan buat pertanyaan-pertanyaan yang tidak perlu, atau bahkan pertanyaan konyol kepada mereka, yang justru akan membuat reputasi anda jatuh. Pertanyaan penting apa sajakah itu yang ternyata baik untuk ditanyakan kepada pihak calon perusahaan yang mempekerjakan anda tersebut?

Tanyakan 9 Pertanyaan Penting Saat Interview:

  1. Mintalah sedikit penjelasan tentang bagaimana lingkungan kerja di perusahaan tersebut.
  2. Tanyakan kepada siapakah anda harus bertanggung jawab dalam posisi jabatan yang anda lamar.
  3. Tanyakan kriteria apa yang harus dipenuhi untuk menjadi kandidat pada posisi yang anda lamar.
  4. Tanyakan apakah anda dapat menghubungi seseorang yang dulunya pernah menduduki posisi yang anda lamar saat ini.
  5. Minta penjelasan tentang jenjang karier di perusahaan tersebut, dapatkah anda mendapatkan kesempatan promosi, jika hasil kerja anda ternyata baik dan memuaskan.
  6. Ketahuilah sedikit tambahan pengetahuan tentang perusahaan lebih jauh, dengan menanyakan visi dan misi perusahaan yang anda lamar dalam jangka waktu satu tahun ke depan.
  7. Tanyakan batas waktu atau deadline yang mereka tetapkan untuk mendapatkan kandidat yang akan menempati posisi tersebut.
  8. Ketahui dengan pasti, seberapa lama masa training atau percobaan pekerjaan pada posisi tersebut, saat anda mulai menempati posisi yang anda lamar.
  9. Tanyakan apakah pewancara telah puas dengan hasil wawancara saat itu. Apakah masih ada pertanyaan lain yang ingin pewancara ketahui dari anda?

Selain menjawab pertanyaan-pertanyaan, baik pertanyaan mudah atau pertanyaan sulit yang harus dijawab saat interview, anda juga punya kesempatan untuk bertanya, Pertanyaan-pertanyaan tersebut cukup memberikan gambaran keseriusan serta tanggung jawab anda saat menerima posisi yang akan diberikan nanti. Gunakan bahasa yang lugas dan santun. Ini merupakan poin lebih yang anda luncurkan. Mereka ingin tahu tentang siapa dan bagai bagaimana diri anda, jadi tidak ada salahnya anda juga mengenali sedikit siapakah “perusahaan” yang akan anda tempati nantinya.

Jangan ragu untuk menanyakan 9 pertanyaan penting dalam interview seperti yang disebukan diatas, karena ini juga akan sedikit membuka wawasan anda tentang perusahaan yang akan anda tempati untuk bekerja. Semoga tips ini dapat membantu memberikan lebih besar peluang agar  lamaran kerja anda diterima.




%d bloggers like this: